Puding Biskuit 3 Lapis

Assalamu'alaykum


Gimana cuaca di tempat anda ? Di Ciledug sangat panas sekali. Pernah sih dalam bulan September ini hujan deras dua kali.
Tapi setelah itu cuaca kembali panas luar biasa. Karena cuaca itulah saya beli agar agar bubuk di pasar. Pingin bikin biskuit 3 lapis . Beberapa waktu lalu sudah bikin tapi hasilnya kurang maksimal. Lapisan kuningnya pecah gegara ditinggal nemuin tukang sayur. Memang itu kesalahan saya, teledor meninggalkan rebusan puding di atas kompor menyala. Alhasil pecah deh hasilnya. Meski setelah beku tetap enak dimakan, tapi kurang cantik penampilannya. Kali ini niat lagi karena puding ini enak sekali. Hanya sehari saja umur puding ini di rumah, langsung ludes. Paling sedep setelah keluar dari kulkas. Cucok buat cemilan, dessert atau ifthar ketika buka puasa. Yang istimewa adalah lapisan tengahnya, lumer seperti vla, nyammm.... Resep ini hasil googling sana sini kemudian saya bikin sesuai keinginan. Bikin 1 resep bisa  untuk 2 loyang, besar dan kecil. Biar puas makannya hihihi....Hasilnya adalah puding yang beneran enak dan nikmaaattt.... 😋😋😋


Bahan Lapisan Bening :
24 keping atau lebih biskuit marie
1 pack (7gr) agar-agar bubuk putih/plain
800 ml air
10 sdm gula pasir (bisa disesuaikan dengan selera)

Bahan Lapisan Kuning :
2 sdm terigu
1 bungkus (7gr) agar agar putih/plain
700 ml susu cair
10 sdm gula pasir
50 ml susu kental manis putih
2 butir telur utuh
2 sdm margarin

Bahan Lapisan Cokelat :
1 bungkus agar agar coklat (boleh pake warna putih)
3 sdt coklat bubuk
10 sdm gula pasir
50 gram dark cooking chocolate
800 ml air

Cara membuat :
1. Siapkan 2 buah cetakan agar-agar. 1 loyang volume 2 liter dan 1 loyang ukuran 1 liter.

2. Tata/susun sirih biskuit marie, 16 pcs di loyang besar dan 8 pcs di loyang kecil (untuk loyang kecil, patahkan biskuit jadi 2 potong supaya bisa masuk ke dalam cetakan). Sisihkan.

3. Rebus bahan lapisan bening seperti agar-agar, gula dan air untuk lapisan marie hingga mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Koreksi rasanya.

4. Tuangkan adonan agar-agar perlahan lahan, yang bertujuan agar biskuit tidak mengapung. Biarkan hingga mengeras permukaannya (setengah beku).

5. Sementara itu buat lapisan kuning. Larutkan terigu dalam 100-150 ml susu cair, aduk sampai benar benar licin. Saring jika bergerindil. Masukkan telur, aduk sampai rata. Sisihkan. Didihkan sisa bahan seperti agar-agar, susu cair, susu kental manis dan gula. Matikan api. Tuang 3-4 sendok sayur agar agar panas ke dalam terigu, aduk rata. Masukkan kembali ke dalam panci panas berisi agar agar tadi. Nyalakan api kecil dan rebus sampai kental seperti vla dan meletup letup. Jangan lupa untuk selalu diaduk supaya tidak pecah. Koreksi rasanya. Jika kurang manis tambahkan gula. Masukkan margarin, aduk sampai mencair dan rata.

6. Angkat, hilangkan uap panasnya, lalu tuang di atas puding marie yang sudah 1/2 beku.

7. Sekarang kita buat lapisan cokelat. Rebus semua bahan hingga mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Tuang perlahan ke atas adonan kuning yang 1/2 beku. Simpan di lemari es hingga semua bagian puding mengeras dan set.

8. Balikkan agar-agar di atas piring saji, potong-potong, sajikan dingin lebih nikmat.

Hasil : 2 loyang

Note :
* Selain menggunakan biskuit marie, resep puding biskuit ini bisa juga diganti dengan biskuit lain. Misal dengan biskuit kelapa, biskuit keju, oreo atau lainnya.

* Lapisan kuning boleh ditambah 2-3 tetes pewarna kuning muda supaya menarik warnanya. Atau bisa juga pake sejumput kunyit bubuk. Jika pingin lebih enak, ganti 2 butir telur utuh dengan 4 butir kuning telur.

* Jika suka kopi, boleh tuh lapisan coklat diberi kopi hitam instant semisal Nescafe gitu. 1-2 sdt sudah cukup kiranya supaya nggak terlalu pahit.

*Jika ingin dibagi rata, gunakan 2 loyang masing masing ukuran 1,5 liter ya.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

Cakep maksimal! Pengen bikin dr dulu tp males ngelapisnya hihi....

Di Medan malah musim hujan mba...

Wuiihhh..., pasti enak banget nih.
Jadi pengen bikin juga. Ngiler banget liat fotonya, heheheh.

Waaa adem dong. Enak buat tidur hihihi....
Iya nih tumben bisa cakep melapisnya. Biasanya bubar alias pada misah 😁😁

Yuk bikin mb Sitti. Beneran enak ini. Salah satu puding terenak selain Puding Casablanca 😋😋😋

mba Rina, apa kabar?
duh daku sudah lama ga mampir di mari.. aduh duh itu puding kok cuantikkk buangett, asli mupeng
enak kalau tinggal makan saja nih puding ga perlu buat dulu he he he..

Duh, enak banget nih mbak pudingnya. Memang cuaca lagi panas banget ya mbak. Ngomong-ngomong kemarin itu lupa bilang, mbak Rina foto-fotonya selalu bagus. Suka deh. -irene

Hahahah....embeeerrrr asli enaks ini puding. Tuh 2 loyang habis sama orang rumah semua hihihi....

Alhamdulillah kabarku baik mb Monic. Gegara ada kesibukan sedikit, diriku jadi males mau update blog hihi

Hai Irene
Waaaa jadi mbendhol deh diriku hahahah....(btw tanya pada suami irene apa itu arti mbendhol. Orang Solo mesti tau hahahah)
Iya, tempo hari puanas cetar kan ya. Makanya bikin puding. Yuk bikin kalo pas longgar.

Eh ya itu foto dijepret di depan pintu depan. Pintu setengah tertutup. Ngadep jendela. Gorden juga ditutup. Trims ya tuk kunjungannya 😍😍😍

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon