Halaman

Minggu, 30 September 2012

AYAM TERIYAKI DAN SALAD MAYONAISE

Assalamualaykum





Beberapa waktu yang lalu di sebuah grup dapur yang saya ikuti, salah satu membernya bertanya tentang cara membuat salad mayonaise ala restoran Jepang.
Sudah lama saya mencari resep salad ini. Ternyata mudah dan simpel baik bahan dan cara membuatnya. Langsung saya kepingin membuatnya karena ingat dengan rasanya yang manis asam segar. Salad ini saya contek dari teman baik saya Maydina Safitri. Mb May, makasih ya buat resep saladnya. Cocok nih saya dengan resepnya. Tapi saya modif sedikit, menyesuaikan bahan yang ada. Saya nggak pake lobak karena nggak nemu bahan ini. Mohon ijin untuk share disini ya...

Setelah mendapat resp salad, saya malah bingung lauk yang cocok untuk menemani salad ini, hehe.... Biasanya kalo bikin menu, kita akan mencari pelengkap yang cocok. Lha ini kok malah kebalik. Akhirnya saya teringat bila sedang makan di resto Jepang, biasanya saya makan ayam teriyaki. Ya sudahlah bikin ayam teriyaki saja untuk menu makan hari ini. Resep ayam teriyakinya saya buat sendiri hasil modifikasi, dan saya sesuaikan dengan selera saya.




Bahan Ayam Teriyaki :
500 gr daging ayam, potong kecil
5 sdm saus teriyaki
4 siung bawang putih, parut halus
1 jempol jahe, parut halus
1 bh bawang bombay, iris memanjang
3 sdm kecap manis
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
50 ml air

Cara membuat :
1. Rendam daging ayam dalam campuran saus teriyaki, bawang putih dan jahe. Aduk rata dan biarkan selama 1 jam supaya meresap ( saya simpan selama semalam dalam lemari es ).
2. Tumis bawang bombay sampai layu, masukkan ayam berbumbu. Beri kecap, garam, gula dan merica, aduk rata. Tuangi air. Cek rasanya. Masak ayam sampai bumbu meresap, kuah menyusut dan mengental.

Bahan salad :
200 gr wortel, serut panjang
200 gr lobak putih, serut panjang (saya nggak pake)
200 gr kol, iris halus
1 sdt cuka
1 sdt gula pasir
100 ml mayonaise
2 sdm saus tomat
3 sdm susu kental manis putih

Cara membuat :
1. Remas-remas lobak dan wortel (dalam wadah terpisah ) bersama dengan cuka dan gula pasir   sampai lemas. Sisihkan.
2. Campur mayonaise, saus tomat, dan susu kental manis, aduk rata. Cek rasanya, harus manis, asem dan gurih. Bila suka pedas tambahkan saus sambal ya.
3. Campur jadi satu, wortel, lobak dan kol, tuangi sausnya. Aduk rata.







3 komentar:

  1. di sini belum pernah lihat loh bumbu teriyaki..kasian banget daku yak hiks..

    BalasHapus
  2. di sini belum pernah lihat loh bumbu teriyaki..kasian banget daku yak hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa...kepaksa nunggu mudik dong, baru bisa bawa dari Indo...

      Keburu ngiler ya, hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.