Laman

Senin, 01 Oktober 2012

PIS KOPYOR

Assalamualaykum




Hari minggu kemarin untuk snack saya membuat Pis Kopyor. Ini adalah snack tradisional yang sederhana. Saya masih ingat ketika kecil dulu sering diajak ibu belanja ke pasar. Dan selalu minta jajan
Salah satu jajanan favorit saya adalah Pis Kopyor ini. Jaman dulu, pis kopyor terbuat dari kulit roti tawar yang keras, kemudian diberi kelapa muda dan santan. Kulit roti tawar yang dipakai sedikit sekali, hanya 2-4 iris, sehingga ketika bungkusnya dibuka akan terlihat kuah santan yang banyak. Tapi sekarang, pis kopyor dibuat dari roti tawar utuh, nggak cuma kulitnya aja. Akibatnya santan yang dituang jadi terserap ke dalam rotinya.

Terakhir saya menikmati pis kopyor ini ketika mudik berlebaran di Solo bulan Agustus yang lalu. Dan kemarin kepingin membuat sendiri. Pis kopyor ini enak dinikmati ketika dingin. Apalagi setelah dimasukkan dalam lemari es, hmmm...lebih nikmat. Apalagi dikudap ketika cuaca sedang panas. Satu bungkus nggak akan cukup .....!!





Bahan :
10 lembar roti tawar
1 bh kelapa muda, keruk daging buahnya
500 ml santan
150 gr gula pasir
2 buttir telur ayam, kocok lepas
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
Daun pisang yang lebar, secukupnya

Cara membuat :
1. Potong/robek setiap lembar roti tawar menjadi 4 bagian. sisihkan.
2. Campur santan dan gula, aduk-aduk sampai gula larut. Masukkan telur, garam dan vanili, aduk rata.
3. Ambil daun pisang, beri 4 potong roti tawar dan beberapa iris kelapa muda. Siram dengan 2-3 sendok sayur adonan santan. Bungkus bentuk tum,semat dengan lidi.
4. Kukus dalam dandang panas selama 25 menit. Angkat, sajikan dalam kondisi dingin.



4 komentar:

  1. ooo..baru tau loh sama pis kopyor..kayaknya enak, cobain aahh...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Abidajn ada bahannya, buruan bikiiinnnn...

      Seger loh, apalagi habis keluar dari kulkas. Mak nyesss...

      Hapus
    2. adoh salah ketik. Di Abidjan maksudnya. Maaf....

      Hapus
  2. Mbak Rina, saya udah nyoba resep ini pg td. Tp daun pisangnya msh renyah krn br petik dan bocor deh ahirnya saya pake cetakan kue talam hehe. Alhamdulillah si kecil suka. Mksh resepnya mbak. Canna

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.