Cah Sayur dan Otak-Otak

Assalamu'alaykum


Bikin cah lagiiiii..... Masak tanpa ribet adalah salah satu prinsip hidup saya. Lol 😂😂😂 Lha iya gitu lho. Wong saya single fighter di rumah, otomatis jadi mikir masak apa yang cepet dan anti ribet. Masak lauk dan sayur yang digabrukin jadi satu merupakan copasan dari ibu rahimahullah hihihi.... Yess. Ibu saya gak demen masak. Beliau seneng jahit baju dan bikin bordir. Kalo urusan masak, rasanya entahlah. Nggak ngalor nggak ngidul (nggak ke utara, enggak ke selatan). Alias gak tau deh pokoknya. Karena latar belakang itulah saya jadi kepincut dengan dapur. Cita-citanya pingin expert di dapur meski cuma kelas rumahan hahahah..... Dari situlah saya serius pingin bisa baking dan cooking yang disukai orang rumah. Alhasil, cita-cita saya terkabul sampai sekarang. Bisa baking dan cooking yang disertai rasa cinta sepenuh hati sangatlah membuat saya happy. Asli ini. Gak bohong. Alhamdulillah, sampai saat ini saya sangat menikmatinya meski levelnya gak naik-naik ke youtube dan cuma sampai kelas blogger doangan hahahah......

Well berhubung saya lagi punya ide yang moncer (halah) kali ini saya masak otak-otak. Lagi ditinggal mudik bapaknya anak-anak nih makanya saya buruan masak yang praktis. Untung gak males ngetik. Nggak males masak juga. Nggak males ngepel, nyapu dll. Malah lebih rajin rasanya karena di rumah sepi. Ngerjain apapun bisa fokus dan tidak terganggu. Kepala jadi punya ide aneh-aneh dan jejari selalu pingin ngetik. Udahan dulu ya nulisnya. Mau ngelanjut kerjaan yang lain nih. Yuk mariiiii....

Bahan :
10 buah otak-otak, potong serong
150 gram buncis, potong 4 cm
2 buah wortel, iris miring
50 ml air
100 gr sawi hijau, potong 3 cm
3 siung bawang putih, cincang halus
6 butir bawang merah, iris tipis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt saus tiram
100 ml air
1 batang daun bawang, potong 1 cm
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Goreng otak-otak asal matang. Jangan terlalu kering supaya tidak alot. Angkat, tiriskan.

2. Panaskan 1 sdm minyak bersih. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan wortel dan buncis, masak sampai setengah matang. Beri 50 ml air supaya cepet empuk

2. Masukkan otak-otak, aduk rata. Tambahkan garam, merica, gula pasir dan saus tiram. Aduk rata. Tuang 100 ml air. Masak sampai matang dan meresap.

3. Terakhir masukkan sawi dan daun bawang, aduk sampai layu. Matikan api. Siap disajikan.

Cah Tahu Jamur Tiram

Assalamu'alaykum


Hari ini masak yang simpel dan cepet. Kapan hari beli cah tahu jamur tiram di warung langganan. Lha kok enak. Asli deh enak bener. Baru kali ini saya makan tumis tahu dengan jamur tiram, dan cocok dengan rasanya. Karena ketagihan, saya berniat mau bikin sendiri jika kepingin. Dan hari ini terlaksana juga keinginan saya. Bahan yang sederhana ini sangatlah nikmat disandingkan dengan nasi panas. Beneran lho, meski cuma tahu dan jamur, bisa menggagalkan diet kita semuwah hahahah.....

Bahan :
2 kotak (600gr) tahu putih
150 gr jamur tiram
5 bh cabe merah keriting, iris miring
5 bh cabe hijau keriting, iris miring
5 bh cabe rawit merah, iris miring (boleh lebih jika ingin pedes maksimal)
1 sdm saus tiram
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
¼ sdt merica bubuk
50 ml air
1 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu tumbuk kasar :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Potong tahu kotak-kotak, jangan terlalu kecil supaya tidak hancur. Suwir-suwir jamur tiram. Cuci, peras, tiriskan. Sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu tumbuk sampai layu dan harum. Masukkan semua cabe iris, tumis sampai layu.

3. Masukkan tahu, jamur tiram, saus tiram, garam, merica dan gula. Tuangi air. Air tidak perlu terlalu banyak karena jamur akan mengeluarkan banyak air. Jika suka kaldu bubuk, boleh ditambahkan. Masak sampai meresap dan air menyusut banyak.

4. Terakhir masukkan daun bawang. Aduk rata. Pelan-pelan aja ngaduknya supaya tahu tidak hancur. Matikan api. Siap disajikan.


Cinnamon Sugar Pull Apart Bread

Assalamu'alaykum


Bikin roti aaaahhhh biar gak malas. Beberapa lama gak bikin apapun di rumah karena lagi demen jajan, akhirnya saya menyentuh gadget kesayangan alias Breadmaster. Sudah diuber uber bikin roti lagi nih, hihihi.... Setelah nguprek stok tepung cs, saya kepingin  roti pakai kayu manis. Saya ingin roti yang simpel dan cepet selesai. Akhirnya dapat ide bikin pull apart bread. Biar gak kelamaan yang buletin adonan. Dulu pernah bikin roti seperti ini pakai pandan. Kali ini minus pandan yah. Tapi bagian dalam diberi gula halus dan kayumanis bubuk. Kebayang dong wanginya, hmmmm.... Cuma sayang, gula palem lagi habis, jadi pakai gula tepung nih. Proses bikinnya super cepet, hanya sekali proofing sajah. Iya. Saya lagi banyak kerjaan makanya bikin yang simpel. Nulis prolog juga maunya cepet selesai, hihihi.... Udahan dulu ya prolognya karena roti udah mengembang gede nih. Mau dipanggang duyu. Yuk mariiii......


Bahan :
250 gr terigu protein tinggi
250 gr terigu serbaguna
30 gr susu bubuk fullcream
100 gr gula pasir
8 gr ragi instant
1 butir telur utuh
250 ml susu cair
40 gr mentega tawar
4 gr garam halus

Olesan dan taburan  :
3 sdm mentega cair
3 sdm gula halus/gula tepung
1 sdt kayumanis bubuk

Olesan sebelum dipanggang : 1 sdm telur kocok + ½ sdm susu cair
Taburan : wijen

Cara membuat :
1. Campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul susu cair sambil diuleni. Tuang susu cair sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis. Tutup, sisihkan.

4. Sementara itu siapkan loyang :
* 1 loyang tulban diameter 16cm tinggi 4cm.
* 2 loyang brownies 10x20x4cm
Alasi semua loyang pakai kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan.

5. Tanpa fermentasi, bagi adonan jadi 3 bagian (@ 325 gr). Ambil 1 bagian adonan. Tipiskan menggunakan rolling pin hingga setebal 1/2 cm. Olesi mentega cair seluruh permukaan adonan menggunakan kuas. Taburi gula halus dan kayumanis bubuk.

6. Ambil pisau/spatula, potong-potong adonan berbentuk persegi sesuai selera. Tata potongan tersebut ke dalam loyang, posisi berdiri. Lakukan dengan sisa adonan yang lain. Tutup adonan dan fermentasikan di tempat hangat hingga mencapai 90% dari tinggi loyang.

7. Panaskan oven suhu 180'C. Ambil adonan yang telah mengembang. Olesi dengan campuran telur. Taburi wijen.

8. Panggang sampai matang dan permukaannya kuning kecoklatan, selama 25-30 menit. Keluarkan dari oven. Oles mentega selagi panas.


Roti Bohong

Assalamu'alaykum


Baru sekali ini saya tau ada makanan bernama roti bohong. Roti ini sangat beken di Medan, sebagai teman ngopi. Jika ditelusuri resepnya, mirip dengan olieballen. Itu lho donat Belanda. Jika olieballen biasanya diberi campuran buah kering, roti bohong gak pakai isian. Disebut roti bohong karena tanpa isian sama sekali. Taburan gula halus pun juga tidak. Tekstur roti bohong ini bolong gede-gede. Ini yang membuatnya jadi empuk. Selain itu sedikit liat karena tanpa telur. Jika pernah makan roti bantal, nah mirip tuh. Cara membuatnya gampang kok. Semua bahan dicampur pakai sendok kayu atau tangan aja. Setelah difermentasi kemudian digoreng. Ukuran roti bohong agak gede ya, seperti roti bantal.


Bahan-bahan :
250 gram tepung terigu
6 gr yeast/ragi instant
½ sdt garam
1/2 sdt vanili
250 ml santan sedang, hangat
3 sdm gula pasir

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan kering aduk sampai rata.

2. Kemudian tuangkan santan hangatnya lalu aduk menggunakan sendok kayu sampai adonan mengental. Tutup dan diamkan selama 40 menit di tempat hangat sampai naik.

3. Panaskan minyak goreng cukup banyak di atas wajan. Ambil sendok sayur, basahi minyak goreng. Ambil setengah sendok sayur, goreng dengan api cenderung kecil sampai kuning kecoklatan.

Note :
* Jangan memasukkan adonan terlalu banyak karena akan mengembang.

Hasil : 14 buah


Tahu Beranak

Assalamu'alaykum


Gorengan gurih memang ga ada matinya. Udah gitu, nagih lagi. Ya nggak 😁😁 Terinspirasi dari tahu susur, cemilan tradisional, saya membuat tahu beranak isi fusilli. Sempat ditegur orang rumah, kok aneh aneh sih ide masaknya. Ah kagak juga. Biasa aja tuh. Saya jawab gitu karena saya rendah hati *sambit* Soalnya emak tipe pembosan untuk urusan makanan. Latar belakang picky eater juga. Makanya ketika ada GA @pastabisa dan @rahasiadapursedap saya bisa menuangkan ide liar (sedikit tapi 😁) di dapur. Sekarang capcus ya....


Bahan :
75 gr Fusilli La Fonte
15 buah tahu goreng segitiga

Saus :
100 gr mayonaise
3 sdm saus sambal
1 sdm susu kental manis

Pelapis :
1 siung bawang putih, haluskan
½ sdt garam
⅛ sdt lada bubuk
100 gr terigu
200 gr air

Cara membuat :
1. Rebus fusilli sampai matang, tiriskan. Campur bahan saus sampai rata, masukkan dalam piping bag, sisihkan.

2. Belah sisi panjang tahu, keruk isinya. Semprotkan saus ke dalam lubang tahu. Jejalkan fusilli hingga penuh. Lakukan sampai semua bahan habis. Sisihkan.

3. Campur semua bahan pelapis, aduk rata. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk, silakan ditambahkan.

4. Panaskan minyak cukup banyak. Celupkan tahu ke dalam adonan tepung, goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan bersama saus tomat atau saus sambal.

#PastaNusantara #PastaBisa #pastabisaxrahasiadapursedap #PastaBisa2018 #rinaaudie #dapurmanis


Gandasturi Makaroni

Assalamu'alaykum



Bikin cemilan tradisional tuh asyik banget lhooo.... Saya sangat antusias jika bikin snack tradisional. Alasannya karena bahan mudah didapat. Snack tradisional juga bisa dimodif sedemikian rupa tanpa meninggalkan bahan utamanya. Salah satunya gandasturi yang saya buat ini. Gandasturi kacang hijau dipadu dengan Long Macaroni La Fonte @pastabisa yang hasilnya sangaaattt enak. Tekstur kacang hijau yang lembut beradu dengan Long Makaroni La Fonte, berasa geal geol ketika dikunyah 😁
Colek @rahasiadapursedap

Sorry gaes, kalian dijiwit lagi @monicayrampo @keytaroshop @dwie_dwek @lelys_corner @annisazamri

Bahan isi :
250 gr kacang hijau kulit
1.000 ml (1 liter) air
75 ml santan sedang
7 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk atau 2 lbr daun pandan
¼ sdt garam
50 gr Long Makaroni La Fonte
3 sdm minyak goreng

Lapisan :
75 gr terigu
25 gr tepung beras
⅛ sdt garam halus
⅛ sdt kunyit bubuk
100 ml air

Cara membuat :
1. Rebus air sampai mendidih, masukkan kacang hijau, rebus 5 menit, matikan api. Biarkan 45 menit dalam kondisi panci tertutup. Selanjutnya rebus kembali sampai mekar dan empuk (+- 5 menit) tanpa mengganti airnya. Saring. Lumatkan kacang hijau selagi panas.

2. Sementara itu rebus juga Long Macaroni La Fonte  sampai matang. Angkat, tiriskan. Potong sepanjang 2-3cm, sisihkan.

3. Tuang pasta kacang hijau ke dalam wajan. Masukkan santan, gula pasir, vanili, dan garam. Masak sampai kering dan kalis. Koreksi rasanya. Jika kurang manis, tambahkan gula. Matikan api. Masukkan potongan Long Macaroni La Fonte. Beri minyak goreng, aduk rata, dinginkan.

4. Ambil 2 sdm pasta kacang hijau, bentuk bulat kemudian pipihkan. Lakukan sampai adonan habis. Sisihkan.

5. Campur terigu, tepung beras, garam dan air, aduk rata. Adonan kental ya seperti pisang goreng. Sisihkan.

6. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Celupkan pasta kacang ke dalam larutan tepung. Goreng sampai kuning keemasan. Angkat tiriskan.

Hasil : 20 buah

#PastaNusantara #PastaBisa #pastabisaxrahasiadapursedap #PastaBisa2018 #rinaaudie #dapurmanis

Prol Macaroni

Assalamu'alaykum


Bikin prol yang merupakan kudapan tradisional kita. Paling beken prol tape kan yah. Tapi kali ini divariasi pakai long macaroni La Fonte @pastabisa
Capcus ya.....@rahasiadapursedap
Njiwit mb @monicayrampo @bubukeytaro @ibulina_ghani @ade.emilia @jkbrownis
.
.
Bahan :
100 gr Long Macaroni La Fonte
500 gr tape singkong yg manis dan empuk, buang seratnya
100 gr gula pasir
25 gr tapioka/aci/kanji
2 butir telur utuh
50 gr mentega tawar, lelehkan
⅛ sdt garam
200 ml santan sedang
Taburan : panir kasar, keju parut

Cara membuat :
1. Rebus Long Macaroni La Fonte dalam air sampai matang. Angkat tiriskan. Potong sepanjang +- 5cm, sisihkan.

2. Siapkan loyang persegi 18x18x5cm. Alasi kertas dan olesi minyak, sisihkan. Panaskan oven suhu 180'C. Sisihkan.

3. Dalam mangkuk besar remas-remas tape dan gula pasir sampai rata. Masukkan tapioka, telur, mentega leleh dan garam. Masukkan santan, aduk rata. Terakhir masukkan macaroni rebus, aduk rata.

4. Tuang dalam loyang, ratakan. Taburi panir dan keju parut. Tekan tekan sedikit keju, supaya menempel di permukaan adonan. Oven selama 40-45 menit sampai permukaan kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, dinginkan. Siap dipotong.

#PastaNusantara #PastaBisa #pastabisaxrahasiadapursedap #PastaBisa2018 #rinaaudie #dapurmanis


Kari Fusilli Ati Ampela

Assalamu'alaykum


Baru sekali ini bikin pasta @pastabisa dibikin bumbu kari. Ternyata enak tu. Gawat nih kalo ketagihan hihihi....
.
.
Bahan :
150 gr Fusilli La Fonte
5 pasang ati ampela ayam, rebus empuk, potong sesuai selera
2 sdm penuh bubuk kari, larutkan dg 50 ml air
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
100 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
150 ml santan encer (sisa perasan santan kental)
garam, merica dan gula secukupnya

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
10 bh cabe merah keriting
2 cm kunyit
4 butir kemiri

Cara membuat :
1. Rebus Fusilli sampai matang (al dente). Angkat, tiriskan

2. Tumis bumbu halus sampai wangi masukkan lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Menyusul larutan kari. Lanjutkan menumis sampai matang dan agak kering.

3. Masukkan santan encer, garam, merica. Didihkan. Menyusul fusilli dan ati ampela, masak sampai santan menyusut.

4. Setelah itu masukkan santan kental. Koreksi rasanya. Beri kaldu bubuk jika suka. Masak sampai mengental kemudian matikan api.

#PastaNusantara #PastaBisa #PastaBisa2018 #rinaaudie #dapurmanis

Limpang Limpung Fusilli


Assalamu'alaykum


Bikin snack murmer di kala hujan mengguyur. Ide dari limpang limpung ubi pisang saya kombinasikan dengan Fusilli La Fonte @pastabisa Enak gak ? Huenak ! Bener gak bohong ! Tekstur fusilli yang sedikit kenyal jadi memperkaya kala digigit. Hayuk pada ikutan GA dari La Fonte yuk di PastaBisa
Bahan :
75 gr Fusilli La Fonte
2 butir ubi jalar, kukus, kupas
1 sisir pisang uli/kepok/raja
250 gr tepung terigu
1 butir telur utuh
4 sdm gula pasir
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk
300-350 ml air

Cara membuat :
1. Rebus Fusilli hingga matang. Angkat, tiriskan. Potong dadu ubi jalar dan pisang uli, sisihkan.

2. Campur terigu, telur, gula, garam dan vanili, aduk rata. Tuangi air sambil diaduk sampai rata dan kental. Masukkan fusilli rebus, ubi jalar dan pisang dadu, aduk rata.

3. Panaskan minyak goreng. Ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur, goreng di dalam minyak sampai matang dan kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

#PastaNusantara #PastaBisa #PastaBisa2018 #rinaaudie #dapurmanis


Jongkong Fusilli

Assalamu'alaykum


Ikutan GA @pastabisa yang seru abis.
Memanfaatkan sisa daun pisang yang mulai menguning, saya bikin Jongkong saja. Snack manis yang biasa disajikan kala Ramadhan, yang familiar bagi suku Melayu, saya modifikasi menggunakan Fusilli La Fonte. Jangan skeptis kalo pasta yang identik dengan makanan serba gurih bisa disulap jadi snack manis.

Bahan bubur :
125 gram tepung beras
25 gram tepung tapioka/aci/kanji
1/2 sendok teh garam
625 ml santan pandan dari 1/4 butir kelapa

Bahan kuah:
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
150 gram gula merah, disisir halus

Bahan taburan:
75 gr Fusilli La Fonte
6 bh pisang uli, potong-potong bulat
2 lembar daun pandan, dipotong 5 cm
daun pisang dan lidi untuk membungkus

Cara Membuat :
1. Rebus fusilli hingga matang. Angkat, tiriskan.

2. Bubur : campur tepung beras, tepung tapioka, dan garam. Aduk rata. Masukkan santan pandan sambil diaduk perlahan. Masak sambil diaduk sampai kental dan meletup-letup. Angkat.

3. Kuah : campur santan dan garam, sisihkan.

4. Penyelesaian : ambil 2 lembar daun pisang. Letakkan sepotong daun pandan, 2 sdm bubur pandan, fusilli, pisang uli, 1 sdt gula merah sisir dan 50 ml santan. Bungkus tum. Semat dengan lidi. Lakukan sampai semua bahan habis.

5. Kukus di atas api selama 30 menit sampai matang.

Untuk 10 bungkus

#PastaNusantara #PastaBisa #PastaBisa2018 #rinaaudie #dapurmanis