Laman

Selasa, 31 Desember 2013

Cinnamon Banana Clafoutis

Assalamualaykum


Clafoutis (baca : klafuti) adalah makanan penutup (dessert) yang berasal dari Perancis. Aslinya menggunakan buah cherry hitam sebagai isinya dan dinikmati hangat-hangat (ini nyontek dari om Wiki lho).

Minggu, 29 Desember 2013

Sabtu, 28 Desember 2013

Ayam Bakar ala Pak Sahak

Assalamualaykum


Resep ini saya bikin karena penasaran saja. Sudah sering saya bikin ayam bakar untuk menu makan di rumah.

Kamis, 26 Desember 2013

Onde-Onde Nougat

Assalamualaykum


Sudah lama banget nggak bikin cemilan yang satu ini. Salah satu jajan pasar yang bukan favorit saya.

Rabu, 25 Desember 2013

Selasa, 24 Desember 2013

Biterballen Makaroni

Assalamualaykum


Hari Minggu yang lalu ketika bangun tidur jam 4 pagi terdengar hujan gerimis. Dingiiiiin banget.

Senin, 23 Desember 2013

Rustic Banana Cake

Assalamualaykum


Setelah bikin talam pisang tempo hari, sisa pisangnya ingin saya habisi dalam waktu sekejap. Setelah liat daftar bookmark,

Minggu, 22 Desember 2013

Mangkuk Mie Siram Capcay

Assalamualaykum


Salah satu variasi masakan mie atau capcay yang pasti disukai orang rumah. Siapa sih yang nggak doyan mie ?

Sabtu, 21 Desember 2013

Jumat, 20 Desember 2013

Tahu Sambel Tauco

Assalamualaykum


Tahu lagi tahu lagi....Bosen kali ya dengan entri saya yang sering update tahu.

Rabu, 18 Desember 2013

Muffin Wortel

Assalamualaykum


Beberapa hari terakhir ini sempat bingung liat wortel di kulkas. Mau diapain gitu ya.

Senin, 16 Desember 2013

Cake Singkong

Assalamualaykum


Akhirnya saya benar-benar harus istirahat deh setelah merasa nggak enak badan. Maaf ya jika menunggu terlalu lama, hehe....

Kamis, 12 Desember 2013

Donat Tanpa Telur (Water Roux Methode)

Assalamualaykum


Sekian tahun lamanya nggak pernah bikin donat jadi kangen. Ini gara-gara tiap sore jemput anak sekolah, di sepanjang jalan selalu nampak penjual gorengan.

Selasa, 10 Desember 2013

Nasi Goreng Cabe

Assalamualaykum


Sehari dua hari nggak update blog kok kangen ya rasanya. Saya juga percaya, pembaca DapurManis pasti juga nggak sabar ingin melihat resep terbaru saya (mulai deh geernya).

Minggu, 08 Desember 2013

No Knead Bread (Roti Tanpa Diuleni)

Assalamualaykum


Jika pernah membaca postingan saya tentang roti water roux (tangzhong), saya pernah cerita terkena rematik di tahun 2011 yang memaksa saya tidak berhubungan lagi dengan ulen-menguleni roti.

Sabtu, 07 Desember 2013

Pempek Dos

Assalamualaykum


Hore...akhirnya kesampaian bikin pempek sendiri. Ketika SMA saya baru tahu ada makanan yang namanya pempek.

Jumat, 06 Desember 2013

Tumis Tahu dan Bakso Saus Teriyaki

Assalamualaykum


Lagi-lagi menu sederhana dari dapur saya. Memang sih saya menyukai sesuatu yang simpel aja, kagak ribet dan murah-meriah (kumat pelitnya deh).

Kamis, 05 Desember 2013

Bakwan Tahu

Assalamualaykum


Gara-gara buka tabloid kuliner saya jadi kemecer liat resep bakwan tahu. Ini pertama kalinya bikin bakwan pake tahu.

Rabu, 04 Desember 2013

Selasa, 03 Desember 2013

Bolu Kukus Mekar

Assalamualaykum


Ini salah satu kue yang bertahun-tahun sulit saya taklukkan juga. Setiap bikin selalu gundul mulus lus lus....udah gitu bau telur lagi, haduuuhhhh......

Senin, 02 Desember 2013

Cilok Isi Sosis

Assalamualaykum


Hari Sabtu yang lalu kebetulan anak saya libur karena di sekolah ada kegiatan khusus, sehingga sebagian besar muridnya diliburkan.

Minggu, 01 Desember 2013

Sambel Oncom

Assalamualaykum


Seumur hidup saya, setelah tinggal di Ciledug barulah saya tau yang namanya oncom. Selama ini cuma lihat di koran atau majalah karena di Solo nggak ada oncom.

Sabtu, 30 November 2013

Orak-Arik Tahu dan Jagung

Assalamualaykum


Pernah bingung mau masak apa di rumah ? Sering dong ya. Saya pun mengalami hal sama beberapa hari terakhir ini.

Jumat, 29 November 2013

Tempe Gembus Goreng Tepung

Assalamualaykum


Sudah lama nggak makan tempe satu ini. Tempe yang dibuat dari ampas tahu ini tiap hari ada di tukang sayur, tapi saya sering nggak kebagian.

Kamis, 28 November 2013

Chiffon Kopi

Assalamualaykum


Chiffon lagiiii....kangen sama tekstur cake yang satu ini. Lembut, kempus-kempus dan nggak bikin eneg.

Selasa, 26 November 2013

Wedang Secang

Assalamualaykum


Setelah kemarin-kemarin diberkahi cuaca yang panas sekarang mulai mendung dan gerimis lagi, Alhamdulillah.

Senin, 25 November 2013

Bolu Air Kukus Keju Oreo

Assalamualaykum


Ketika bangun tidur tadi saya melihat di rumah belum ada cemilan untuk hari ini. Setelah melihat stok bahan, saya ingin bikin Bolu Air saja.

Sabtu, 23 November 2013

Toppokki

Assalamualaykum


Masih asing ya dengan judul di atas. Ini adalah snack/jajanan khas Korea. Sempat terpikat dengan penampilannya yang dimuat di tabloid Saji,

Jumat, 22 November 2013

Olieballen Pisang dan Kismis

Assalamualaykum


Tanpa sengaja ketika saya ngecek isi kulkas, di pojokan ada sesuatu hitam dan panjang yang membuat saya mengulurkan tangan lebih jauh untuk mengambilnya.

Kamis, 21 November 2013

Sate Tahu

Assalamualaykum


Tahu adalah bahan makanan yang hampir tiap hari ada di rumah. Tahu tempe adalah teman sehidup semati yang sering saya sajikan di meja makan

Rabu, 20 November 2013

Jasuke (Jagung Susu Keju)

Assalamualaykum


Setelah membuat oseng soun, acara berlanjut pada pembuatan snack. Kali ini membuat jagung yang diberi susu kental manis seperti waktu beli di pasar malam.

Selasa, 19 November 2013

Oseng-Oseng Soun Pedas

Assalamualaykum


Ketika masih di Solo saya sering beli sarapan di perkampungan. Setiap pagi banyak ibu-ibu yang jualan nasi dan lauk pauk di depan rumah masing-masing.

Senin, 18 November 2013

Pennylane Brownies

Assalamualaykum


Dari sekian banyak brownies yang pernah saya buat, baru kali inilah saya bikin brownies yang sudah kondang di jagat maya blogger selama bertahun-tahun.

Rabu, 13 November 2013

Jangan Ndeso

Assalamualaykum


Tau nggak apa arti judul di atas ? Semua orang Jawa pasti tau dong ya, hehe...Sayur Desa geto.

Selasa, 12 November 2013

Bingka Roti Kukus Keju

Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu ketika ke supermarket saya ambil sebungkus roti tawar. Setelah sampai rumah saya simpan saja dan sempat lupa.

Minggu, 10 November 2013

Rich and Moist Chocolate Banana Bread

Assalamualaykum


Jumpa lagi dengan saya ya, kokinya DapurManis, hehe....Beberapa hari lalu ketika emal-emailan dengan mb mimie saya bilang jika di rumah ada stok pisang uli lumayan banyak.

Kamis, 07 November 2013

Cireng ala Abang Gorengan

Assalamualaykum


Alhamdulillah. Akhirnya bisa juga saya bikin cireng yang mirip dengan tukang gorengan. Sekaligus ini posting pembuka di bulan November.

Rabu, 30 Oktober 2013

Singkong Vla Santan

Assalamualaykum


Judul di atas pasti sudah pada tau ya maksudnya. Sebagian nyebut dengan Singkong Thailand. Makanan ini sempat trend beberapa tahun yang lalu.

Senin, 28 Oktober 2013

Puding Bihun

Assalamualaykum


Nggak sengaja saya melihat ada sisa bihun di dapur. Tapi tinggal sak uprit alias amat sedikit. Mau dibikin apa ya kalo tinggal segitu.

Sabtu, 26 Oktober 2013

Kentang Gendut

Assalamualaykum


Ini salah satu daftar lama yang ingin saya buat. Resep berasal dari Bu Sisca Suwitomo. Banyak sekali resep Bu Sisca yang mudah sehingga ingin saya praktekkan.

Jumat, 25 Oktober 2013

Bubur Sumsum

Assalamualaykum


 Pernah makan bubur sumsum ? Pernah dong ya. Enak kan. Bubur ini sering ngangeni deh. Udah lama juga nggak bikin bubur yang satu ini.

Rabu, 23 Oktober 2013

Sambal Goreng Tempe dan Teri

Assalamualaykum


Lauk hari ini di rumah saya adalah tempe. Kali ini tempenya saya olah pake cabe biar variatif sedikit.

Selasa, 22 Oktober 2013

Brownies Kopi Tanpa Telur

Assalamualaykum


Beberapa lamanya nggak bikin brownies, agak kangen jadinya. Kangen dengan aroma kue yang wangi ketika dioven.

Senin, 21 Oktober 2013

Orak-Arik Sayur

Assalamualaykum


Masakan alternatif supaya nggak eneg karena masih bau daging salah satunya adalah ini, orak arik sayur.

Minggu, 20 Oktober 2013

Nugget Pisang

Assalamualaykum


Seperti yang saya tulis sebelumnya di postingan Carang Gesing, saya ingin menghabiskan sisa pisang uli di dapur yang telah benar benar matang.

Jumat, 18 Oktober 2013

Carang Gesing

Assalamualaykum


Kemarin di kasih hadiah pisang uli 3 sisir. Udah matang semua lagi. Sebagian sudah dimakan begitu saja dan sebagian saya olah jadi Carang Gesing biar cepet habis.

Kamis, 17 Oktober 2013

Brownies Kukus Ketan Coklat Pandan

Assalamualaykum


Lama nggak update bikin kue ya. Memang sih saya membatasi diri nggak bikin kue-kuean setelah tarif listrik melonjak dan bikin saya kaget.

Rabu, 16 Oktober 2013

Terik Daging

Assalamualaykum


Apa kabar ? Seusai lebaran Haji pasti masih punya daging kan. Kemarin di rumah dapat daging kurban berupa daging sapi, alhamdulillah.

Minggu, 13 Oktober 2013

Sawut Singkong

Assalamualaykum


Di pagi hari yang agak dingin setelah semalam diguyur hujan sungguh nikmat rasanya sarapan dengan makanan tradisional.

Sabtu, 12 Oktober 2013

Pepes Ikan Cuwe dan Kelapa

Assalamualaykum


Permintaan bikin pepes ini sebenarnya sudah lama tapi baru saya eksekusi tadi pagi. Penyebabnya pasti sudah pada tau kenapa ya.