Halaman

Kamis, 04 Oktober 2012

TONGKOL MASAK KUNING

Assalamualaykum




Seharusnya sudah sejak tadi pagi saya ngentri resep ini. Tapi sejak jam 10 pagi, jaringan dan servernya eror terus. Baru petang ini saya bisa entri data.
Sebenarnya sudah sejak bulan lalu keduanya ini sering eror, kadang bergantian tapi kadang eror bareng-bareng. Huuffttt... Sempat bikin kesal juga. Pingin ganti provider tapi kemarin baru saya perpanjang paket internetnya untuk sebulan. Sayang kan kalo pindah provider sementara waktu aktifnya masih panjang.

Kali ini saya masak tongkol. Kemarin ada ikan tongkol di tukang sayur. Karena nggak biasa masak ikan, saya nggak tau harus dimasak apa. Biasanya cuma digoreng aja. Tapi oleh tukang sayurnya diusulkan supaya dimasak kuning dan memakai belimbing sayur (belimbing wuluh). Bumbunya sederhana saja kok pake bumbu yang ada di dapur. Kemudian saya tambahi santan supaya gurih. Ternyata, enak sodara-sodara....hehehe... Rasanya gurih sedikit asam dan segar karena pemakaian belimbing wuluh. Dimakan pake nasi anget, Alhamdulillah nikmat banget.

Bahan :
2 ekor (600gr) ikan tongkol segar
1 butir jeruk nipis, peras airnya
2 lbr daun jeruk
sepotong lengkuas, dimemarkan
2 lbr daun salam
1 batang serai, dimemarkan
Garam, gula dan merica bubuk secukupnya
250 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut
4 bh belimbing sayur, potong 2 bagian

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
3 butir kemiri

Cara membuat :
1. Potong-potong ikan tongkol, buang insang dan kepalanya. Cuci bersih. Perasi air jeruk nipis dan sedikit garam. Biarkan 15 menit. Cuci kembali sampai bersih.
2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis daun jeruk, daun salam dan serai sampai wangi. Masukkan bumbu halus, menyusul lengkuas. Aduk sampai bumbu sedikit mengering. Tuangi santan, bumbui garam, gula dan merica. Biarkan mendidih.
3. Masukkan ikan tongkol, masak sampai matang. Cek rasanya. Bila sudah sesuai selera matikan api. Terakhir masukkan belimbing sayur. Angkat, sajikan.





6 komentar:

  1. waahhh..aku juga sering masak ini, aku nyebutnya sop ikan, biasanya pake ikan kakap..segeerrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooohh...sop ikan ? aku asal kasih nama aja sesuai usul tukang sayur, hihi...

      kapan-kapan pingin nyoba pake kakap deh...

      makasih ya tuk info dan kunjungannya....

      Hapus
  2. As'salam Rina

    k.ct emang suka sama ikan tongkol. dimasak apa juga suka hanya k.ct sama suami aje yang gemar makan ikan. anak2 asik ayam aje ..

    BalasHapus
  3. Wa'alaykum salam Kak CT...

    Iya kak, ternyata tongkol enak juga dimasak berkuah gitu, hihi...

    sepertinya saya akan ketagihan makan tongkol begini, hihi,,,

    BalasHapus
  4. wah,,ijin nyontek resepnya ya mbak ^_^ kayaknya mantap nih masakanya,,hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan, semoga resepnya berkenan ya....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.