Oseng Tahu Lokio

Assalamu'alaykum


Tempo hari ketika belanja di tukang sayur saya melihat lokio alias bawang batak bergelantungan di gerobag tukang sayur. Waktu itu saya gak ada niat untuk beli karena gak punya ide masak lokio. Esok harinya barulah saya berpikir untuk mencoba menumisnya. Akhirnya beli deh itu lokio. Menurut nasihat tukang sayur (cieeee....) lokio cocok ditumis dengan teri. Sip deh. Saya mau bikin sesuai anjurannya. Biar hasilnya banyak ditambah tahu. Semangat banget deh ketika meracik bumbu dan bahan-bahannya. Tapi ketika menyiangi lokio, barulah saya mengeluh. Harus membersihkan akar dan memotong batangnya. Kecil-kecil, buanyak pulak. Mana sampahnya lebih banyak daripada bawangnya. Akhirnya dari beberapa ikat lokio, saya hanya menyiangi 3 ikat saja. Pegel sodara sodara hahahahh..... Resep oseng ini sangat simpel yah. Tidak ada yang sulit dengan resep ini. Asal cemplang cemplung ajah. Sekarang lihat resepnya yuk

Bahan :
500 gr tahu putih/kuning
3 ikat (+- 350gr) lokio
50 gr teri medan (boleh pakai teri jengki)
½ sdt kecap asin
300 ml air
1 sdt saus tiram
Garam gula merica bubuk secukup rasa

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 bh cabe merah keriting
10 bh cabe hijau keriting

Cara membuat :
1. Potong dadu tahu kemudian goreng asal berkulit. Tiriskan.

2. Siangi lokio, buang akar dan sisakan batangnya kira-kira 3-4cm. Cuci, tiriskan. Cuci juga teri medan, tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai layu dan harum. Masukkan kecap asin.

4. Masukkan teri medan, aduk aduk sampai rata. Menyusul tahu goreng, saus tiram, air, gula, garam dan merica bubuk. Didihkan.

5. Koreksi rasanya. Setelah pas masukkan lokio. Masak sampai bumbu meresap dan kuah menyusut. Matikan api.


Lele Tepung Daun Jeruk

Assalamu'alaykum


Entah kenapa akhir akhir ini keluarga saya demen banget sama lele. Mumpung di rumah ada daun jeruk dan tepung bumbu, saya berusaha memberdayakannya. Biasanya saya masak lele cuma digoreng pakai tepung kering saja. Kali ini mau dicelupin ke dalam bahan pencelup seperti tempe mendoan. Dan ternyata, enak banget lho lele digoreng tepung gini hihihi... Lain kali mau bikin lagi ah lele seperti ini.

Bahan :
6 ekor (700gr) lele
1 butir jeruk nipis
1 sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar

Pelapis :
50 gr terigu

Pencelup :
100 gr terigu
50 gr tepung bumbu serbaguna
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt kunyit bubuk
200 ml air
6 lbr daun jeruk, gunting tipis tipis

Cara membuat :
1. Lumuri lele dengan air jeruk nipis, garam dan bumbu halus. Diamkan 30 menit.

2. Campur semua bahan pencelup, koreksi rasanya. Adonannya kental ya. Sisihkan.

3. Gulingkan lele di atas pelapis. Celupkan ke dalam pencelup. Goreng (deep fry) dalam minyak sampai matang.


Eggless Fudge Brownies

Assalamu'alaykum


Karena bengong dan gak ada kerjaan saya bikin brownies aja. Perasaan setelah saya kenal tetangga yang bernama Bu Tari saya jadi ngefans lagi sama brownies setelah beberapa tahun terakhir mengabaikannya. Iya. Tepatnya setelah ikut Food Combining saya bisa anteng terhadap segala makanan dan snack manis termasuk coklat. Ketika beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke rumah bu Tari, beliau menyuguhkan brownies pada saya. Brownies tersebut saya bawa pulang untuk dinikmati  waktu cheating tiba. Aahhh nikmat sekali mengudap sepotong kecil brownies buatan beliau. Resep beliau sudah saya posting ya, Brownies Coklat. Brownies tersebut tanpa coklat batang dan hanya coklat bubuk yang digunakan. Tapi rasanya jangan underestimate. Hampir semua tetangga  pernah menikmatinya lho, dan semua memuji brownies beliau. Keren deh bu Tari resepnya 👍👍👍 Nah karena alasan itulah kenapa akhir akhir ini saya bikin brownies lagi. Kangen dan ketagihan hihihi.... Kali ini saya bikin tanpa telur karena memang pingin yang tanpa telur. Meski tanpa telur tetep aja enak. Moist alias lembab dan fugdy alias padat tapi lembut. Karakteristik brownies favorit saya emang seperti itu. Saya biasa menikmatinya di kala cheating pada akhir pekan. Brownies disimpan di box plastik dan dimasukkan kulkas. Untuk resep di bawah nanti saya beri tambahan kopi hitam dan capuccino bubuk. Biar ada sedikit rasa pahitnya. Brownies paling nikmat jika sudah menginap ya. Jadi sudah blend semua bahan bahannya. Nikmati saja bersama kopi susu, pasti surgaaaa rasanya hihihi.....

Bahan :
60 gr coklat bubuk
25 gr capuccino bubuk
4 gr kopi hitam instant
¼ sdt garam
325 ml air
100 g mentega tawar
150 ml minyak goreng
350 gr gula pasir (tidak terlalu manis)
300 gr terigu
½ sdt soda kue
35 gr susu bubuk

Toping : kenari, wijen, chocochips

Cara membuat :
1. Siapkan 1 loyang ukuran 22x22x4cm dan 1 loyang ukuran 10x20x4cm. Alasi semua loyang dengan kertas roti dan olesi minyak semua bagiannya. Panaskan oven 200'C. Sisihkan.

2. Dalam wadah besar campur coklat bubuk, capuccino, kopi hitam dan garam. Aduk rata, sisihkan.

3. Rebus air sampai mendidih. Masukkan mentega, biarkan leleh. Matikan api. Selagi panas tuang ke dalam campuran coklat kopi, aduk sampai rata. Menyusul minyak goreng.

4. Masukkan gula pasir, aduk sampai gula larut. Gunakan sendok kayu untuk mengaduknya. Biarkan suhunya turun sampai hangat.

5. Ayakkan campuran terigu, soda kue dan susu bubuk ke dalam larutan coklat gula. Aduk asal rata.

6. Tuang ke dalam loyang, beri taburan. Panggang selama 25 menit untuk loyang 22x22cm dan 15-18 menit untuk loyang 20x10cm. Keluarkan dari oven, dinginkan.


Tumis Pare Telur Tempe

Assalamu'alaykum


Berapa tahun ya saya gak numis pare ? Kangen deh dengan olahan satu ini. Salah satu tumisan yang disukai orang rumah. Jika sudah jenuh dengan berbagai macam masakan yang berat, saya biasanya bikin tumis pare ini. Resep yang sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan jadi andalan saya dalam masak memasak. Untuk resep ini saya pakai telur orak arik dan tempe. Telur berfungsi sebagai protein hewani sekaligus penambah nikmat ketika menyantap pare. Seperti udang gitu. Sedangkan tempe berfungsi menyerap sisa sari pare yang pahit. Meski sudah dibejek alias diremas remas, tidak jarang pare masih menyisakan rasa pahit. Nah disinilah fungsinya tempe. Tempe yang digunakan tidak perlu digoreng. Jika digoreng, percuma saja tidak bisa menyerap pahitnya. Kandungan minyak akan menghalanginya. Akibatnya pare tetap pahit. Lha kalo yang doyan pahit gimana ? Ya gak apa masih bisa pakai tempe, asal parenya diremas sebentar, atau tidak diremas sama sekali. Jadi pare tetep berasa pahit. Bagi sebagian orang, pahitnya pare sangatlah nikmat. Makanya gak heran, tidak sedikit yang ketagihan makan pare. Ya gak ? Sekarang lihat resepnya yuk.

Bahan :
4 bh pare/paria
garam secukupnya
3 sdm rebon, cuci bersih, tiriskan
1 sdt kecap ikan/asin
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap manis
200 ml air
2 butir telur, dibuat orak arik
300 gr tempe, potong dadu

Bumbu iris :
6 bh bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
10 bh cabe merah keriting
6 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
1. Belah pare menjadi 2 bagian, buang isinya dan potong tipis-tipis. Beri 1sdm garam halus, remas-remas sampai lemas. Bilas air sampai bersih. Beri garam lagi, remas-remas, bilas air lagi. Lakukan berulang-ulang sampai paitnya berkurang/hilang. Setelah selesai diremas bersama garam, bilas air sampai bersih.

Note :
* Tidak jarang proses remes remesan yang berulang ini bikin saya malas melakukannya. Bikin pegel tangan nyonyah 😁😁😁 Jadi saya cari akal atau cara sesat yang gampang. Caranya, iris iris pare seperti di atas kemudian taburi garam. Letakkan di atas saringan selanjutnya diamkan semalam. Taruh di suhu ruang. Sari pare akan berjatuhan ke bawah. Jangan lupa letakkan penampung seperti baskom di bawah saringan. Keesokan harinya tinggal dicuci atau dibilas tuh parenya. Jika masih perlu dibejek, silakan bejek seperlunya. Nah pare siap diolah. 

* Jangan meletakkan irisan pare bergaram ke dalam kulkas. Pare akan jadi dingin dan keras. Karena keras, pare tidak akan mengeluarkan sarinya yang pahit.

2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, masukkan bumbu iris dan rebon, tumis sampai harum. Masukkan kecap ikan, saus tiram dan kecap manis. Aduk rata
3. Masukkan pare, aduk rata. Cek rasanya. Jika kurang garam, beri secukupnya karena kecap ikan dan saus tiram sudah asin. Masukkan air. Masak sampai meresap dan airnya tinggal separuh.
4. Masukkan tempe dadu, aduk rata dengan pare. Masak sampai air habis diserap tempe. Jika air telanjur kering tapi tempe belum matang, bisa ditambah sedikit air. Setelah kering masukkan telur orak arik, aduk rata. Koreksi rasanya. Matikan api.

Perkedel Tahu Kangkung

Assalamu'alaykum


Bikin lauk yang murah meriah seperti ini sangatlah mengasikkan. Lha gimana gak asik, udah murah meriah, cepet habis lagi. Karena ada kangkung di kulkas, saya berdayakan saja untuk bikin perkedel tahu. Enak lho. Perkedelnya pakai tepung bumbu serbaguna biar rasanya makin nampol.

Bahan :
500 gr tahu putih
50 gr tepung bumbu serbaguna
6 batang kangkung, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1 butir telur
1/2-1 sdt garam halus
Minyak goreng

Bumbu halus :
2 butir bawang merah
3 siung bawang putih
⅛ sdt merica butir
2 cm kunyit
2 butir kemiri

Cara membuat :
1. Haluskan tahu kemudian bungkus dengan serbet, peras sedikit airnya.

2. Dalam sebuah wadah besar campur tahu halus, tepung bumbu, kangkung, daun bawang, telur, garam dan bumbu halus. Aduk sampai rata. Cek rasanya.

3. Bentuk bulat-bulat pipih. Lakukan sampai adonan tahu habis.

4. Panaskan minyak goreng yang banyak, goreng perkedel tahu (deep fry) menggunakan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


Roti Sobek Susu

Assalamu'alaykum


Apa kabar semua ? Met tahun baru ya. Alhamdulillah masih bisa posting di tahun 2019. Bulan lalu memang saya malas, hanya posting 5 kali dalam sebulan. Maaf ya hihihi....malu deh. Untuk kali ini saya mau posting roti sobek pakai susu yang banyak. Mulai bosen pakai santan, banting setir pakai susu ajah. Bahannya sederhana kok seperti resep sebelumnya. Roti ini tanpa isian karena mau dinikmati bareng kopi susu, sesuai permintaan bapaknya anak-anak. Gak banyak berkata kata lagi, yuk dilihat resepnya.

Bahan roti :
250 gr terigu protein tinggi
250 gr terigu serbaguna
50 gr susu bubuk fullcream
100 gr gula pasir
6 gr ragi instant
1 butir telur utuh
250 ml susu cair fullcream
50 ml susu kental manis
50 gr mentega tawar
½ sdt garam halus

Olesan dan taburan : telur kocok dan wijen putih

Cara membuat :
1. Campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul susu cair dan susu kental manis sambil diuleni. Tuang susu sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Uleni sebentar. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis. Tutup, sisihkan.

4. Siapkan loyang berikut ini :
 - 2 buah loyang brownies ukuran 20x10x4cm
 - 1 bh loyang loaf ukuran 10x20x10cm
Alasi semua loyang dengan kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan.

5. Tanpa fermentasi, timbang adonan masing masing seberat 45gr, sebanyak 12 pcs. Bulatkan. Sisihkan 10 menit supaya relax.

6. Ambil adonan. Tipiskan, kemudian gulung sambil dipadatkan. Letakkan berjajar di loyang (loyang brownies berisi @ 6pcs). Lakukan sampai adonan habis.

7. Sisa adonan (+- 498 gr) dibagi 5 bagian untuk loyang loaf. Caranya sama seperti di atas. Tutup semua adonan dan fermentasikan di tempat hangat hingga mencapai 80%-90% dari tinggi loyang.

8. Panaskan oven suhu 180'C. Ambil adonan yang telah mengembang. Olesi dengan campuran telur. Beri taburan wijen putih.

9. Panggang sampai matang dan permukaannya kuning kecoklatan, selama 20-25 menit. Setelah matang olesi mentega selagi panas.


Brownies Kacang Tolo

Assalamu'alaykum


Beberapa lama gak punya mood untuk ngeblog nih. Maaf ya. Komentar yang masuk pun belum juga berbalas hingga  sekarang. Maaf lagiiii hiks. Karena gak mood baking cooking resep baru, akhirnya ada bahan yang numpuk. Hufftt....merasa bersalah rasanya menelantarkan mereka semua. Ngeblog kali ini memanfaatkan kacang tolo yang ada di kulkas, saya kepikiran ide membuat cemilan manis. Selama ini kacang tolo identik dengan sambel goreng atau lentho, alias olahan yang gurih. Bagi saya yang orang Solo, kedua olahan tersebut sangatlah familiar. Sangat mudah menjumpai sambel goreng kacang tholo ataupun lentho yang biasa dijual pada pagi hari untuk ganjal perut. Kali ini saya bereksperimen dengan brownies saja. Brownies cukup luwes jika divariasi dengan berbagai macam bahan. Di blog ini, saya sudah bikin brownies pakai ubi, pisang, ketan hitam atau tanpa telur. Saya sudah lupa berapa jumlah resep brownies yang telah terpampang manis di dalamnya. Yang paling mutakhir adalah brownies tape. Dari resep terakhir itulah panduan saya bermain-main menggunakan kacang tolo. Tekstur kacang tolo yang keras cukup mudah "dijinakkan" supaya jadi empuk. Caranya cukup dengan merebus air sampai mendidih dan selanjutnya kacang tolo dimasukkan. Cukup rebus selama 10 menit. Kemudian matikan api dan diamkan selama 1 jam. Rebus lagi selama 5 menit dihitung sejak air mendidih. Kacang tholo sudah empuk dan siap digunakan. Pada tahap ini kacang tholo sudah bisa digunakan untuk masak sayur atau bikin cemilan lain, semisal lentho atau lainnya. Gampang kan ya. Resep di bawah juga gampil kok tinggal aduk aduk pakai spatula aja tanpa mixer. Hasilnya enak, nyoklat, lebih padat dan ada tekstur sedikit kasar dari kacang tolonya. Sebagian dilumat kasar supaya terasa kacangnya dan sisanya dihaluskan. Jika kurang menyukai, kacang bisa dihaluskan semua ya. Seperti biasa, hasilnya gak terlalu manis. Jika anda seorang sweet tooth, tambahkan takaran gulanya. Sekarang intip resepnya yuk.

Bahan :
175 gr kacang tolo/kacang tunggak
200 gr gula pasir (tidak terlalu manis)
100 gr mentega tawar
75 ml minyak sayur
2 butir telur utuh
50 gr coklat bubuk
25 gr susu bubuk fullcream
25 gr cappuccino bubuk
⅛ sdt garam halus
90 gr terigu serbaguna

Taburan : chocochips, wijen, kenari, chocochips

Cara membuat :
1. Didihkan 1 liter air untuk merebus kacang tholo. Setelah mendidih masukkan kacang dan rebus selama 10 menit. Matikan api. Panci dalam kondisi ditutup. Diamkan 1 jam kemudian rebus lagi. Setelah mendidih kembali, lanjutkan merebus selama 5 menit. Cek kacang tholo. Ambil 1 butir kemudian kunyah. Jika sudah empuk, matikan api. Tapi jika masih keras lanjutkan merebus 5 menit lagi. Angkat kacang dan tiriskan. Selagi panas lumatkan. Boleh pakai food processor, dry mill, ulegan atau apa saja. 1/3 bagian lumatkan kasar saja, sisanya lumatkan sampai halus.

2. Selagi panas, masukkan gula pasir, aduk sampai rata. Tujuannya supaya gula jadi larut. Sisihkan.

3. Siapkan 1 bh loyang ukuran 22x22x4cm. Alasi kertas roti, olesi minyak. Panaskan oven 200'C, sisihkan. Lelehkan mentega sampai mencair, matikan api. Masukkan minyak goreng, sisihkan.

3. Dalam wadah besar masukkan campuran kacang lumat, mentega leleh, minyak dan telur, aduk rata pakai spatula. Menyusul bahan kering sambil di ayak, coklat bubuk, susu bubuk, cappuccino, garam dan terigu. Aduk asal rata. Jangan overmix.

4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Taburi dengan taburan. Panggang dalam oven di rak atas selama 18-20 menit. Jangan overbake supaya tidak kering. Keluarkan, dinginkan sebelum dipotong.


Gulai Tahu Daun Singkong

Assalamu'alaykum


Musim penghujan seperti ini rasanya sangat nikmat makan nasi bersama kuah santan yang medok di lidah. Nyammm 😋😋😋 Medok, maksudnya full bumbu gitu. Karena di tukang sayur sudah kehabisan dagangan, saya berusaha memberdayakan bahan yang ada saja. Kebetulan melihat daun singkong dan tahu goreng di gerobagnya, ya udah diambil saja. Apalagi di rumah masih ada santan beku di kulkas. Langsung deh di kepala tercetus ide bikin gulai. Meski tempo hari bikin gulai lele, jika disuguhi gulai lagi, orang rumah gak bakalan nolak hihihi.... Lha mereka juga demen dengan masakan bumbu medok gini sih. Nyamleng buat teman makan nasi. Bener kan. Bumbunya masih sama dengan yang kemarin hanya bahan utamanya saja yang diganti. Sekarang capcus yuk....

Bahan :
1 ikat daun singkong, petiki daunnya
15 buah tahu goreng
5 lbr daun jeruk
2 sdm penuh bumbu kari kering/bubuk
500 ml santan encer (sisa perasan santan kental)
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1,5 sdt garam
1 sdt gula
merica bubuk secukupnya
bawang goreng secukupnya

Bumbu halus :
5 buah cabe merah besar
¼ butir biji pala
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt jinten sangrai
1/8 sdt klabet/hulba/halba/hilba
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm kunyit
3 cm jahe

Bumbu yang lain :
2 cm kayumanis
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
2 buah bunga pekak/lawang
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong lengkuas, memarkan

Cara membuat :
1. Cuci bersih daun singkong kemudian rebus asal matang. Peras airnya, sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak, tumis kayumanis, cengkih, kapulaga, biji pala dan bunga pekak sampai wangi. Masukkan bumbu halus, menyusul daun salam, serai dan lengkuas. Masak sampai bumbu matang sambil diaduk aduk sampai agak kering.

3.  Menyusul daun jeruk dan bumbu kari. Tuangkan santan encer. Beri garam, gula dan merica. Masukkan tahu goreng dan daun singkong. Masak sampai mendidih dan bumbu meresap. Koreksi rasanya

4. Terakhir masukkan santan kental. Didihkan kembali sambil sesekali diaduk. Angkat, taburi bawang goreng. Sajikan panas bersama nasi putih.

Roti Sobek Manis Santan

Assalamu'alaykum


Setelah beberapa waktu lalu saya bikin pizza, sekarang balik lagi bikin roti manis buat orang rumah. Penghuni rumah bete karena ga ada roti selama beberapa hari terakhir. Sengaja gak bikin karena lagi bad mood. Tapi sekarang, baiklaaahh....emak bikin lagi roti manis yah. Pakai resep favorit yang masih juga disukai orang rumah. Roti sobek ini kosongan tanpa isi karena mau dinikmati bersama kopi atau susu panas. Gak usah berpanjang lebar, yuk dilihat resepnya.

Bahan roti :
500 gr terigu serbaguna
50 gr susu bubuk fullcream
100 gr gula pasir
6 gr ragi instant
1 butir telur utuh
250 ml santan dingin dari kulkast
2 sdm mentega tawar
½ sdt garam halus

Cara membuat :
1. Campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul santan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Uleni sebentar. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis. Tutup, sisihkan.

4. Siapkan loyang berikut ini :
- 2 buah loyang brownies ukuran 20x10x4cm
- 1 bh loyang bulat diameter 18cm tinggi 5cm
Alasi semua loyang dengan kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan.

5. Tanpa fermentasi, timbang adonan masing masing seberat 50gr. Bulatkan. Sisihkan 10 menit supaya relax (hasilnya jadi 20 pcs).

6. Ambil adonan. Tipiskan, kemudian gulung sambil dipadatkan. Letakkan berjajar di loyang (loyang brownies berisi @ 6pcs, loyang bulat berisi 8pcs). Lakukan sampai adonan habis.

7. Tutup adonan dan fermentasikan di tempat hangat hingga mencapai 80%-90% dari tinggi loyang.
8. Panaskan oven suhu 180'C. Ambil adonan yang telah mengembang. Olesi dengan campuran telur. Beri taburan.

9. Panggang sampai matang dan permukaannya kuning kecoklatan, selama 20-25 menit. Setelah matang olesi mentega selagi panas.


ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﺍْﻷَﻋْﻤَﺎﻝِ ﺃَﻥْ ﺗُﺪْﺧِﻞَ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺧِﻴْﻚَ ﺍْﻟﻤـُﺆْﻣِﻦِ ﺳُﺮُﻭْﺭًﺍ

“Amal yg utama adalah engkau memasukkan kebahagiaan kepada saudaramu yg mukmin.” (HR. Ibnu Abi ad-Dunya


Terong Bulat Teri Jengki

 Assalamu'alaykum


Masakan sehari hari yang sederhana dari DapurManis muncul lagi ya. Kali ini bikin masakan tumisan. Terong bulat yang biasanya dilalap, sekarang ditumis aja bareng teri jengki asin. Teri jengki ada 2 macam ya. Tawar dan asin. Saya lebih suka yang asin karena tekstur dagingnya lebih lunak dan empuk. Kalo teri tawar, sering keras dan alot ketika diolah jadi tumisan atau sambal. Selain pakai teri, saya tambahkan kacang panjang juga di dalamnya. Tekstur terong yang lunak, kacang panjang yang kress, dipadu dengan gurih asinnya teri. Wuiiihhh endes bangetttt 😋😋😋

Bahan :
500 gr terong bulat hijau
100 gr teri jengki asin
10 lonjor kacang panjang, potong 2-3cm
1 butir tomat merah, potong dadu
Gula, garam secukupnya
100 ml air

Bumbu tumbuk :
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
10 bh cabe merah keriting
2 butir kemiri
¼ sdt terasi

Cara membuat :
1. Belah terong menjadi 6-8 bagian. Goreng asal layu. Sisihkan. Goreng teri jengki sampai matang, sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak bersih, tumis bumbu tumbuk sampai wangi dan garing. Masukkan tomat. Aduk sampai tomat layu. Tuangi air. Bumbui garam dan gula. Didihkan kemudian koreksi rasanya.

3. Setelah rasanya pas masukan terong dan kacang panjang. Lanjutkan menumis sampai airnya kering.

4. Terakhir masukkan teri goreng. Aduk sebentar, matikan api. Siap disajikan.