Halaman

Rabu, 23 Oktober 2013

Sambal Goreng Tempe dan Teri

Assalamualaykum


Lauk hari ini di rumah saya adalah tempe. Kali ini tempenya saya olah pake cabe biar variatif sedikit.
Agak bingung saya mau kasih judulnya. Jika baca judul di atas kita akan teringat sambal goreng pake santan. Resep ini nggak pake santan. Jadi mirip dengan balado gitu. Tapi pake bumbu minimalis kayak sambel tempe yang biasa saya bikin. Nah lho, yang bener gimana ? Balado aja kali ya, hehe...

Biasanya kalo ada tempe dan cabe, saya bikin sambel tempe yang berbumbu mentah. Sekarang bumbunya saya tumis dulu. Tempenya juga digoreng sebelum dimasak dengan cabe. Gampang kok bikinnya, dan cepat lagi. Bahannya hanya tempe, bawang putih, cabe, garam, merica dan teri medan. Nggak pake bawang merah ya. Terus pake gula pasir dikit untuk menyeimbangkan rasa. Tumis tempenya sendiri saya bikin sedikit manis karena teri medan yang saya goreng agak asin, jadi supaya nggak semakin asin, tempenya dikasi gula pasir. Dimakan bersama nasi anget dan lalapan duuuhhh...enak banget....

Bahan :
1 papan tempe, potong dadu
50 gr teri medan
2 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar. dibuang bijinya
2 bh cabe merah keriting
garam dan merica bubuk secukupnya
1 sdt gula pasir
50 ml air

Cara membuat :
1. Goreng tempe dan teri medan secara terpisah sampai matang. Sisihkan.
2. Haluskan bawang putih, kedua macam cabe dan garam.
3. Panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu halus sampai matang dan agak kering. Gunakan api agak kecil supaya bumbu tidak hangus dan bisa kering. Jika kurang kering kadang masih tercium bau langu dari bumbunya.
4. Masukkan tempe goreng, aduk rata. Masukkan merica, gula pasir dan air, masak sampai meresap. Cek rasanya. Masukkan teri goreng, aduk rata dan angkat dari api. Sajikan.

8 komentar:

  1. Tak kira kering tempe pakai teri mba..hihi...
    Tapi tempe mah..di apain aja enak ya..:)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya kayak kering tempe. Sebelum posting udah bingung duluan mau dikasih judul apa, hihi....
      idem, tempe diapain tetep wenak....

      Hapus
  2. Mbak, ini kalo di Sumatra Utara pasangannya sayur daun ubi tumbuk. Makanan khasnya orang Mandailing. Mantep tenan. :D Eh, kalo di Jawa nyebutnya daun singkong yak. Hehe.. Jd daun singkongnya ditumbuk (dihaluskan) pake alu trus dicampur bumbu2. Nah, utk ngurangi langunya ditambahin kecombrang/bunga honje. Kira2 org d pulau Jawa doyan gak ya sama sayur daun ubi tumbuk. Hihi.. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah makan Yu. Apalagi pake honje, belum pernah liat live. Liat cuma di tivi ato internet. Kapan kapan diposting ya biar tau.

      Hapus
  3. olahan tempe emang nggak ada matinya ya mbak...
    buat ayuk.... kalau di dumai enak di makan sm gulai pucuk ubi. ya gule daun singkong.
    tp ng pake kecombrang, dan ng di tumbuk...
    di campur terong rimbang tambah lekerrr ,,,hihi..mupeng jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gule daun singkong pernah makan nih. Enak, apalagi kalo dah nginep tambah ngresep bumbunya...

      Hapus
  4. Kering tempe sukaanya my hubby dan anakku yang nomer 2 mbak,,,,,gak ada bosennya,idemmmm tempe diapain enak,disayur lodeh juga nyam,,,nyam,,,,nyam,,,,,hihihihi sayang aku gak bisa bikin sayur lodeh,,,,hahahaha suka hambar rasanya,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sih nggak bisa bikin sayur lodeh ? Ayo dicobain. Kalo nggak suka tempe semangit, pake rebon aja. Udang kering yang kecil-kecil itu. Beli pada penjual ikan asin, insya Allah ada. Pake rebon enak juga lho...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.