No Knead Sausage And Cheese Bread


Assalamu'alaykum


Apa kabar ? Setelah tempo hari bikin roti isi sarikaya pandan, saya pingin roti yang gurih. Roti gurih ini saya buat menggunakan metode tanpa ulen. Meski tanpa ulen tapi hasilnya lembut. Biasanya saya langsung membentuknya setelah difermentasi pertama. Tapi saya menginginkan roti yang lembut dan elastis meski tanpa diuleni. Saya melakukan proses gulung dan giling untuk mendapatkan tekstur kalis elastis yang saya inginkan. Dengan digiling, adonan akan melar, mirip seperti ditarik ketika diuleni menggunakan tangan atau mixer. Saya melakukan tahap gulung dan giling ini sebanyak 7-8 kali. Sebenarnya saya ingin bikin roti sobek, tapi kok malas ya untuk buletin adonan satu per satu. Apalagi suhu di Ciledug luar biasa panas di akhir Oktober ini. Saya tidak mau berkejar-kejaran dengan fermentasinya. Takut over proofing. Akhirnya adonan dibentuk loaf aja supaya cepat selesai. Untuk isian saya menggunakan sosis dan keju cheddar. Setelah matang, ih enyak sodara. Saya sampai makan beberapa iris sekali makan, hihihi.... Doyan deh roti gurih seperti ini. Lain kali mau bikin roti gurih lagi ah, biar ada variasi selain roti manis yang sudah biasa dimakan. Yuk sekarang capcus resepnya.

Bahan :
300 gr terigu serbaguna
15 gr susu bubuk
4 gr ragi instant
50 gr gula pasir
½ sdt garam halus
2 sdm irisan daun bawang, ambil bagian hijaunya saja
1 butir telur
150 ml air hangat
2 sdm mentega suhu ruang

Isi :
4 buah sosis, iris dadu kecil
100 gr keju cheddar diparut

Olesan dan taburan :
Telur kocok
Keju cheddar parut

Cara membuat :
1. Dalam wadah besar campur semua bahan kering seperti terigu, susu bubuk, ragi instant, gula pasir dan garam halus. Aduk rata. Masukkan irisan daun bawang, aduk rata kembali.

2. Buat lubang di tengah, masukkan telur dan air hangat. Aduk menggunakan centong nasi sampai rata. Adonan akan menggumpal dan lengket. Masukkan mentega, aduk kembali sampai benar-benar rata. Oles permukaan adonan dengan minyak goreng sampai rata supaya tidak kering. Tutup dan fermentasikan sampai naik 2 kali lipat atau lebih.

3. Siapkan loyang loaf 2 buah masing² berukuran 7x20x7 cm. Alasi kertas baking dan olesi minyak/margarin. Sisihkan.

4. Kempiskan adonan. Bulatkan. Giling hingga pipih berbentuk oval. Gulung. Putar 90' sehingga sisi pendek berada di depan kita, giling lagi hingga pipih. Gulung sambil dipadatkan. Putar 90' dan giling hingga pipih. Lakukan proses gulung dan giling ini hingga 7-8 kali untuk mendapatkan adonan yang halus dan elastis. Jika selama proses ini adonan masih lengket, taburi terigu secukupnya.

5. Setelah proses giling dan gulung selesai, bagi adonan jadi 2 bagian @315gr, bulatkan. Istirahatkan 15 menit supaya rileks.

6. Ambil 1 buah adonan, giling pipih sehingga berbentuk oval setebal 1 cm. Taburi sosis dadu dan keju parut. Gulung sambil dipadatkan. Putar 90'. Pipihkan lagi. Taburi sosis keju. Gulung sambil dipadatkan. Letakkan di loyang. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan. Fermentasikan hingga naik 90% dari tinggi loyang.

7. Panaskan oven suhu 180'C. Olesi permukaan adonan dengan telur, taburi keju. Panggang selama 20-25 menit. Setelah matang keluarkan dari oven dan olesi mentega supaya tidak kering permukaannya.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon