Opor Ayam Kacang Panjang

Assalamu'alaykum


Karena sudah terlalu lama absen bikin Opor Ayam, saya langsung kalap begitu melihat ayam di tukang sayur. Apalagi bumbu di rumah lengkap karena beberapa hari sebelumnya sudah belanja bumbu. Untuk masak opor, saya terbiasa menggunakan kunyit supaya berwarna kuning cantik. Ada juga yang tanpa kunyit, sehingga disebut Opor Putih. Tapi saya demen opor kuning. Selain lebih menarik, hal ini sudah biasa saya lihat sejak saya kecil dulu. Jika ibu  masak opor, selalu berwarna kuning. Bumbu opor sangatlah simpel. Hanya menggunakan bumbu dapur yang sudah tersedia sehari-hari di rumah. Kali ini untuk variasi masakan saya menggunakan kacang panjang. Sudah beberapa resep opor ayam di blog DapurManis yang pernah saya buat. Opor menggunakan tahu tempe pun ada resepnya. Opor ayam yang dicampur sayur seperti buncis juga pernah dibuat dan rasanya tidak kalah enaknya. Jadi, variasi opor sangatlah banyak. Untuk masak opor gak perlu menunggu lebaran kayaknya, hehehe. Sekarang aja dicobain resepnya biar nggak penasaran. Yuk.

Bahan:
1 ekor ayam, potong 10 bagian
10 lonjor kacang panjang, dipotong-potong 4 cm
3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya,
2 lembar daun salam
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 cm lengkuas, dimemarkan
1/2 sendok makan garam
1 sendok teh gula pasir
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
4 butir kemiri, disangrai
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
4 cm kunyit

Cara membuat :
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas sampai harum.

2. Tambahkan ayam. Aduk rata. Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih dan matang.

3. Koreksi rasanya. Boleh diberi kaldu bubuk jika suka. Terakhir masukkan kacang panjang. Masak sebentar, matikan api. Siap disajikan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon