Bakwan Spaghetti

Tags


Assalamu'alaykum


Masih berusaha memberdayakan spaghetti pemberian bu Tari tempo hari. Setelah membuat Bitterballen Spaghetti dan sekarang telah habis, saya berpikir mau dibikin apalagi ya. Saya berusaha menggabungkan makanan tradisional dengan spaghetti yang notabene adalah makanan barat. Jika dipikir, bentuk spaghetti ini mirip dengan mie. Saya pun pernah membuat bakwan mie. Dari situlah ide ini muncul. Untuk bakwan, adonannya seperti bakwan pada umumnya yang berisi sayur. Saya menggunakan paket sayur sop dari tukang sayur langganan. Dalam satu bungkus sayur sop ada kol, wortel, kentang, buncis dan daun bawang. Semua bahan ini bisa dipakai untuk membuat bakwan. Karena di kulkas ada sisa bakso sapi 2 butir, dicemplungin saja sekalian supaya bakwan ini lebih kaya rasa. Ternyata, bakwan spaghetti ini tetep enak rasanya. Endess gitu. Cocok juga dibuat cemilan yang merupakan salah satu jajanan street food kita.

Bahan :
50 gr spaghetti kering
200 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdm tepung tapioka/kanji/aci
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
225 ml air
2 bh wortel, serut memanjang
2 butir kentang, serut memanjang
5 batang buncis, iris bulat tipis
5 lembar kol, iris tipis
2 batang daun bawang, iris halus
2 butir bakso, potong kecil-kecil

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :
1. Rebus air sampai medidih. Beri garam dan masukkan spaghetti. Masak spaghetti sampai matang. Tiriskan dan potong-potong, sepanjang 3-4cm. sisihkan.

2. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata, kental dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata.

3. Masukkan kentang, wortel, buncis, kol dan daun bawang, aduk rata. Menyusul spaghetti dan bakso, aduk sampai rata kembali.

4. Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan di bagian pinggir wajan sambil dilebarkan. Siram-siram supaya lepas dari wajan, dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit atau saus cabai.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon