Roti Sobek Kentang Pandan


Assalamu'alaykum


Mau mengabarkan berita duka dulu ya. Teman food blogger kita, mb Sitti Taslimah pada hari Sabtu 17 November 2018 telah meninggalkan kita semua 😭😭😭 Mbak Sitti dipanggil Allah ketika subuh tiba. Saya dapat kabar dari mb Monica Rampo. Langsung shock, lemas dan merinding sekujur badan saya mendengar berita tersebut. Langsung speechless dan kepala berasa gak connect dengan apapun saat itu juga. Selang satu jam, barulah saya buka fb yang ditunjukkan mb Monic pakai screenshot sebelumnya. Dan ternyata benar. Ya Allah 😭😭😭 Awal November ini mb Sitti masih sering mondar mandir di beranda fb saya jualan jasa logo. Saya bener bener kaget dibuatnya dengan berita ini. Masih tak percaya rasanya jika mb Sitti telah tiada 😭😭😭 Saya juga masih berasa blank saat ini. Gak tau mau nulis apa. Nulis juga salah salah mulu. Hapus bolak balik. Duh mb Sitti, diriku sangat sedih kehilangan kamu. Kita tidak akan bisa komen lagi di blog masing masing huhuhu...... Sedari kemarin mataku berkaca kaca terus jika ingat dirimu. Nulis ini aja sambil nangis. Semoga engkau ditempatkan di sisi terbaikNya. Semoga engkau husnul khatimah.

أَللّٰهُمَّ اغْفِرلَها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْهَا وَاجْعَلِ الْجَنَّةَ مَثْوَاهَا

Allahummagh firlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu anhaa waj'alil jannata matswaahaa

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat, sejahtera dan maafkanlah dia dan jadikanlah surga sebagai tempat peristirahatannya."

Aamiin 😭😭😭

Membuat roti ini sebenarnya saya sangat galau, antara mau bikin dan tidak. Masih shock dengan berita di atas. Jika bikin takut salah dan gagal. Tapi jika tidak, saya hanya akan bengong seharian. Bengong itu lebih tidak enak lagi rasanya. Serba salah kan jadinya. Akhirnya saya nekat bikin roti pandan ini. Eh bener deh. Salah nuangin cairan hingga harus menambah tepung lumayan banyak, hampir 100 gram kali. Untung rotinya berhasil mengembang maksimal. Waktu membentuk pun menurut saya, hasilnya lebih jelek daripada biasanya. Ketika memanggang, saya tinggal nonton tv, tapi pikiran ke mana mana. Hampir gosyong itu permukaannya. Buru buru dikeluarkan dari oven. Huuffttt. Meski sedikit gelap tapi hanya satu sisi saja. Bagian lain masih terlihat cantik jika dilihat. Sabtu kemarin benar benar merupakan hari paling sedih buat saya 😭😭😭 Sekarang kita lihat resepnya yuk (masih berasa lemas 😢😢😢).

Bahan roti :
500 gr terigu serbaguna
150 gr kentang rebus halus (dihaluskan baru ditimbang)
50 gr susu bubuk fullcream
100 gr gula pasir
7 gr ragi instant
1 butir telur utuh
120 ml santan pandan dingin (pakai 15 lbr daun pandan yang diblend dengan santan kemudian disaring)
2 sdm mentega tawar
¾ sdt garam halus

Telur kocok untuk olesan sebelum dipanggang
Mentega atau margarin untuk olesan setelah dipanggang

Siapkan loyang berikut ini :
- 2 buah loyang brownies ukuran 20x10x4cm
- loyang lebar untuk roti pisang
Alasi semua loyang dengan kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan.

Cara membuat :
1. Roti : campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul santan pandan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis.

4. Tanpa fermentasi, timbang adonan masing masing seberat 50gr. Bulatkan. Sisihkan 10 menit supaya relax (hasilnya jadi 25 pcs).

5. Loyang brownies : ambil 1 pc adonan. Tipiskan kemudian gulung sambil dipadatkan (tanpa isi alias kosong). Letakkan berjajar di loyang @ 6pcs.

Note:
* Loyang ukuran 20x10x4 cm menggunakan 300 gram adonan.

6. Untuk roti pisang, tipiskan adonan, beri isian pisang. Gulung setengah bagian. Sisanya dikerat kemudian gulung sampai habis. Tata di atas loyang lebar. Fermentasikan semua adonan hingga naik 80-90% dari tinggi loyang untuk roti sobek. Sedang roti pisang cukup 50% dari ukuran semula

7. Panaskan oven suhu 190°C. Olesi permukaan roti dengn telur kocok. Panggang sampai permukan kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven. Selagi panas oles mentega.

Hasil : 2 loyang roti sobek dan 8 pcs roti pisang


Nasi Ayam Daun Jeruk

Assalamu'alaykum


Masak nasi dengan berbahan ayam ternyata sangat nagih rasanya heheheh....gak kalah dengan nasi gurih yang menggunakan santan. Sangat- sangat enak. Selain itu lebih praktis dalam menghemat waktu serta tenaga. Resep ini mirip dengan Nasi Ayam Bumbu Kari. Teman makan nasi seperti ini cukup dengan sambal dan lalapan saja sudah sangat nikmat. Apalagi ditemani hujan gerimis saat musim penghujan seperti ini. Weleeeehhhh uenak tenan.

Bahan:
2 sdm minyak goreng
5 butir bawang merah, cincang
2 siung bawang putih, cincang
50 g bawang bombay, cincang
1 batang daun bawang, iris tipis
½ ekor ayam, potong kecil-kecil
500 gr beras berbutir panjang, cuci hingga bersih
100 g wortel, potong bentuk dadu kecil
6 batang buncis, siangi, potong ½ cm
1-2 sdt garam
10 lbr daun jeruk
¼ sdt lada
700 ml air (jumlah air menyesuaikan jenis beras ya)

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis semua bawang dan daun bawang sampai harum. Masukkan potongan ayam, masak sampai ayam berubah warna.

2. Tuangi air, masukkan daun jeruk. Masak sampai mendidih dan ayam jadi empuk. Tambahkan beras, aduk rata. Masukkan wortel, buncis, garam, dan lada, aduk sampai rata.

Note :
* Ketika merebus ayam dan muncul buih di permukaan, segera angkat dan buang. Buih ini bisa membuat kaldu jadi amis.

3. Koreksi rasanya. Jika kurang air, tambahkan secukupnya. Masak sampai air habis atau kering. Selanjutnya kukus dalam dandang panas sampai matang. Angkat dan sajikan hangat.

Note :
* Jika menggunakan rice cooker, tuang beras dan semua tumisan ke dalam rice cooker, tambahkan air, dan tekan tombol "cook". Masak sampai nasi matang


Pizza Jagung Ayam Mayonaise

Assalamu'alaykum


Tumben nih saya bikin pizza. Iya. Merasa jenuh dan bosen bikin roti manis. Pingin makan yang gurih gurih gitu. Membuat pizza merupakan pilihan yang tepat. Bahan yang mudah didapat jadi alasan saya ingin membuatnya. Bahan juga sudah tersedia di rumah. Mayonaise yang sudah beberapa lama menginap di kulkas jadi incaran untuk dibuat pizza ini. Selain menggunakan mayo, saya pakai tumisan ayam untuk melengkapi topingnya. Bumbu yang digunakan sengaja menggunakan bawang bombay 1 butir ukuran besar. Jika ukurannya kecil, gunakan 2 butir. Tujuannya supaya mendapatkan rasa manis alami dari bawangnya tadi. Enak lho bawang bombay tumis tuh. Rasanya manis.

Resep pizza ini mudah dibuat karena menggunakan metode no knead bread. Adonan kulit atau rotinya tanpa diuleni. Cukup diaduk menggunakan sendok kayu saja. Jadi gak perlu tenaga dalam untuk nguleninya. Karena tanpa ulen, penggunaan air agak banyak dan adonannya lembek. Jika lembek akan mudah meratakannya di atas loyang.  Gampil kan. Empuk lagi hasilnya. Selain itu adonan ini tanpa fermentasi lama. Hanya disisihkan sebentar beberapa menit, sementara kita menyiapkan bahan lain. Tahap ini secara tidak langsung membuat adonan jadi terfermentasi dengan sendirinya. Jadi sangat efisien dari segi waktu dan tenaga. Ya nggak ? Jujur, lebih mudah bikin pizza daripada roti karena roti pizza tidak membutuhkan tekstur khusus seperti halnya roti sobek, roti tawar atau roti manis. Seringkali penikmat roti menuntut tekstur yang lembab, lembut, moist dan serat panjang. Sehingga perlakuan adonannya pun khusus. Sedang pizza tidak. Asal nggak bantat, udah sip rotinya. Dan, topping yang enak tentunya. Sekarang lihat resep di bawah ini. Yuk cekidot.


Bahan kulit :
350 gr tepung terigu protein sedang
4 gr ragi instan
4 gr garam
2 sdm gula pasir
2 sdm minyak goreng
275 ml air hangat

Topping :
1 sdm minyak goreng
1 butir bawang bombay, cincang kasar
150 gr daging ayam, cincang kasar
Garam, lada secukupnya

6 sdm saus tomat, siap pakai atau homemade
1 tongkol jagung manis, rebus, pipil
4 sdm mayonaise
3 bh sosis ayam, iris bulat
Keju cheddar atau mozzarela, diparut, secukupnya
Oregano kering, secukupnya
Wijen putih untuk taburan

Cara membuat :
1. Kulit : campur air hangat, gula dan ragi. Diamkan sampai berbuih selama 5 menit. Masukkan minyak sayur, terigu dan garam, kemudian aduk menggunakan sendok kayu sampai rata. Adonan yang terbentuk lembek ya. Tutup. Sisihkan.

2. Topping : panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay sampai bening. Masukkan ayam cincang. Beri garam dan lada. Aduk rata sampai ayam matang, matikan api. Sisihkan.

3. Siapkan 2 buah loyang pizza diameter 22cm olesi mentega atau minyak goreng. Sisihkan.

4. Kempiskan adonan. Lumuri tangan dengan minyak sayur atau minyak goreng. Bagi adonan jadi 2 bagian. Ratakan di atas loyang, dengan bagian pinggir lebih tebal. Tusuk-tusuk dasarnya pakai garpu supaya tidak mengembang jika dipanggang. Sisihkan.

5. Dalam wadah lain campur jagung pipil, ayam cincang dan mayonaise, aduk rata. Ambil adonan yang telah siap, olesi saus tomat, ratakan. Beri campuran ayam mayo di atasnya, ratakan. Tata sosis. Taburkan keju parut, sedikit oregano dan wijen. Sisihkan.

6. Panaskan oven suhu 200°C. Panggang selama 20 menit sampai kuning kecoklatan. Keluarkan, siap disajikan.

Hasil : 2 loyang 22cm


Gulai Terong dan Tahu

Assalamu'alaykum


Musim hujan sudah turun di Ciledug, sejak akhir Oktober yang lalu. Hampir setiap hari hujan selalu datang. Cuaca jadi adem lagi, alhamdulillah. Karena hawa dingin, paling cocok makan makanan berkuah santan. Iseng iseng masak gulai terong karena pasti pada doyan. Bapaknya anak anak yang ngefans sama terong dan tahu. Makanya saya buatin gulai pakai bahan baku tersebut. Kalo orang rumah seleranya ngikut aja. Dan dugaan saya benar, gulai ini disukai penghuni rumah. Memang, gulai yang dibuat ini rempahnya sejibun karena suka dengan gulai yang bumbunya banyak. Sekalian memberdayakan bumbu kari yang masih ada di rumah. Dengan bumbu yang demikian banyak dan komplit, rasanya nggak bohong. Uenak, meski bahannya sederhana 😋😋😋

Bahan :
1/2 ekor ayam
1 butir jeruk nipis
5 bh terong ungu
10 bh tahu pong, potong sesuai selera
5 lbr daun jeruk
2 sdm penuh bumbu kari kering/bubuk
500 ml santan encer (sisa perasan santan kental)
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1,5 sdt garam
1 sdt gula
merica bubuk secukupnya
bawang goreng secukupnya

Bumbu halus :
5 buah cabe merah besar
¼ butir biji pala
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt jinten sangrai
1/8 sdt klabet/hulba/halba/hilba
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm kunyit
3 cm jahe

Bumbu rempah :
2 cm kayumanis
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
2 buah bunga pekak/lawang
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong lengkuas, memarkan

Cara membuat :
1. Cuci ayam kemudian kucuri jeruk nipis, diamkan 30 menit. Bilas bersih, potong sesuai selera (saya potong jadi 12 bagian). Begitu juga terong potong sesuai selera, cuci bersih, sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak, tumis semua bumbu rempah, kayumanis, cengkih, kapulaga, biji pala dan bunga pekak sampai wangi. Masukkan bumbu halus, menyusul daun salam, serai dan lengkuas. Masak sampai bumbu matang sambil diaduk aduk sampai agak kering.

3. Menyusul daun jeruk dan bumbu kari. Masukkan ayam, aduk sampai ayam berubah warna. Tuangkan santan encer. Beri garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih. Rebus sampai ayam empuk.

4.  Menyusul terong dan tahu. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan santan kental. Didihkan kembali sambil sesekali diaduk. Angkat, taburi bawang goreng. Siap disajikan.


Oseng Kangkung Otak-Otak

Assalamu'alaykum


Dalam rangka cheating, weekend ini saya masak kangkung pakai otak otak. Udah beberapa kali nih masak kangkung otak otak. Yang dulu dulu nggak difoto karena keburu habis. Gak disangka ternyata kangkung cocok juga dipadu dengan otak-otak. Otak otak yang dipakai di sini yang versi rebus yah karena mudah didapatkan di pasar atau tukang sayur keliling. Teksturnya kenyal tidak selembut otak otak bakar. Otak otak rebus ini bisa digunakan untuk bikin mie goreng, nasi goreng atau masakan jenis lain. Biasanya digoreng dulu sebelum diolah untuk menguatkan rasanya. Jadi masakan ini adalah masakan praktis. Sayur dan lauk dimasak jadi satu. Enak deh. Yuk ah ngintip resepnya.

Bahan :
10 bh otak otak rebus
1 ikat kangkung, disiangi
2 sdm tauco
1 sdt kecap ikan
1 sdt saus tiram
150 ml air
1/4 sdt garam halus
3 sdm kecap manis

Bumbu iris :
½ butir bawang bombay
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
10 bh cabe keriting merah
3 bh cabe rawit merah


Cara membuat :
1. Potong serong otak-otak setebal 1 cm, kemudian goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.

2. Panaskan sedikit minyak bersih, tumis bumbu iris sampai wangi. Menyusul tauco, kecap ikan, dan saus tiram.

3. Menyusul air, garam dan kecap manis. Biarkan mendidih. Masukkan otak otak goreng, masak sampai bumbu agak meresap dan koreksi rasanya.

4. Terakhir masukkan kangkung, aduk rata dan masak sebentar. Matikan apinya.


Peanut Cinnamon Twist Bread


Assalamu'alaykum


Mumpung punya kacang tanah di kulkas, saya punya ide bikin roti pakai kacang tanah. Bikin roti pilin atau roti puntir atau roti plintir (asal jangan suka plintir omongan aja, eh hihihi 😁😁😁). Kalo roti, pasti pembaca DapurManis sudah hafal dong, roti kayak apa favorit kami di rumah. Roti yang pakai santan sangat disukai keluarga saya. Lembab, lembut, gak seret dan gurih khas santan. Udah gitu pakai susu fullcream plus mentega. Jadi triple moist. Jaminan gak seret ! Beneran !! Kacang tanah yang dipadu gula palem dan kayumanis sangat cocok di lidah. Nyam 😋😋 Enak pokoke. Metode roti menggunakan sekali proofing sajah biar cefet selesai. Yuk intip resepnya 😉😉😉

Permintaan bapaknya anak-anak
Tanpa kacang, isinya ditaburi
gula palem dan kayumanis
Toping pakai meises dan wijen

Bahan roti :
500 gr terigu serbaguna
50 gr susu bubuk fullcream
100 gr gula pasir
6 gr ragi instant
1 butir telur utuh
250 ml santan sedang, dingin
2 sdm mentega tawar
½ sdt garam halus

Filling :
3 sdm mentega, lelehkan
200 gr gula palem
1 sdt kayumanis bubuk (boleh ditambah jika suka)
200 gr kacang tanah, sangrai atau goreng, tumbuk kasar

Olesan sebelum dipanggang : telur kocok
Olesan setelah matang : mentega

Loyang :
* 2 bh loyang brownies ukuran 10x20x4 cm
* 1 bh loyang ring diameter 16 cm, semua loyang beralas kertas roti dan beroles mentega atau margarin

Cara membuat :
1. Roti : campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

3. Masukkan telur. Menyusul santan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

4. Masukkan mentega dan garam. Lanjutkan menguleni sampai kalis elastis.

5. Tanpa fermentasi, langsung bagi adonan jadi 3 bagian (+- @ 320 gr). Ambil 1 bagian adonan, tipiskan berbentuk persegi panjang hingga setebal ½cm (ukuran +- 20x30cm).

6. Olesi permukaan adonan menggunakan mentega leleh. Taburi gula palem dan kayu manis bubuk. Taburkan kacang di atasnya. Jalankan rolling pin di atas kacang, sambil sedikit ditekan (seperti menipiskan adonan roti gitu) supaya kacang bisa melekat dan tidak mudah rontok ketika dipilin.

7. Dimulai dari sisi panjang, gulung adonan sambil dipadatkan. Belah jadi 2 bagian memanjang. Selanjutnya dipilin atau dililit sampai ujung adonan. Masukkan dalam loyang brownies. Atau setelah dipilin, pertemukan kedua ujungnya sehingga berbentuk lingkaran atau gelang, kemudian masukkan dalam loyang ring. Fermentasikan semua adonan hingga naik 80-90% dari ketingggian loyang.

8. Panaskan oven suhu 180'C. Olesi permukaan roti dengan telur. Boleh ditabur gula palem dan kacang lagi jika suka. Panggang sampai permukaan kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven kemudian olesi mentega supaya tidak kering.





وَمَاۤ اُوْتِيْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَمَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَزِيْنَـتُهَا  ۚ  وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ خَيْرٌ وَّاَبْقٰى   ۗ  اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ

"Dan apa saja (kekayaan, jabatan, keturunan) yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti?"
(QS. Al-Qasas: Ayat 60)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Tongkol Kecap Daun Jeruk


Assalamu'alaykum


Di rumah saya, yang namanya kecap manis selalu laris manis meski saya sendiri sangat membatasi konsumsi kecap. Anak dan suami hobi banget sama kecap. Makan nasi kadang dikecapin. Bikin mie rebus pake kecap. Makan sop, soto, bakso atau mie ayam harus kecapan juga. Ketika tadi pagi bapaknya beli ikan cuwe untuk kucing, pulangnya kok bawa ikan tongkol yang telah dipotongin. Minta dimasak kecap gitu. Baiklah, saya buatin yess. Supaya rada beda masaknya diberi daun jeruk biar wangi. Jika masak kecap saya demen diberi bawang bombay karena menyumbang rasa sedikit manis yang khas. Bawang bombay jika ditumis biasanya rasa manisnya keluar. Pas deh buat masak kecap. Masaknya gampil ya cuma gabruk gabruk aja, udah selesai deh.

Bahan :
1 ekor ikan tongkol, potong 5 bagian
1 butir jeruk nipis
½ butir bawang bombay, iris memanjang
5 sdm kecap manis
½ sdt kecap ikan
1 sdt saus tiram
¼ sdt garam
¼ sdt gula
150 ml air
8 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
10 biji cabe rawit utuh

Bumbu tumbuk :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Cuci ikan tongkol kemudian kucuri air jeruk nipis. Biarkan 10 menit, bilas bersih. Goreng asal kecoklatan, jangan terlalu lama supaya tidak keras dagingnya. Angkat, sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay dan bumbu tumbuk sampai layu. Menyusul kecap ikan.

3. Tuangi air, bumbui garam, gula, kecap manis dan saus tiram. Masukkan daun jeruk dan serai kemudian didihkan.

4. Menyusul tongkol goreng. Masak sampai kuah menyusut dan tongkol matang sempurna. Koreksi rasa. Terakhir masukkan cabe rawit. Masak sebentar kemudian matikan api.

Chocolate Wassant

Assalamu'alaykum



List lama yang tertunda. Klise banget ya. Bertahun tahun mengendap di GNotes, resep ini akhirnya dieksekusi juga. Pertama melihat proses pembuatannya yang rada ribet, bikin saya sedikit malas mengerjakannya. Saya males giling-gilingnya itu lho hihihi..... Itulah penyebab kenapa bisa tertunda hingga sekian tahun lamanya. Karena sekarang sudah ada mood, ayok ah bikin. Untuk isian saya mencontek milik mb Hesti, demikian pula dengan proses pembuatan. Tapi adonan rotinya saya pakai resep sendiri yang sudah klik di hati. Dengan resep segini, saya lupa berapa banyak hasilnya. Karena ketika masih panas, langsung dicomot orang rumah. Mungkin 15-20 pcs ada kali. Hasilnya, duh enaknyaaaa. Sekarang, yuk dilihat resepnya.

Bahan adonan cokelat :
(A)
40 gr terigu protein sedang
100 gr gula pasir
2 putih telur 
(B)
100 ml susu cair
40 gr cokelat bubuk
20 gr butter 

Cara membuat :
Aduk rata bahan A sampai rata dan licin. Sementara itu panaskan susu di atas kompor dengan api sedang. Masukkan cokelat bubuk sambil diaduk menggunakan whisk sampai tercampur rata.

Masukkan campuran bahan A, aduk terus sampai adonan kental dan sangat kering.

Angkat dari kompor dan tambahkan butter. Aduk sampai rata. Sisihkan sampai dingin.

Simpan adonan cokelat dalam plastik dan giling pipih membentuk persegi panjang 22x14cm. Tutup rapat dan simpan dalam kulkas selama 2 jam.

Bahan roti :
450 gr terigu serbaguna
100 gr gula pasir
5 gr ragi instant
1 butir telur utuh
220 ml santan sedang, dingin
2 sdm mentega tawar
½ sdt garam halus

Olesan : telur kocok dan mentega

Cara membuat :
1. Roti : campur jadi satu terigu, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

3. Masukkan telur. Menyusul santan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

4. Masukkan mentega dan garam. Lanjutkan menguleni sampai kalis elastis. Fermentasikan 30 menit supaya adonan rileks.

5. Giling adonan roti ukuran 31x 24 cm (supaya cokelat tertutup rapat dan tidak keluar) lalu letakkan adonan cokelat di tengah. Lipat adonan roti hingga menutup adonan cokelat (lipatan satu tiga). Putar adonan 90 derajat, bagian yang terbuka menghadap ke kita. Giling kembali memanjang 60x22cm.

Note :
* Selama proses giling lipat, boleh ditaburi tepung supaya tidak lengket.

6. Lipat dengan lipatan dobel (satu empat) seperti di gambar (lipat dua lalu lipat dua lagi menyatu). Putar 90 derajat ke arah kita.

7. Giling lagi selebar 54x22 cm. Ukur dengan penggaris dan potong membentuk segitiga 9x22cm. Gulung dari arah yang lebar ke yang lancip.

8. Letakkan di loyang bersemir margarin. Beri jarak. Fermentasikan sampai naik 50%. Olesi telur. Panggang selama sekitar 20 menit dengan panas oven 200°C sampai matang kecoklatan permukaannya. Angkat, panas panas olesi butter.


Pindang Bandeng Kemangi


Assalamu'alaykum


Setelah beberapa lama absen masak bandeng, tukang sayur nawari saya bandeng lagi. Ndilalah orang di rumah pada mau ketika saya tawari. Siplah. Tapi saya nggak tau mau dimasak apa lagi nih bandengnya. Setelah obok-obok internet, saya kepincut Pindang Bandeng dari Sajian Sedap. Bahan yang mudah dan tersedia di kulkas membuat saya segera mengeksekusinya. Cara buatnya juga simpel cuma dicemplungin aja semua bahan setelah menumis bumbu. Bumbu halus diganti bumbu iris karena males nyuci cobeknya hahahah.....lha berat banget sih cobek batu. Kalo cuma buat ngulek sedikit, perasaan gak sepadan dengan nyucinya. Setuju kan ? Bilang aja setuju hahahahah..... Maksa ye 😁😁😁Seumur umur saya baru sekali ini makan masakan ini (paling pol cuma dipresto doang kemudian digoreng). Setelah matang wuih....enak dan seger 😋

Pindang Bandeng Kemangi
Sumber : Sajian Sedap dengan modifikasi

Bahan :
2 ekor ikan bandeng, masing-masing potong 3 bagian
2 buah cabai merah, iris serong
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
3 bh belimbing sayur, belah 2 memanjang
1 buah tomat merah, potong-potong
1.000 ml air
¼ sdt kunyit bubuk
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
4 tangkai kemangi, dipetik
2 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih 

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu iris, cabai merah, serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.

2. Masukkan belimbing sayur dan  tomat. Aduk sampai layu. Tuangkan air dan kunyit bubuk. Masak sampai mendidih.

3. Tambahkan ikan bandeng, garam, dan gula pasir. Kecilkan api. Masak sampai meresap. Tambahkan daun kemangi. Masak sampai matang.



Brownies Tape Singkong


Assalamu'alaykum


Gegara saya diberi brownies oleh Bu Tari beberapa waktu lalu, saya jadi pingin bikin brownies lagi nih. Tempo hari ketika bezuk tetangga ke rumah sakit, beliau membawa brownies dan dibagi-bagi dengan teman seperjalanan. Brownies hasil tangan beliau sendiri. Asik kan punya teman baik seperti Bu Tari gini. Alhamdulillah. Karena kebaikan beliau inilah saya membuat brownies tape untuk beliau. Spesial gitu hihihi......apalagi saya pernah diberi resep Coklat Brownies yang sudah tayang di blog ini juga.  Resep ini sangatlah mudah karena hanya aduk-aduk saja pakai spatula, tanpa mixer. Bahan juga mudah didapat, hanya coklat bubuk tanpa menggunakan coklat batang. Brownies tanpa coklat batang enak juga lho, gak kalah lezatnya. Yang penting pakai coklat kualitas bagus untuk mendapatkan rasa dan aroma yang menggiurkan. Brownies ini tidak terlalu manis. Jika suka brownies manis dan legit, tambahkan gula pasirnya ya. Nah sudah siap mau bikin Brownies tape ? Yuk capcus resepnya.

Bahan :
200 gr tape singkong yang empuk dan manis
125 gr mentega tawar
2 butir telur utuh
150 gr gula pasir
50 gr coklat bubuk
⅛ sdt garam halus
¼ sdt soda kue
90 gr terigu serbaguna

Taburan : chocochips, wijen, kenari

Cara membuat :
1. Siapkan 2 bh loyang ukuran 10x20x4cm. Alasi kertas roti, olesi minyak. Panaskan oven 200'C, sisihkan. Lelehkan mentega sampai mencair, sisihkan.

2. Dalam wadah besar lumatkan tape menggunakan garpu sambil dibuang serat seratnya.

3. Masukkan ke dalam tape, mentega leleh, telur dan gula pasir, aduk rata pakai spatula. Menyusul bahan kering sambil di ayak, coklat bubuk, garam, soda kue dan terigu. Aduk asal rata. Jangan overmix.

4. Tuang ke dalam 2 bh loyang, ratakan permukaannya. Taburi dengan taburan. Panggang dalam oven di rak atas selama 18-20 menit. Jangan overbake supaya tidak kering. Keluarkan, dinginkan sebelum dipotong.