Laman

Senin, 03 Oktober 2016

Singkong Goreng Presto

Assalamu'alaykum


Ketika belanja di tukang sayur saya ketemu singkong yang masih lumayan banyak di gerobak.
Tanpa pikir panjang langsung beli 2 kg untuk bikin singkong goreng di rumah. Penggemar singkong goreng ini adalah bapaknya anak anak. Tempo hari sudah bikin singkong goreng pake panci presto. Lha kemarin kok minta lagi. Ok deh saya buatin lagi, dan dipresto lagi supaya merekah dan cepet merebusnya. Saya cuma butuh waktu 15 menit untuk merebus singkong sampai merekah. Bumbu juga sederhana, ketumbar, bawang putih dan garam. Setelah digoreng bapaknya anak anak langsung habis 3 potong sekali makan hihi....Kalo anak saya dikasih susu kental manis dan keju parut favoritnya. Percaya nggak, 2 kg singkong ini habis dalam waktu sekejap oleh bapak dan anak. Weleh weleeeeehhh.....Padahal hasilnya buanyak lho.


Bahan :
2 kg singkong/ubi kayu
2 liter air
Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
3 siung bawang putih
1-2 sdm garam

Cara membuat :
1. Kupas singkong kemudian potong potong sepanjang 4-5cm. Cuci bersih.
2. Tata singkong ke dalam pressure cooker. Beri bumbu tumbuk dan tuangi air sampai terendam. Jika airnya kurang, tambahkan. Aduk rata dan koreksi rasanya. Pastikan singkong terendam air ya.
3. Nyalakan api besar sampai panci berdesis. Kecilkan api dan rebus selama 15 menit. Matikan api dan biarkan tekanan uap di panci habis.
4. Buka pressure cooker, angkat singkong dan tiriskan. Goreng sampai kuning kecoklatan.


 

2 komentar:

  1. Enak ya dinikmati sambil ngeteh dan ngobrol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Tian. Paling cocok dibarengi ngeteh sama ngobrol

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.