Laman

Senin, 10 September 2012

NAGASARI WORTEL

Assalamualaykum



Alhamdulillah akhirnya selesai juga membuat resep untuk Monthly Event #14 grup Pawon Ibu di fb. Tantangan bulan ini adalah WORTEL. Seperti biasa pake acara bingung dulu sebelum mau bikin apa. Sempat terlintas pingin bikin ini dan itu.
Tapi di rumah ada stok daun pisang yang sudah mulai agak mengering ujung-ujungnya. Daripada dibuang, mending dimanfaatkan. Dan pilihan jatuh kepada pembuatan Nagasari Wortel.

Nagasari Wortel ini bahan pembuatannya sama seperti biasa memakai tepung beras, santan dan gula. Hanya saya tambahi wortel yang dikukus supaya tidak langu. Selain itu Nagasari ini dilengkapi dengan vla santan supaya tampil beda. Hasilnya, Alhamdulillah enak. Tetangga sebelah juga kebagian dan bilang enak. Senangnya.....

Tapi saya sedikit terkejut ketika sedang merebus adonannya. Adonan yang semula berwarna orange lama-lama berubah menjadi kuning. Laahhhh.... Mungkin karena dicampur dengan tepung beras yang berwarna putih sehingga warnanya berubah menjadi lebih terang. Pingin sih ditambahi pewarna orange tapi kok ragu-ragu, karena saya menginginkan warna aslinya saja yang tampil. Insya Allah kalo mencoba lagi wortelnya mau ditambahi aja, siapa tahu warnanya bisa lebih gonjreng....

Bahan vla :
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdm tepung beras
1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Campur santan kental, tepung beras dan garam, aduk sampai licin. Nyalakan api, rebus sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan meletup-letup. Matikan api. Sisihkan.

Bahan Nagasari
1 bh (100 gr) wortel, dikukus (saya pake wortel impor---> kepepet krn wortel lokal saya liat udah pada layu nggak ada yang seger)
400 ml santan sedang (sisa perasan santan kental )
100 gr tepung beras
2 sdm tepung tapioka
1/2 sdt garam
3 sdm gula pasir
1 batang vanila pod, belah, keruk isinya (bisa diganti vanili bubuk)
1 bh pisang tanduk ukuran besar, dikukus, potong-potong
Daun pandan, dipotong-potong
Daun pisang untuk membungkus.

Cara membuat :
1. Kupas wortel kukus kemudian dicampur sedikit santan dan diblender halus.
2. Dalam sebuah panci campur tepung beras, tapioka, garam dan gula pasir, tuangi sisa santan sambil diaduk menggunakan whisker sampai licin dan halus.
3. Masukkan wortel halus aduk rata. Jerang diatas api sambil diaduk menggunakan sendok kayu sampai kental dan liat. Matikan api.
4. Ambil daun pisang, letakkan 1 lbr daun pandan. dan 1 sdm adonan wortel. Letakkan sepotong pisang kukus diatasnya. Bungkus bentuk tum, semat dengan lidi.
5. Kukus dalam dandang panas selama 30 menit. Angkat dan dinginkan. Sajikan bersama dengan vla santan.

6 komentar:

  1. nagasarinya menggodaaaa, Mbak......pake vla santan jd tambah sip ya...ada gurih2nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tuk pujiannya *plenthas-plenthus ni hidung*.

      Iya ada gurih-gurihnya, nggak cuma manis doang...

      Hapus
  2. As'salam Embak Rina

    enggak pernah buat nagasari mengunakan wortel, baru pertama kali lihat ini. memang gemar dan suka sama nagasari. menu baru gaya ni ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykum salam

      Iya Kak CT. Sengaja saya bikin nagasari memakai wortel biar tampil beda, hehehe...

      Hapus
  3. emm blog walking ke dapurnya mb Rina,kyaknya pengen nyoba yg ini deh
    ijin copy resep y mb,ntar ta anterin klo sdh mateng by email hehe:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...silakan dicoba mbak Sasa...

      kirim matengnya ke rumah saya ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.