Laman

Kamis, 29 September 2016

Bihun Goreng Pedas Daging Sapi

Assalamu'alaykum


Kangen deh makan bihun goreng. Mumpung di freezer ada daging sapi, masukin aja sekalian ke dalamnya.
Bihunnya sengaja dipedesin biar tambah napsu makannya hihi....Resep ini saya beri rawit merah biar rada nonjok pedesnya. Tapi diiris bukan diuleg yah. Kagak berani nguleg karena takut terlalu pedas dan nggak ada yang makan. Tips sedikit ketika mengolah bihun goreng adalah, jangan pelit bumbu ! Beda dengan mie, takaran bumbu untuk bihun sedikit lebih banyak daripada mie. Baik bawang merah, putih, ebi gula dan garamnya. Menurut saya, bihun lebih menyerap bumbu daripada mie. Oleh karena itu ketika mencampur bihun rebus dengan gula dan garam, pertajam rasanya ! Jangan sampai lidah tertipu. Ketika belum dimasak sudah enak rasanya, begitu dimasak kok hambar ??? Pernah kayak gitu nggak, hehe.... Oleh karena itu banyakilah bumbunya supaya sedap di lidah.  Jika sudah terbiasa mengolah bihun akan bisa merasakan perbedaan cara membumbui bihun dan mie.

Bahan :
160 gr bihun jagung kering
4 sdm kecap manis
1,5 sdm saus tiram
2 sdt kecap asin
200 gr daging sapi
5 butir bawang merah, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
10 bh cabai merah keriting, iris serong tipis
8 bh cabai rawit merah, iris serong tipis
2 butir telur, dibuat orak arik
5 batang sawi, potong 2 cm
100 gr kol/kubis, potong kasar
1-2 sdt garam
1-2 sdm gula pasir

Bumbu tumbuk :
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sdm ebi, rendam air panas, tiriskan

Cara membuat :
1. Rebus daging sapi sampai empuk. Angkat dari airnya kemudian potong dadu. Ambil air kaldunya 100 ml. Sisihkan
2. Rebus bihun jagung sampai matang. Angkat dan rendam-tiris dalam air dingin 2-3 kali sampai dingin. Tiriskan bihun. Tuangi dengan 2 sdm kecap manis, 1 sdt garam dan 1 sdm gula pasir.
3. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah sampai agak kering. Masukkan daun bawang, semua cabai dan bumbu tumbuk, kecap asin dan saus tiram,  tumis sampai matang.
4. Tambahkan air kaldu dan daging sapi. Masukkan sisa kecap manis, garam dan gula. Didihkan dan koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk boleh ditambahkan.
5. Masukkan telur orak arik, sawi dan kol, masak sampai layu.
6. Terakhir masukkan bihun berbumbu. Masak sampai airnya kering. Koreksi rasanya kembali secara keseluruhan. Jika terlalu kering boleh ditambah sedikit air. Matikan api dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

فَـكُلُوْا مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللّٰهِ عَلَيْهِ اِنْ كُنْتُمْ بِاٰيٰتِهٖ مُؤْمِنِيْنَ

Maka makanlah dari apa (daging hewan) yang (ketika disembelih) disebut nama Allah, jika kamu beriman kepada ayat-ayat-Nya
[QS. Al-An'am: Ayat 118]

4 komentar:

  1. Mba Rina, aku ngiler dengan bihun gorengnya, sudah kebayang pedesnya..endes kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enyak bingit lho bihun pedes gini. Digadoin gak usah pake nasi. Dimakan bareng kerupuk maa syaa allaah ajib bener....

      Hapus
  2. Iniii enaaakkk bgt...aku dh cobain mba rinaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiikkkk....bener kan enak ? Yang penting bumbunya dikuatin biar nonjok di lidah

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.