Halaman

Jumat, 30 September 2016

Tumis Oncom Kacang Panjang Rebon

Assalamu'alaykum


Semalaman di rumah turun hujan sampai pagi. Dingiin banget rasanya di badan. Kepikiran pingin bikin tumis oncom deh.
Kalo dingin begini makan oncom pake nasi anget, pas kan ya hihi....Apalagi yang pedes asin wuih...langsung lap iler. Khusus tumis oncom, saya menyukai rasa gurih cenderung asin, tanpa gula. Tapi ini selera ya. Ada yang suka diberi tambahan sedikit gula pasir jadi biar ada sedikit rasa manisnya. Seperti biasa divariasi, pake kacang panjang dan dibumbui rebon biar enak. Selain rebon, pake ebi juga boleh. Ebinya diuleg bareng bumbu biar ngeresep bin sedep. Setelah matang, enyak ternyata oncom dibumbui rebon. Nggak percaya ??? Ayo bikiiiinnnn....

Bahan :
2 bh (200gr) oncom merah/orange, potong dadu
300 ml air
1 sdt garam
3 sdm rebon, seduh air hangat, tiriskan
10 bh cabe merah keriting, iris serong tipis
5 bh cabe rawit merah, iris serong tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
5 lonjor kacang panjang, potong 1 cm

Bumbu tumbuk
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat :
1. Campur garam dan 100 ml air, aduk sampai larut. Tuangkan larutan garam ke dalam oncom dadu. Aduk rata. Biarkan meresap, sisihkan.
2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk sampai wangi, menyusul rebon, daun bawang dan semua cabe. Aduk aduk sampai matang dan agak kering.
3. Masukkan sisa air dan kacang panjang. Masak sampai kacang melunak.
4. Terakhir masukkan oncom dadu. Aduk aduk sampai oncom matang dan bumbu meresap. Koreksi rasanya. Boleh diberi kaldu bubuk atau penyedap rasa bila suka. Jika terlalu kering bisa tambahkan sedikit air lagi. Matikan api dan sajikan bersama nasi hangat.

4 komentar:

  1. Wahh...kyk apa rasanya oncom yah? Aq blm pernah makan mba...soalnya di Medan gk ada oncom... Oncomnya bs diganti apa ya mba?
    -Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. To Rini :
      waduh oncom kayaknya nggak bisa tergantikan deh karena ini makanan khas sunda. Meski bahannya sama dengan tempe gembus (sama-sama terbuat dari ampas tahu), tapi tekstur keduanya beda. Eh coba ke supermarket rada gede, siapa tau oncom dari sunda diekspor ke Medan hihi...

      Hapus
  2. rencana mau masak ini, lha tapi kan oncom terbuat dari kacang kedelai, gak bisa dimakan bojoku yg asam urat. salah lagi...
    duh diganti apa ya oncomnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaa...kalo asam urat pantangannya banyak bingit. Yang masak jadi bingung. Udah deh masakin sup aja hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.