Laman

Sabtu, 04 Januari 2014

Risoles Isi Ragout

Assalamualaykum


Tumben ya saya rajin bikin risoles. Sejak encok sering menyerang, membuat risol adalah pekerjaan yang saya hindari.
Nggak kuat gitu kalo bikin kulit satu per satu dan menyita waktu lama. Padahal dulu saya rajin bikin risol ketika masih gadis. Ibu saya penggemar risoles, sosis solo dan martabak mini kelas berat, tapi nggak suka masak. Beliau hobi menjahit. Hampir semua taplak meja dan bantal kursi di ruang tamu adalah buatan alm ibu. Berhubung saya suka di dapur akhirnya coba-coba biki  kulit risol. Ini juga disebabkan ibunya teman saya yang kebetulan tetangga, punya usaha bikin Sosis Solo tiap hari. Selain itu bikin martabak juga. Jadi pingin bikin sendiri. Sebenarnya saya penasaran dengan kulitnya ini. Bisa apa nggak ya kalo bikin sendiri. Setelah saya mahir, saya rajin banget bikin risoles. Paling rajin waktu masih kuliah karena waktunya longgar. Bahkan pernah lho ketika ada rapat Karang Taruna di rumah saya bela belain bikin risoles sendiri untuk snacknya. Waktu itu saya bikin 60-75 biji dengan dibantu ibu. Tapi setelah sibuk kerja saya absen sama sekali bikin risoles ini. Nggak ada waktu gitu.

Barulah setelah jadi ibu rumah tangga saya kangen bikin risoles lagi. Saya biasanya bikin kulit risol waktu sore atau malam hari. Dan kulit ini bukan untuk diisi lho tapi dicemili sebagai snack, hihi....Yang hobi ngemil kulit risol tuh bapaknya anak-anak. Setelah kulit risol matang dan ditaruh di meja yang tertutup, dicomat comot dan biasanya tinggal separuhnya aja. Kadang malah sisanya kurang dari 10 lembar. Padahal saya bikin 25-30 lembar lho. Kalo udah begini malas rasanya mau bikin isian. Nanggung gitu. Akhirnya dihabisi saja sekalian si kulit risol ini, hehe...

Dan hari Rabu kemarin yang bertepatan dengan Tahun Baru, saya bener bener niat bikin risolesnya. Dari pagi sudah bikin isinya. Kemudian siang hari bikin kulit, diisi ragout, dipanir kemudian masuk kulkas. Sebagai icip-icip saya langsung menggoreng 2 buah risol, hmmm....enaknya dimakan anget anget. Keesokan harinya barulah sisanya digoreng semua.

Membuat kulit risol memang gampang gampang susah. Kulit risol yang baik adalah yang, tipis, lentur dan kuat. Supaya kulitnya lentur gunakan susu cair hangat yang dituangkan ke dalam terigu kemudian diaduk sampai licin. Komposisi resep juga harus pas. Selama ini saya pake 150 gr terigu dan 1 butir telur untuk 1 resep. Ekonomis ya. Dari 1 adonan ini bisa menghasilkan 14-16 lembar kulit diameter 20 cm.

Bahan isian/ragout :
50 gr terigu
150 ml susu cair
garam, merica bubuk dan gula secukupnya
5 butir bawang merah, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang, iris halus
1 bh (50 gr) wortel, serut kasar/potong dadu
5 batang buncis, iris tipis
150 gr daging ayam rebus, cincang kasar
1/2 tongkol jagung manis rebus, disisir

Cara membuat :
1. Campur terigu dan susu cair aduk sampai rata. Bumbui garam, merica dan gula, cicip rasanya dan sisihkan. Jika suka kaldu bubuk dan penyedap, boleh ditambahkan.
2. Tumis bawang merah, bawang putih dan daun bawang sampai wangi. Masukkan wortel dan buncis, masak sampai matang. Beri sedikit air +- 4 sdm supaya tidak hangus.
3. Masukkan ayam rebus dan jagung manis, aduk rata.
4. Tuangkan larutan terigu dan masak sampai mengental. Angkat dan dinginkan.

Bahan kulit :
150 gr terigu
1/2 sdt garam
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur
300 ml susu cair hangat
2 sdm minyak goreng

Bahan lapisan :
2 butir telur, kocok lepas (pake larutan terigu dan air juga boleh)
tepung panir kasar

Cara membuat :
1. Campur terigu, garam, bawang putih dan merica. Beri telur, aduk dengan whisker sambil dituangi susu hangat sampai licin. Saring bila perlu. Masukkan minyak goreng, aduk rata.
2. Panaskan wajan teflon diameter 20 cm. Tuang 1 sendok sayur sambil digoyang supaya rata. Masak sampai bagian bawah matang. Jika lembar pertama dirasa terlalu tebal, tambahkan air sesendok demi sesendok sambil dilihat tingkat kekentalannya. Lakukan sampai adonan habis.
3. Penyelesian : ambil 1 lembar kulit, lipat jadi setengah lingkaran. Beri isi di tengah. Lipat sisi kiri dan kanan ke bagian tengah (menutupi ragout) sehingga berbentuk segitiga.
4. Celup ke dalam telur kocok dan gulingkan ke tepung panir. Diamkan sedikitnya 30 menit supaya tepung panir lebih melekat.
5. Goreng dalam minyak sampai matang. Angkat dan tiriskan.

10 komentar:

  1. risoles ya???dari kecil sampe gede masih aja inget resep bikin kulit dan isi,ibuku soalnya dari zaman dulu sukaa banget bikin risol mbk..dulu di batam sering buat kl mau ke rumah bulek,pindah ke Siak belum pernah buat soalnya perkakas dirumah batam hehe...minggu depan pulang,jadi bolehlah buat yg isi rogout,makasih mbk resepnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mb Hana. Ayo buruan bikin kalo pas pulang. Ibunya mb Hana seneng bikin risol ya. Kalo ibuku seneng makan tapi nggak suka bikinnya, hihi...

      Hapus
  2. Cantiiiik bentuknya.. rapi bgt lg.... kapan yah aku bikin...

    Hehehe...
    Alasan standar untuk menutupi kemalasan...
    Wkwkwkwkwkwk....

    ^_°

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangankan mb Lina yang sibuk kerja. Aku yang pengangguran aja males kok terutama bikin kulitnya. Mending beli aja deh daripada capek-capek bikin ^_^

      Hapus
  3. aku doyan makannya aja mba rina,,,males banget bikinnya,,,
    Cantik risolesnya,,,,
    .
    .
    * mikir bolak-balik gmna bikinnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...itu dipilih yang cakep aja mb eby karena mau narsis. Yang nggak cantik ya diemplok (dimakan)....
      Bikin risol segitiga ini lebih mudah daripada digulung lho. Ini ya stepnya :
      1. Ambil selembar kulit, lipat jadi 2 sehingga berbentuk setengah lingkaran
      2. Letakkan ragout di tengahnya
      3. Lipat sisi kiri ke tengah menutupi ragout. Demikian juga sisi kanan dilipat ke arah tengah.
      Udah selesai tuh bentuk segitiganya.
      Jika belum paham coba dipraktekin pake kertas yang dibentuk lingkaran, gak usah bikin kulitnya dulu. Lakukan step by step seperti di atas. Pasti jadi deh.

      Hapus
  4. Zila x pernh mkn nie rin..sdap x?..mcm rumit jgk cara mmbuatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sedap sekali zila. Salah satu snack populer Indonesia nih. Banyak di jual di pinggir jalan atau untuk isian snack box jika ada acara arisan atau pertemuan.

      Hapus
  5. gorengan..... nggak pernah nolak.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis enak sih ya. Dicocol saus sambel dan mayo enak banget. Kalo nggak ada, nyeplus cabe rawit juga cocok...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.