Puding Cocktail 3 Lapis

Tags

Assalamu'alaykum



Late Post (ditulis November 2019)
Hai halo semua, apa kabar. Semoga pembaca DapurManis selalu sehat dan bahagia semuanya ya. Aamiin. Karena cuaca tidak tentu di Ciledug, kadang hujan dueras sekali dan terkadang panas membara, saya membuat puding karena ada stok agar-agar 6 bungkus di toples besar. Biasa kan ya, emak-emak pemburu diskon kelakuannya selalu absurd. Melihat diskonan selalu gak tahan. Langsung main cemplang-cemplung ke dalam keranjang belanja, meski kadang gak tau mau dibuat apa semua barang diskonan itu. Supaya gak kelamaan nganggur, agar-agar ini diberdayakan jadi puding fruit cocktail saja alias puding buah. Buah yang saya pakai adalah buah cocktail kalengan. Jika ga ada, boleh kok diganti dengan buah lain. Misal jeruk, nenas, atau mangga. Btw, sekarang lagi musim mangga kan ya. Mangga lagi murah sehingga saya berinisiatif menambahkan mangga di dalam pudingnya. Di Ciledug 1 kg mangga hanya dibanderol 10 ribu rupiah saja. Murah banget kan ya. Selain alasan supaya lebih banyak, aroma mangga ini bikin pudingnya jadi wangi. Hmmm. Hasilnya, duh enakeee. Makan seiris berasa kurang hihihi.... Puding buah dipadu dengan lapisan tengahnya berasa seperti makan dengan vla. Masih ditimpali dengan puding cokelatnya. Nyampur jadi satu berasa rame di di dalam lidah. Nyam-nyam....

Mencontek dari resep Puding Biskuit 3 Lapis dulu, saya mengganti biskuit marie dengan buah cocktail. Buah cocktail ini pemberian dari Bu Tari, tetangga rumah. Ketika saya berkunjung ke rumah beliau untuk silaturahim, pulangnya dibawain cocktail buah kaleng. Ih bu Tari ini ya, terlalu baik deh sampai saya bingung bagaimana membalas kebaikannya. Setiap kali saya memberi sesuatu untuk beliau, pulangnya saya malah diberi aneka macam bawaan. Kue, roti, jilbab, pashmina atau yang lainnya. Padahal saya ga berniat untuk diberi apapun oleh beliau. Terakhir kali sewaktu saya mentraktir beliau makan gado-gado di depan Balai RW bersama bu Rini, saya diberi sehelai pashmina baru. Coba, gimana saya gak sungkan jadinya kalo begini hihihi..... Mau menolak, takut beliau tersinggung. Diterima, saya yang gak enak hati. Rasanya antara seneng dan sungkan campur aduk jadi satu hihihi..... Rejeki mah rejeki, tapi jangan sampai rejeki yang gak disangka-sangka ini menjadikan saya orang yang tidak tau diri. Misal, jadi ngarep yang berlebih terhadap kebaikan bu Tari. Malu deh rasanya. Hal satu ini berusaha saya jaga dengan sungguh-sungguh. Saya harus tau diri, jaga diri dan jaga sikap jangan sampai mengecewakan beliau dalam berteman. Sebagai balasan atas pemberian buah cocktailnya, bu Tari saya beri seloyang Puding Biskuit 3 Lapis. Mumpung saya bikin puding dan hasilnya banyak, sebagian saya berikan pada beliau. Alhamdulillah beliau menyukai puding buatan saya. Senangnyaaaa.

Puding Biskuit setelah sampai
di rumah Bu Tari

Bahan Lapisan Bening :
300 gr buah kaleng, pisahkan air dan buahnya
1 buah mangga, ambil dagingnya, potong dadu
1 pack (7gr) agar-agar bubuk putih/plain
800 ml air (campuran air buah kaleng + air biasa. Komposisi sesuaikan dengan selera)
5 sdm gula pasir (bisa disesuaikan dengan selera)

Bahan Lapisan Tengah :
2 sdm terigu
1 bungkus (7gr) agar agar putih/plain
700 ml susu cair
10 sdm gula pasir
50 ml susu kental manis putih
4 butir kuning telur
2 sdm margarin

Bahan Lapisan Cokelat :
1 bungkus (7gr) agar agar coklat (boleh pake warna putih)
3 sdt coklat bubuk
10 sdm gula pasir
50 gram dark cooking chocolate, cincang kasar
800 ml air

Cara membuat :
1. Siapkan 2 buah cetakan agar-agar. 1 loyang volume 2 liter dan 1 loyang ukuran 1 liter.

2. Tata/susun buah kaleng di dasar loyang. Sisihkan.

3. Lapisan bening : rebus semua bahan lapisan bening seperti agar-agar, gula dan air hingga mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Koreksi rasanya.

4. Tuangkan adonan agar-agar perlahan lahan, yang bertujuan agar buah tidak mengapung. Biarkan hingga mengeras permukaannya (setengah beku). Selanjutnya kita buat lapisan tengah

5. Lapisan tengah : larutkan terigu dalam 100-150 ml susu cair, aduk sampai benar benar licin. Saring jika bergerindil. Masukkan kuning telur, aduk sampai rata. Sisihkan.
Didihkan sisa bahan seperti agar-agar, susu cair, susu kental manis dan gula. Matikan api. Tuang 3-4 sendok sayur agar agar panas ke dalam adonan terigu, aduk rata. Masukkan kembali ke dalam panci panas berisi agar agar tadi. Nyalakan api kecil dan rebus sampai kental seperti vla dan meletup letup. Jangan lupa untuk selalu diaduk supaya tidak pecah. Koreksi rasanya. Jika kurang manis tambahkan gula. Matikan api. Masukkan margarin, aduk sampai mencair dan rata.

6. Angkat, hilangkan uap panasnya, lalu tuang di atas puding buah yang sudah 1/2 beku. Biarkan mengeras hingga setengah beku. Sisihkan.

7. Sekarang kita buat lapisan cokelat. Rebus semua bahan hingga mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Tuang perlahan ke atas adonan kuning yang 1/2 beku. Bekukan di suhu ruang. Simpan di lemari es hingga semua bagian puding mengeras dan set.

8. Balikkan agar-agar di atas piring saji, potong-potong, sajikan dingin lebih nikmat.

Hasil : 2 loyang

Note :
* Selain menggunakan biskuit marie, resep puding biskuit ini bisa juga diganti dengan biskuit lain. Misal dengan biskuit kelapa, biskuit keju, oreo atau lainnya.

* Lapisan kuning boleh ditambah 2-3 tetes pewarna kuning muda supaya menarik warnanya. Atau bisa juga pake sejumput kunyit bubuk. Jika pingin lebih enak, ganti 2 butir telur utuh dengan 4 butir kuning telur.

* Jika suka kopi, boleh tuh lapisan coklat diberi kopi hitam instant semisal Nescafe gitu. 1-2 sdt sudah cukup kiranya supaya nggak terlalu pahit.

*Jika ingin dibagi rata, gunakan 2 loyang masing masing ukuran 1,5 liter ya.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon