TAHU TUMIS BROKOLI

Assalamualaykum



Setelah kemarin masak yang berkuah, kali ini saya masak yang mudah dan cepat aja. Tumis sayur. Ya. Masak yang ditumis memang mudah dan cepat. Tapi sempat bingung mau masak yang tidak pake daging, karena beberapa hari ini makan daging melulu.
Akhirnya buka-buka koleksi buku masakan. ketemu deh resep yang diinginkan.Ketika liat resepnya, bahannya memakai tahu sutera. Waduh saya nggak punya nih. Akhirnya pake aja tahu putih yang ada di kulkas. Resep ini saya contek dari buku Hidangan Ca Dan Tumis karangan Nursaadah. Resep asli berjudul Tahu Sutera Tumis brokoli. Buku ini baru sebulan yang lalu saya beli waktu ada diskon besar di salah satu toko buku di Solo.

Dimakan pake nasi anget kepul-kepul, weleeeehhhh... syedaaappp.....

Bahan :
400 gr tahu sutera rasa udang, potong bulat (saya pake tahu putih biasa)
50 gr tepung maizena
sejumput garam dan merica (tambahan dari saya)
25 gr jamur kuping kering
1 buah cabe merah besar, buang bijinya, iris memanjang
250 gr brokoli, potong per kuntum
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu :
1/2 buah bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, memarkan, cincang kasar(tambahan dari saya)
2 sdt minyak wijen (saya pake kecap ikan/asin)
5 sdt saus bangkok (saya pake saus tomat)
3 sdt saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk (tambahan dari saya)
150 ml air

Cara membuat :
1. Potong-potong tahu berukuran 2x2cm, tebal 1/2 cm. Gulungkan di atas tepung yang telah diberi garam dan merica. Goreng sampai matang,angkat dan tiriskan.
2. Seduh jamur kuping sampai mengembang dan lunak, tiriskan dan iris-iris.
3. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih, beri kecap asin.
Masukkan jamur kuping, cabai iris,saus tomat dan saus tiram, aduk rata.
4. Tambahkan brokoli, gula, garam dan merica. Tuangi air. Masak sampai mendidih. Angkat.
5.  Tata tahu goreng diatas pinggan, panas-panas tuang tumis brokoli diatasnya. Sajikan.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

haduhhhh....tahunya bikin laper buuuu...
kirimin ke dumai donkkk...^_^

makasih sudah meninggakan jejak di dapurku.
template blogku emang kayak gt.kadang bs komen kadang ng bisa,

ng bisa ngotak ngatik...saya gaptek lepel aherat...xixiii

salam dr kota dumai

hihi...jadi laper ya....

Udah lama lho mb Mimie saya ingin komen di Jasmin's Kitchen. tapi selalu mentok di kodenya. Kolom untuk nulis kode nggak keliatan gitu.

Makasih juga tuk kunjungannya ke Dapur Manis ya mbak....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon