Laman

Sabtu, 29 September 2012

PEPES ONCOM DAN IKAN ASIN

Assalamualaykum




Hari Kamis  yang lalu tabloid langgganan saya datang. Langsung deh saya buka sambil melihat-lihat macam-macam resep di dalamnya. Nggak disangka saya langsung merasa "tersangkut" di salah satu resepnya. Judul masakannya Pepes Oncom Ikan Asin.
Langsung mikir bahannya mudah didapat. Nggak usah ke pasar, nunggu tukang sayur lewat aja. Alhamdulillah, tadi pagi bahan yang dibutuhkan ada semua. Lha wong cuma oncom sama teri, ya jelas ada lah di tukang sayur.


Setelah matang, saya kaget sendiri. Ternyata oncom dibuat pepes enak juga. Ketika nulis resep ini saya sudah makan sepiring. Lha kok mendadak merasa lapar lagi ! Baru pertama kali ini saya masak oncom dipepes. Biasanya cuma dibuat sambal oncom aja. Pepes ini dimakan sama nasi anget, weleeeeehhh...enak banget. Hmmm...nikmeh deh... Seperti biasa resepnya sudah "didurhakai" ya,  alias nggak nurut aslinya, hehehe...





Bahan :
300 gr oncom
75 gr ikan teri ( saya tadi pake teri jengki)
1 butir kelapa agak muda, diparut
2 butir telur ayam
2  batang daun bawang, iris halus (ini tambahan dari saya)
garam, gula, merica bubuk secukupnya
Daun salam, dipotong-potong, secukupnya
Daun pisang secukupnya

Bumbu halus :
4 bh cabe merah keriting
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 bh cabe rawit merah atau hijau (saya nggak pake)

Cara membuat :
1. Haluskan oncom, campur dengam kelapa parut, ikan teri, telur, daun bawang dan bumbu halus. Beri garam, gula dan merica bubuk. Cek rasanya.
2. Ambil daun pisang, beri daun salam. letakkan 1-2 sdm adonan oncom. Bungkus bentuk lontong. Semat dengan lidi.
3. Kukus dalam dandang panas selama 30 menit sampai daun berubah warna. Angkat. Sajikan dengan nasi hangat.





3 komentar:

  1. kalau oncomnya di skip aja enak nggak ya..atau diganti ikan aja kali ya..mmhhh..jadi ngiler beneran deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin pepes ikan aja kalo mendadak ngiler.

      Kalo lagi mudik aja bikin pepes oncomnya....

      Hapus
  2. Terimakasih resepnya mama ...

    resep masak pepes oncom ini sederhana namun mudah sekali diikuti. Saya juga coba bikin pepes oncom yang awalnya belum sedap, setelah baca-baca lagi dan mulai buat lagi, jadi enak deh sekarang.

    Terimakasih ...

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.