Tumis Pare Goreng

Assalamu'alaykum


Salah satu resep yang belum tayang di blog, tapi sudah tersimpan di IG. Saya membuatnya di bulan April lalu. Cekidot yuk.
----------------------------------------------------------

Apa tuh maksud judul di atas ? Pare digoreng ? Iya. Pare yang digoreng. Jika kita masak pare pasti ada proses meremas remas kan ya untuk mengurangi rasa paitnya ? Nah, sekarang saya punya cara baru untuk mengurangi rasa paitnya. Yaitu digoreng !! Betul. Pare yang digoreng ternyata bisa berkurang rasa paitnya. Tips ini saya dapat dari Bunda Estherlita. Ih syuka deh sama tips ini. Selama ini jika dibejek atau diremas, pare sering hancur. Tapi jika beli tumis pare di luar rumah, kok cakep ya bentuknya. Masih utuh gitu. Warnanya juga masih ijo cantik. Tidak pucat seperti yang saya buat. Ternyata rahasianya adalah, parenya digoreng ! Tidak diremes atau dibejek. Selain itu lebih praktis. Tidak bikin capek atau pegel. Pare yang digoreng tidak terlalu berminyak hasilnya seperti jika kita menggoreng terong ya. Jika terong amat sangat berminyak setelah digoreng, pare tidak seperti itu. Nggak berminyak dong ? Enggak juga. Tetap saja berminyak, mirip gorengan kalo saya bilang. Kan digoreng. Jadi tetap saja berminyak tapi tidak sebasah terong gitu. Setelah tahu cara praktis ngilangin pahitnya pare, saya jadi ketagihan tuh masak pare hihihi....jika dihitung saya sudah empat kali pakai tips ini. Dan hasilnya memuaskan. Yuk cobain yuk. Biar gak penasaran bikin tumis parenya 😄😄

Bahan :
4 bh (500gr) pare/paria
3 sdm rebon, cuci bersih, tiriskan
1 sdt kecap ikan/asin
1 sdm saus tiram
¼ sdt garam
50 ml air
75 gr teri medan, goreng matang

Bumbu iris :
6 bh bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
10 bh cabe merah keriting
6 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
1. Potong ujung pare, buang isinya dan potong bulat bulat setebal 1cm. Cuci bersih, tiriskan.

2. Panaskan minyak agak banyak di atas wajan. Goreng pare asal layu saja. Angkat tiriskan. Sisihkan.

3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, masukkan bumbu iris dan rebon, tumis sampai harum. Masukkan kecap ikan dan saus tiram. Aduk rata

4. Masukkan pare dan garam, aduk rata. Cek rasanya. Masukkan air. Masak sampai meresap dan airnya habis Koreksi rasanya. Matikan api. Sajikan bersama taburan teri goreng.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

wah kalau digoreng gini pare bisa dipotong tebal ya, selama ini kalau numis pare ya diremas pake garam dulu... dan potongnya kudu tipis he he he biar ga pahit

wah boleh donk kapan2 pake cara digoreng dulu... suwun tipsnya yo mba

mb Monic,
Sama -sama.

Aku dulu suka heran sama tumis pare kalo beli di luar. kok bisa cantik,baik bentuk dan warnanya. gak hancur juga. Ternyata rahasianya digoreng dulu sebelum diolah.

Cobain deh, pasti cantik tuh hasilnya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon