Laman

Minggu, 13 Oktober 2013

Sawut Singkong

Assalamualaykum


Di pagi hari yang agak dingin setelah semalam diguyur hujan sungguh nikmat rasanya sarapan dengan makanan tradisional.
Saya pilih sawut singkong untuk mengganjal perut yang udah keruyukan. Lama banget nggak makan sawut. Salah satu jajan pasar yang saya sukai kalo keluyuran ke pasar. Bahannya juga mudah dan sederhana. Hanya singkong, gula merah, dan garam. Supaya tampil beda sawut saya cetak menggunakan cetakan putu ayu. Hasilnya ternyata lebih rapi dan cantik, hehe....

Bahan :
350 gr singkong diparut kasar (gunakan parut yang berlubang besar ya)
75 gr gula merah, disisir halus
1/4 sdt garam
2 lbr daun pandan, simpulkan

Taburan :
1/4 butir kelapa agak muda, diparut
sejumput garam
*campur kelapa parut dan garam, kukus 15 menit.

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah campur singkong parut, gula merah dan garam, aduk rata. Jika suka rasa manis yang sedikit tajam bisa ditambah 1/2-1 sdm gula pasir.
2. Ambil cetakan putu ayu, olesi minyak goreng. Masukkan adonan singkong sambil dipadatkan.
3. Panaskan air dan daun pandan dalam kukusan sampai mendidih. Kukus singkong selama 15-20 menit. Angkat, selagi hangat keluarkan dari cetakan dan sajikan dengan kelapa parut.


10 komentar:

  1. kalo deket, tiap hari bakal mampir ke rumah Mbak Rina nih ....banyak cemilan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi....emang iya buat iseng aja. Kalo kita tetanggaan pasti dikirim deh um....

      Hapus
  2. waktu kecil dulu sering makanin, tapi baru tau kalo namanya sawut... hehehehe...
    ini gak dicampurin tepung kanji ya mba? kok bisa padat gitu?
    fotonya makin beniiiiiing... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin mb lina. Enak lho. Apalagi kalo dah lama nggak makan lagi. Rasanya enak banget.
      Itu nggak usah pake tepung kanji karena singkongnya sendiri udah mengandung kanji. Begitu dikukus langsung lengket dan padat.
      Masak bening sih, hihi.....makacih ya,, *malu*

      Hapus
  3. jadi ingat jaman sd..jaman susah dulu...ehehh
    krn uang jajannya cm dikit... aku suka beli sawut ini mbak..
    dapat sawwut ukuran gede dan bikin aku kenyang hingga pulang... #curhat.... ^_^
    sejak tamat sd ng pernah lg makan sawut. sekarang malah ng pernah nemu panganan ini.
    lihat sawut mb rina jd kangen suasana masa kecilku....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin mb mimie, buat nostalgia, hehe....
      iya makan ginian langsung bikin kenyang...

      Hapus
  4. gak salah deh suka nongkrong disini. soalnya banyak resep jajan pasar. Ijin contek resep2 nya ya mbk Rina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok silakan mb ridha. met bikin ya...

      Hapus
  5. Cantiknya mbaa... Saya suka bikin sawut tapi ga dibentuk seperti ini. Jadi harus oles minyak dulu biar ga lengket ya? Makasih inspirasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Iya dioles minyak dulu biar nggak lengket. Met bikin ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.