Laman

Selasa, 04 Oktober 2016

Asem Asem Bandeng (Menggunakan Pressure Cooker)

Assalamu'alaykum


Masak bandeng lagiiii...hihi. Gegara sukses besar (halah) bikin bandeng presto di rumah saya pingin ngolah bandeng.
Kali ini mau dibikin asem asem aja. Resepnya mirip dengan asem asem yang ada di blog ini. Cuma bedanya si bandeng dilumuri kecap manis trus disimpan di kulkas selama semalam. Biar ngeresep gitu. Habis masaknya pake pressure cooker sih. Kalo pressure cooker kan cepet matengnya, jadi bumbu belum meresap benar. Saya merebusnya selama 1 jam supaya emfuk durinya. Bahannya gampil dan sederhana kayak biasa. Yuk cekidot.

Bahan :
1 kg ikan bandeng (isi 2 ekor)
2 butir jeruk nipis
5-6 sdm kecap manis
4 cm lengkuas, memarkan
3 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
3 batang serai, memarkan
1/2-1 sdm garam
1 jempol asam jawa, larutkan dalam 100 ml air panas, saring
1-2 sdm campuran gula merah dan gula pasir
1 liter air
10-15 bh cabe rawit merah, biarkan utuh

Bumbu iris :
10 butir bawang merah
8 siung bawang putih
10 bh cabe merah keriting, iris serong tipis

Cara membuat :
1. Siangi ikan bandeng, buang isi perut dan insangnya. Potong masing masing menjadi 4 bagian. Cuci bersih dan kucuri air jeruk nipis, biarkan 10 menit. Cuci bersih kembali. Tuangi dengan kecap manis, aduk rata dan simpan di kulkas selama semalam.
2. Keesokan hari tata ikan bandeng berkecap di dalam pressure cooker, sisihkan.
3. Panaskan sedikit minyak tumis bumbu iris sampai wangi. Menyusul lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Tuangi air. Beri garam, gula dan air asam jawa. Setelah larut, matikan api.
5. Tuang air berbumbu ini ke dalam  panci berisi ikan. Aduk rata dan pastikan ikan tenggelam dalam air. Jika kurang boleh ditambah airnya. Tutup pressure cooker menggunakan TUTUP PANCI BIASA dan nyalakan api besar sampai mendidih. Matikan apinya. Koreksi rasanya, harus seimbang asin manis gurih. Setelah pas, barulah ditutup menggunakan tutup panci presto hingga rapat. Nyalakan api besar sampai berdesis. Kecilkan api dan lanjutkan  merebus selama 1 jam.
6. Matikan api dan biarkan tekanan panci habis. Buka pressure cooker, masukkan cabe rawit utuh. Tutup kembali dan biarkan cabai jadi lunak. Keluarkan ikan beserta kuahnya, sajikan.

Note :
* Pada step 5, pressure cooker sengaja ditutup menggunakan tutup panci biasa dengan tujuan supaya bisa dicicip terlebih dahulu sebelum bandeng dilunakkan. Jika sudah ditutup rapat menggunakan tutup pressure cooker kita tidak akan bisa mengoreksi rasanya jika sudah mendidih. Karena rasa bumbu sebelum dan sesudah mendidih sangatlah berbeda. Jadi sebelum dipresto, koreksi lebih dahulu rasanya supaya sesuai selera kita.


11 komentar:

  1. Hi...mba Rina, aq dah bikin coconut banana cake nya buat acara pengajian di rumah mertua. Tp versi pake telur...biar lbh enak. Kelapanya aq kurangin dikit biar gk crumbly. Tetap semangat ngeblog ya, mba...postingin resep2 kue lg.
    -Rini @Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay....senengnya kalo udah bikin gitu. In syaa allaah aku posting resep kue lagi. Dulu sih demen banget bikin kue. Hampir tiap hari juga dijabanin hahahaaa....tapi sekarang lagi banyak ngurangin. Soalnya tinggi kalori dan lemak. Hubbyku ada kolesterol dan bini yang baik harus menjaga pola makan suaminya kan, cieeeee...hahahahaaa....

      Hapus
  2. Ngencessss..Bookmark ahhhh..nanti msak inii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, asli enaks mbak. Apalagi tulangnya bisa dikremus. Kucing rumah nggak kebagian wakakakk....

      Hapus
  3. mba Rina, asem2 bandengnya kliatan sangat menggiurkan, aku bookmark resepnya ya, kapan2 tak cobain, tunggu dapet bandeng bagus dulu he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mb monic. Kalo punya pressure cooker puas deh masak bandeng gini

      Hapus
  4. Sukaaaaaaaaa...aku udh cobain..wueenaaakk...mba aku follow ig nya yaak...makasiihhh*peyuuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaaa....seneng aku baca reviewnya. Peyuk jugaaa....

      Hapus
    2. Eh makasih tuk follow IG ku

      Hapus
  5. Belum pernah makan bandeng dibeginikan. Penasaran rasanya. Makasi resepnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mb selma. Dinikmati bareng nasi anget sambel terasi plus kerupuk, maa syaa allaah uenak poll, hihi..

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.