Laman

Rabu, 26 September 2012

KUE LUMPUR UBI

Assalamualaykum


Sudah lama saya ingin membuat kue lumpur ini. kebetulan ada sisa ubi jalar di dapur. Tempo hari cuma dikukus aja. Kali ini saya buat kue lumpur, tapi selalu ragu. Bikin apa nggak ya. Maju mundur terus. Alasannya karena lamaaaa deh bikinnya. Pemalas niiii....hehehe....Setelah dikerjain, eh ternyata emang lama. Sekali manggang, membutuhkan waktu 25 menit. Bete deh...Tapi dengan penuh perjuangan selama beberapa jam (halah...) selesai juga kuenya.

Kue lumpur ini saya buat dengan metode seperti membuat kue sus. Jadi air dan margarin direbus sampai memdidih kemudian dimasukkan terigu. Setelah itu menyusul bahan yang lain. Proses memanggangnya memang agak lama karena harus menggunakan api kecil. Menurut saya, proses pembuatan yang seperti ini (kayaknya ini metode jadul ya., karena ibu teman saya pernah bikin memakai metode ini waktu saya masih SD) menghasilkan kue lumpur yang lembut dan lumer di mulut, bila dibandingkan kue yang dibuat dengan cara telur dan gula dikocok terlebih dahulu. Hasilnya, lembut dan lumer di mulut, hmmm...nyam nyam...


Saya tadi sempat membuat kue lumpur jadi korban ketidaksabaran saya. Baru 10 menit sudah saya angkat karena bagian pinggirnya sudah kecoklatan. Padahal sudah pakai api kecil. Ternyata tengahnya masih lembek. Adduhhh...hancur tuh si kue. Setelah itu api saya kecilkan lagi. Sambil nunggu matang saya tinggal aja baca novel, biar nggak bete.

Bahan :
550 ml santan dari 1 butir kelapa
1 lbr daun pandan
2 lbr daun jeruk, sobek-sobek
250 ml air
50 gr margarin
125 gr tepung terigu
2 butir telur ayam
125 gr gula pasir
200 gr ubi jalar, kukus
kismis, secukupnya, rendam air panas sampai mengembang, tiriskan

Cara membuat :
1. Rebus santan, daun pandan dan daun jeruk sambil diaduk-aduk supaya tidak pecah. Rebus sampai mendidih, biarkan dingin. Buang daun pandan dan daun jeruknya. Sisihkan.
2. Rebus air dan margarin sampai mendidih, masukkan terigu sekaligus, aduk rata sampai mengkilat/bening dan adonan jadi menggumpal. Biarkan dingin. Sisihkan.
3. Blender ubi kukus bersama sebagian santan sampai halus, sisihkan.
4. Ambil adonan terigu yang telah dingin, masukkan telur dan gula pasir kocok sampai rata dan licin. Menyusul ubi halus, kocok sampai rata. Tuangi sisa santan, kocok sampai rata dan adonan memnjadi licin. Jangan ada adonan yang berbutir-butir ya.
5. Panaskan cetakan kue lumpur, olesi minyak. Tuangkan adonan sampai hampir penuh, kecilkan apinya. Pakai api yang keciiiilll sekali supaya bisa matang sampai ke dalam. Tutup dengan tutup panci sampai setengah matang. beri kismis, tutup lagi sampai matang, lebih kurang 20-25 menit dihitung  sejak adonan dituang ke cetakan.
6. Setelah permukaanya mengeras dan agak cekung/menciut, angkat kue lumpur menggunakan sodet kecil. Biarkan dingin, sajikan.


2 komentar:

  1. pake cetakan khusus ya mba ...daku nggak punya hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh mb Erika cetakannya khusus, yang bulat ada lubang-lubangnya 7 buah.

      Lumayan sekali matang langsung dapat kue 7 biji, hehehe...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.