CAKE CARAMEL (BOLU SARANG SEMUT)

Assalamualaykum




Semalam saya membuat cake caramel alias bolu sarang semut. Kue ini saya buat berdasarkan permintaan seorang teman fb yang ingin resep sarang semut. Kebetulan
, sudah lama saya absen membuat cake ini. Saya cukup enjoy ketika membuatnya semalam, karena ini bukan yang pertama kali saya membuat bolu sarang semut ini. Alias sudah berulang-ulang.

Resep ini saya ambil dari buku catatan saya, yang sudah saya modifikasi. Resep asli berasal dari Tabloid Saji. Saya cocok memakai resep ini karena membuatnya sangat mudah. Cukup diaduk-aduk menggunakan whisker, dan cemplang-cemplung. Tidak perlu mixer. Dan hasilnya cukup memuaskan. Sarang atau serat yang terbentuk sangat banyak.

Langkah pertama ketika membuat karamel, gosongkan gula di atas wajan teflon, gunakan api kecil saja. Pakailah wajan yang tebal supaya panasnya merata sehingga karamel yang dihasilkan tidak akan gosong. Biarkan saja gula mencair perlahan-lahan. Jangan diaduk -aduk karena akan lengket sekali. Setelah mencair, tuangkan air panas pelan-pelan saja supaya tidak menciprati tangan. Rebus menggunakan api kecil. Biarkan karamel larut dengan sendirinya. Setelah larut semuanya matikan api dan dinginkan. Jika selama direbus airnya menyusut banyak dan khawatir mengering, boleh ditambahkan air panas lagi. Tuang sedikit-sedikit ya supaya tidak memercik.

setelah matang permukaan cake kelihatan berlubang-lubang

kalo dipotong keliatan bolong-bolong kan.......


Ketika dioven kue akan mengeluarkan buih atau gelembung kecil-kecil di permukaannya.  Ini berarti proses pembentukan serat sedang berlangsung. Semakin mendekati akhir pemanggangan gelembung ini akan semakin berkurang. Berarti kue hampir matang. Bila gelembung tinggal sedikit dan permukaannya kelihatan mengering, segera keluarkan dari oven.

Bahan :
200 gr gula pasir
200 ml air panas
75 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder (saya pake 1/4 sdt baking powder double acting)
1/4 sdt garam
3 butir telur, kocok lepas
50 gr margarin, aduk-aduk menggunakan garpu sampai lembut
75 ml susu kental manis putih/coklat

Cara membuat :
1. Panaskan gula di atas wajan teflon menggunakan api kecil sampai mencair dan berwarna kecoklatan. Tuangi air panas, rebus sampai karamel larut. Sisihkan sampai dingin. Saring dan ukur sebanyak 250 ml. Bila kurang bisa ditambah air.
2. Siapkan loyang bentuk cincin diameter bawah 16 cm, olesi margarin dan taburi terigu. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
3. Ayak terigu, maizena, soda kue, baking powder dan garam. Masukkan dalam baskom/ wadah besar.
4. Masukkan telur dan air karamel secara berselang-seling (dalam 3 tahap) sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan licin.
5. Masukkan margarin, aduk sampai rata. Margarin akan begerindil kecil-kecil dan mengapung di atas adonan. Menyusul susu kental manis, aduk rata. Adonan yang dihasilkan cair/encer ya. Tuang ke dalam loyang.
6. Panggang dalam oven selama 45 menit. setelah matang keluarkan dan dinginkan. Balik kue di atas piring, potong dan sajikan.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

69 komentar

mampir bu...
aku jg suka buat kue ini
hanya saja..kadang jd sarang semut nggak jarang jadi sarang rayap...ahahahah
ng tau di mana salahnya...

komposisi resepnya mungkin kurang pas mb mimie
ini salah satu kue yang gampang gampang susah alias suka belagu gitu, hehe...

Makasih ya tuk kunjungannya...

Postingan tentang photografinya ciamik deh mb mimie
Bisa saya jadikan bahan belajar food photografi. Thanks tuk sharingnya..

sama2 mbak...semoga bisa bermanfaat
soalnya aku hanya punya kamera poket...
dan dulu ...aku sebelum tau caranya...suka mati gaya... ^_^

idem mb mimie saya juga masih pake kamera saku kok...

Kalo mati gaya, itu juga sama, hehehe...

Mungkin karena saya masih pemula jadi masih bingung menentukan tema fotonya.

sering sekali tema yang saya inginkan hasil akhirnya meleset, hehehe...

wah yang ini sarangnya banyak banget, kapan2 ijin nyoba resepnya ya sis

Alhamdulillah, iya sarangnya keluar banyak.

silakan dicoba mb Sashy...
moga sukses ya...

bila tidak suka susu bisa di ganti apa mbakk...

apa ya, hehe...
saya belum tau pengganti susu kental manis mbak annisa.
selama ini kalo baca resep sarang semut pasti menggunakan SKM ini.
maaf ya mb annisa...

Mbak... Margarine = blu band ya?trus baking powder itu apa mbak?mohon infonya ya mb...

Mbak... Margarine = blu band ya?trus baking powder itu apa mbak?mohon infonya ya mb...

Mbak... Margarine = blu band ya?trus baking powder itu apa mbak?mohon infonya ya mb...

@ sinta nilla

margarin yang dipake nggak harus merk itu mbak. Pake merk apa aja bisa kok.

Baking powder itu adalah bahan pemuai supaya kue bisa mengembang.

saya juga pernah bikin bolu ini, tp waktu membuat karamelnya rada gumpal2 gt. apa waktu membuat karamelnya harusnya jangan di aduk sama sekali ya mba ?????

@ sukarti annie

sebaiknya ketika membuat karamel jangan diaduk mbak supaya nggak menggumpal.
diamkan saja ketika gula mulai mencair. setelah dituangi air panas biarkan sampai larut semua. Setelah semuanya betul-betul larut dan menjadi sirup silakan deh diaduk pelan-pelan, hehe...
Tapi jika terlanjur menggumpal, akan larut pelan-pelan dengan sendirinya jika dituangi air panas.

Ok mb Sukarti met praktek ya...

pagi, mb rina, kmrn sore saya praktek resep ini.
kaget banget wkt dipotong, sarangnya penuh dr atas ke bawah. baguuus bgt!
waktu karamelnya masih panas lsg saya masukin ke tepung, jd margarin gada yang menggumpal, lsg lumer, dan adonan licin.
trima kasih ya mbak.. besok sy bikin pake resep 6 telur. biar puas. hehe..

@ dedek roslina

waaa...selamat ya mbak kalo sukses berat sarang semutnya. Kalo bisa bersarang dari atas sampai bawah, full gitu artinya bisa lebih bagus dari saya dong. Saya ikut senang kalo ada yang bikin dan hasilnya lebih baik dari saya. Selamat ya....

ok deh dibikin lagi yang pake 6 telur biar puas,jangan lupa kirim ke rumah saya, hehe...

mbak rina.....makasih ya sharing resepnya.... hhhmmmm.... punyaku yummy juga... meskipun pict nya nggak sebagus mbak rina... hunting lagi obok2 site ny mbak rina nie buat acara minggu depan selepas UTS nya si beb (thank)

sama sama mb hanik. sekarang ini juga masih belajar motret kok. Masih cupu banget, hehehe....
silakan kalo mau diobok obok blognya. Jangan lupa dipraktekin ya...

ea mbak...aku praktekin bener nih , apalagi yang lidah jawa banget..... semangat sampek lupa diet (emot merem ) ^-'

sejak kemarin saya udah berusaha ninggalin jejak di blognya mb hani pake yahoo, tapi kayaknya nggak nyagkut deh. Ini tadi juga baru aja nengok kesana dan komen pake fb. Tau deh bisa nyangkut apa nggak ya komennya.
Kalo nggak nyangkut/muncul, maaf ya mbak. Saya gaptek nih. Blognya mb hani agak beda ya dengan blog pada umumnya ?

Dulu sewaktu saya kerja di salah satu penginapan di Jakarta kebetulan saya mendapat posisi sebagai F&B jadi suka disuruh buat berbagai macam masakan dan kue-kue meskipun basic saya bukan dari sekolah tata boga,mungkin karena bakat dari ibu saya mengalir ke saya,kebetulan kalau saya disuruh membuat kue karamel hasilnya tidak maksimal,tidak bersarang banyak,kenapa begitu yaa ??????? padahal saya selalu mengikuti petunjuk pembuatan kuenya,mungkin ada solusi yang lain mbak ???????????? selain itu ketika saya sedang membuat kue ini,saya juga ingat pada waktu tante saya membuat dan saya mengingat langkah-langkahnya,tapi kenapa selalu gagal.terima kasih

Jika memakai resep diatas tidak bersarang/tidak maksimal ada beberapa penyebabnya mas manto, misalnya :
1. takaran pengembang kurang sehingga adonan tidak bisa berlubang-lubang/bersarang
2. oven kurang panas, sehingga adonan tidak segera bereaksi setelah masuk oven
3. cetakan yang tidak sesuai resep. Kebanyakan sarang semut ini pake loyang tulban. Resep diatas itu cuma bisa pake loyang tulban/ring. Jika pake loyang persegi atau bulat, nggak mau bersarang mas. Mungkin panasnya kurang rata.

Dicoba lagi deh mas siapa tau bisa sukses.

mbak kenapa ya pas mau di keluarin dari loyang, cakenya lengket di loyang? padahal udah di olesin margarin dan di taburin terigu? aku dah 4x nyoba, dan hasilnya tetep sama. padahal cakenya bersarang byk....:(

Salam kenal mbak Rina,
Saya ikutin recipe-nya dan berhasil :)
Aku minta ijin share recipe nya di blog saya ya, mbak.
http://littlesweetdesires.blogspot.com.au/2013/05/kue-sarang-semut.html
Thanks.

ketika udah matang keluarkan aja selagi panas/hangat, tapi hati hati ya karena ketika masih panas tekstur kue sangat lembut sehingga mudah koyak. Setelah didinginkan secara sempurna, baru deh tekstur kuenya lebih kokoh dan agak padat.

Alhamdulillah jika sukses, ikut senang mendengarnya....

makasih ya resepnya, bermanfaat banget nih

dirumah saya mba bolu sarang semut ini jarang ada yg bisa bikinnya. saya jadi penasaran sesulit apa setelah saya coba menggunakan resep mba rina ternyata sukses besar dalam sekejap bolu sarang semut ludes. padahal ini pertama kalinya

Alhamdulillah seneng deh dengernya. Sukses terus ya buat Syifa...

ijin copas resepnya ya mbak rina, mau nyobain praktekin resepnya juga nih ,..

Saya iseng 2 Googling resep ini ketemu resep mbak rina kog kayak nya simple en enak... saya praktekin ... berhasil en bersarang mbak +wenak.. trimakasih banyak mbak rina... salam kenal sebelumnya ♥♥♥

Mau nyoba resepnya Мƅɑ̤̈̊ҝ ......[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅] °ϋϑάђ° share......

masukan cara berselangdan air karamel secara berselang-seling (dalam 3 tahap .maksudnya berselang-seling itu bagaimana ya mbk?????? sama, dalam 3 tahap saya tidak mengerti itu maksudnya apa???

Soda kue ny klo dganti dg sp gmn, sama atau tidak yaa.? Trus margarine nya enggak perlu dicairkan yaa?

sp dan soda kue beda lho ya fungsinya. Soda sebagai pengembang saja, sp sebagai pelembut merangkap pengembang juga. bentuknya pun beda. Sp berbentuk solid, kalo dicampur aja nggak bisa larut. Beda dengan soda yang berbentuk bubuk, Jadi SP tidak bisa menggantikan soda kue untuk membuat sarang semut.

Salam kak,,, mau tanya kalau loyangnya pake yg persegi apa yang harus di ubah, makasih kak. Q tunggu jawabanya

alhamdulillah mb rina q berhasil seratus persen

setelah gagal karena pake loyang persegi saya tidak pernah bikin pake loyang persegi. sekarang selalu pake loyang tulban. Jadi kalo tidak mau gagal sebaiknya ikuti saja resepnya termasuk bentuk loyang yang dipake

syukur deh. Seneng bacanya....

mba rina kalau nga punya kue soda apa kah cukup dengan baking powder saja ,,,,,???

Nggak bisa. Soda kue HARUS ada karena baking powder tidak bisa menggantikan fungsi soda kue.

Assalammu’alaikum wr wb,,,,
Terima kasih atas resepx, ini kue favorit sy, akn sy cb,,smg berhadil,,mksh,,klo ada kue yg br lg tlng dibg resep:-)

Mbak Rina, keluarga kurang begitu suka manis. Kalau saya mau manis samar2, sebaiknya yg dikurangi gula pasir atau skm ya? Mohon saran dan terima kasih.
Sisca - Surabaya

yang dikurangi SKM aja. Kalo gula pasirnya dikurangi nanti aroma dan rasa karamelnya jadi berkurang.
Met bikin dan terimakasih sudah berkunjung di sini.

Terima kasih, mbak. Saya akan coba bikin, dan posting hasilnya. Dulu jaman msh sekolah pernah coba beda resep, tapi sarangnya cuma sedikit.
Sisca - Surabaya

Mbak Rina, sdh saya coba dan berhasil. Sarangnya lumayan banyak dg serat2 lebih halus, jadi sepintas terlihat sarangnya kurang. Saya pake 1 sachet skm (40g), tapi saya tambah air sbg pengganti 35g-nya. Rasa manis sesuai selera keluarga. O ya, adik saya langsung pesen 1 loyang setelah saya icipi 2 iris, ha..ha.. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Maksud saya, air ditambah 35ml sbg pengganti skm. Maaf tadi salah ketik. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Assalamualaykum, salam kenal Mba Rina. Alhamdulillah resepnya dicoba dan hasilnya enaaak, manis pas dan lembut kinyil2. Thanks banyak2 resepnya ^_^ cuma kemarin entah kelamaan masak karamel atau manggang jadinya agak pahit dikit. Besok2 pgn coba lagi. Izin copy paste resep ya Mba. Thanks ^_^

waalaykumsalam.
Sip deh kalo dah bisa bikin. Silakan copas tapi sertakan sumbernya ya.

Asslmkm mbak,td sy baca commenan nya ada yg bertanya apakah backing powder bs di gantikan dgn soda kue jwban mba kan tidak bisa.
Yg sy mau tanya gimana klo sebaliknya,klo pakai ny soda kue aja tanpa backing powder bisa ga mba? Trmksh sebelumnya

Emang T.O.P resep sarang semutnya mba,,nyarang bangett cuma saya pake baking pan uk 28 alhasil kuenya tipis tapi endesss,, besok mau nyoba pake 6 telor biar mantap,, tks mba :*

Terimakasih mbak resepnya, kemarin saya coba berhasil oiya soda powdernya saya skip karna gak ada alhamdulilah berhasil juga

salam kenal mb,mau tanya, resep ap ya yg jadi profile picture mb di google plus?

oh itu klappertaart wilton. Ada resepnya di blog ini

Kasus yang sama nehh mba, cake caramel ku sarang nya bagus, tapi kenapa lengket yaa pas mau di lepas dari loyang, aq sudah coba tehnik di keluarkan saat masih panas sampai aku tunggu dingin, masih sama aja mba.. Kira kira dimana slah nya yaa mba? Klo rasa udah enak mba. Trims sebelum nya

Olesan margarin di loyang kurang tebal tuh.

Salam kenal mb Rina, udah coba resepnya hemm enak, lembut, sarangnya juga banyak, cuman manisnya kurang dikit gitu, soalnya anak2 saya suka manis, yg ditambahin gula pasirnya atau SKM ya mbak?

Ada 2 cara nambahin manisnya :
1. Ketika merebus karamel dan air. Pada tahap itu koreksi dulu rasanya. Jika kurang manis, beri gula pasir. Memang sih, gula yang dikaramel, biasanya rasa manisnya akan berkurang banyak.
2. Tambahkan susu kental manis.

Terserah mau pake cara yang mana silakan dipilih ya

Mbak, kalau pakai cara dibakar pakai baking pan bisa gk, ukuran resepnya untuk beking yg besar ditambah gk ya, mohon bantuannya, makasih.

In syaa allah bisa pake baking pan. Resep di atas tuh kalo didouble (6 butir telur) pake loyang tulban (baking pan) diameter 22cm ya

Seneng bgt nemu resep ini,sy dl dpt resep ini dr tmn,sy simpan dlm bentuk screenshoot bbm krn nanya resepnya via bbm,hehe,,,
udah sy praktekkan berkali2,pertama bikin pake magiccom,trus pake oven,dan kmrn smpt pk snack maker yg biasa buat martabak mini,dan semuanya berhasil enak
Tiap sy googling ga ketemu blog ini,sampai td pagi buka ig ada yg posting resep ini dan trnyt persis sm resep yg sy simpan,lgsg deh meluncur ke blognya mba rina
Jd ql ada tmn yg minta resep sarang semut ga perlu kirim screenshootan bbm lg,tinggal kasih link ke blognya mba rina aja
Makasih bnyk ya mba udah sharing resep sarang semut antigagal ^^
Ummu fathimah

Ummu Fathimah
Senang dan terhormat sekali rasanya bisa berkenalan dengan anda. Sebagai seorang pengguna resep di atas, masih bersedia mengatakan dari mana asal muasal resep tersebut. Jarang sekali orang seperti anda. Kebanyakan kalo dapat resep bagus dan sukses, ya sudah nggak akan peduli. Tapi anda tidak. Anda peduli. Maa syaa allah. Bersyukur saya bisa bertemu anda.
Saya doakan Ummu Fathimah selalu sukses. Terimakasih untuk komen Anda di sini ya 😍😍😍

Salam kenal mb. Dari semua resep bolu karamel yg ada di internet. Resep ini paling optimal hasilnya. Ngembang, empuk, kenyal, sarang bagus. Mantap. Mkasih mb.

Salam kenal mba rina ..... resepnya mantap mba saya sudah eksekusi dan dari sekian bnyak yg sudah saya coba resep mba yg paling okeh. Thanks 4 sharing y mba. Sukses trus buat mba rina 😘😘

Salam kenal juga...
Awww....selamat ya. Sukses untuk Sarang Semutnya. Jadi ngiler sayah ingat cake ini hihi....

aku paling males buat cake ini. Belagu sih. kadang berhasil kadang nggak. giliran mau show up gagal malah. kan malu :). cantik loh mbak cake nya. insyaaallah dicoba

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon