SUS GORENG WORTEL

Assalamualaykum




Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk nulis di blog lagi. Beberapa hari terakhir ini saya agak kurang nyaman bila sedang ngeblog atau fban. Masalahnya, kedua mata saya terasa sakit begitu membuka laptop. Terasa berdenyut-denyut di bagian mata sebelah atas, persis di bawah alis.
Sudah memakai kacamatapun rasanya masih saja sakit. Seharusnya istirahat dulu dari depan laptop sampai beberapa hari ke depan. Tapi mana tahaaaannn.... Tidak ngeblog dan keluyuran di fb rasanya seperti makan tanpa garam. Nggak lengkap gitu (pertanda kecanduan internet !!).

Hari ini saya iseng bikin cemilan yang digoreng. Sus Goreng Wortel. Biasanya kue sus kan dioven, yang ini digoreng aja ah biar gampang dan nggak ribet pake piping bag dan spuit. Cukup menggunakan 2 buah sendok makan untuk membentuk adonan kemudian masukkan ke dalam minyak panas. Goreng deh sampai matang. Hasilnya, Alhamdulillah enak. Dimakan sambil dicocolin ke saus tomat atau sambal botol, hmmm...nikmat bener...




Bahan :
250 ml kaldu ayam
50 gr margarin/mentega
1/2 sdt merica bubuk
100 gr tepung terigu
2 butir telur ayam
1/2 sdt baking powder
100 gr daging ayam rebus, cincang halus
75 gr wortel, direbus, potong dadu kecil
50 gr keju parut

Cara membuat :
1. Rebus kaldu ayam, margarin dan merica sampai mendidih dan margarin jadi larut. Kecilkan api, masukkan terigu, aduk menggunakan sendok kayu sampai rata dan kalis (tidak lengket di panci). Pastikan tidak ada butiran terigu yang terlihat ya. Jadi harus diaduk sampai benar-benar rata dan agak mengkilat/bening. Adonan akan menggumpal. Matikan api, biarkan dingin.
2. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk sampai rata dan tidak bergumpal-gumpal. Beri baking powder, aduk rata.
3. Masukkan daging ayam, wortel dan keju parut, aduk sampai rata.
4. Panaskan minyak yang cukup banyak di atas wajan. Dengan menggunakan 2 buah sendok makan, bentuk adonan menjadi bulatan. Goreng dalam minyak menggunakan api sedang cenderung kecil. Jangan menggunakan api besar ya, karena adonan akan mentah di dalam. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.  Sajikan bersama saus tomat, saus cabe atau mayonaise.








Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

kerennnnn banget ftnya jenkkkkk....
aku baru tau sus bisa di goreng...
kapan2 mau nyoba ah... ^_^

hehe...saya jadi malu mbak Mimie...

ayo dong dicoba mbak. Lumayan buat cemilan. Gorengan gitu loh...
siapa yang nolak ? hehe...

segera praktek ya mb Erika. Good luck...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon