Halaman

Sabtu, 12 Oktober 2013

Pepes Ikan Cuwe dan Kelapa

Assalamualaykum


Permintaan bikin pepes ini sebenarnya sudah lama tapi baru saya eksekusi tadi pagi. Penyebabnya pasti sudah pada tau kenapa ya.
Males marut kelapanya. Beberapa hari yang lalu ketika saya nunggu tukang sayur dan ingin belanja untuk bahan pepes ikan cuwe, saya buka internet dan main ke blognya mb Diah. Kebetulan mb Diah bikin Pepes Ikan Pindang.  Kok ndilalah punya ide sama gitu ya, hihi....kalo mb Diah bikin pepes pake daun kemangi, saya pake daun singkong yang kebetulan sudah nginep di kulkas. Daripada kelamaan, segera diberdayakan saja daun singkongnya.  Setelah matang Alhamdulillah enak...gimana nggak enak wong dah lama banget nggak bikin pepes. Tapi sekarang ada masalah baru. Saya diberi daun pisang yang sangat banyak oleh teman yang rumahnya ada pohon pisangnya. Kelabakan deh punya daun pisang sebanyak itu. Sempat terpikir mau bikin pepes tahu, pepes oncom, nagasari pisang, mendut, trus apalagi ya ? Tapi pinginnya yang ngga ribet dan nggak pake kelapa. Ada yang punya ide ? Ok deh, udah dulu curhatan saya, gak penting gitu hehe....Sekarang kita liat resepnya ya....

Bahan :
7 ekor ikan cuwe/pindang keranjang
75 gr daun singkong yang telah direbus dan diperas
1/2 butir kelapa agak muda, parut memanjang
3 lbr daun salam, potong masing masing jadi 2 bagian
Daun pisang dan lidi penyemat
garam dan gula secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar, buang bijinya
3 bh cabe rawit merah (saya nggak pake)
2 cm kencur
3 butir kemiri

Cara membuat :
1. Cuci bersih ikan cuwe, sisihkan. Iris-iris daun singkong, sisihkan.
2. Campur bumbu halus, kelapa parut dan daun singkong, aduk rata. Beri garam dan gula pasir, cek rasanya. Jika suka boleh diberi kaldu bubuk atau penyedap rasa.
3. Ambil daun pisang beri sepotong daun salam. Letakkan campuran kelapa parut, di atasnya beri 1 ekor ikan cuwe, tutup lagi dengan kelapa parut. Gulung sambil dipadatkan. Semat dengan lidi.
4. Kukus dalam kukusan dengan api sedang selama 30 menit. Angkat dan bakar sebentar diatas api/wajan teflon.


4 komentar:

  1. aduuh...mampir ke blognya Mbak Rina selalu jadi ngileerr....pengen numpang makan...hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja boleh. Apalagi kalo lagi cooking blue tak undang makan di rumah deh, hehe....

      Hapus
  2. Abis nyobain ini mba..bumbu pepesnya manteeb.. Tunggu tayangnya di blog ya, hihihi
    Maturnuwun mba'e resepnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. Kalo dah tayang aku ke TKP yah...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.