Halaman

Jumat, 11 Oktober 2013

Makpan Kapucino

Assalamualaykum


Sudah lama saya bookmark resep ini (klise ya) dan tadi pagi kesampaian deh keinginan saya.
Jika dihitung agak lama juga saya nggak bikin kue mekrok gini. Di rumah pada seneng kue dengan penampilan bak bunga merekah. Cantik gitu. Apapun jenis kue mekrok yang saya bikin selalu habis. Alhamdulillah. Resepnya saya ambil dari sini. Bahan pengembang yang digunakan hanya ragi instant aja. Tapi saya iseng, ketika ngukus tahap kedua, adonan saya beri baking powder. Hasilnya kue lebih mekar sampai seperti akan tumpah. Ngakak lebar tu kue. Seneng deh liat hasilnya. Proses pembuatan juga saya modif sedikit dengan tujuan irit cucian, hihi....Iya lah wong bikinnya subuh tadi sementara pekerjaan lain masih nunggu, diakalin deh supaya cepat dan praktis. Karena hasilnya menggembirakan kapan-kapan bikin lagi ah. Preambulnya udah ya, saya mau masak duyu....

Bahan :
150 ml susu cair
50 gr coklat blok putih, cincang/serut kecil (saya serut pake parutan keju)
1 bks (20 gr) capucino bubuk
150 gr tepung terigu (saya pake protein sedang)
1 sdt munjung ragi instant
50 gr gula pasir
1/2 sdt baking powder (tambahan dari saya)

Cara membuat :
1. Dalam sebuah panci panaskan susu cair, kemudian masukkan coklat blok putih, aduk sampai larut. Masukkan kapucino bubuk, aduk juga sampai rata dan larut. Angkat dan biarkan hangat.
2. Dalam wadah lain campur terigu, ragi instant dan gula pasir, aduk rata. Tuangi larutan kapucino hangat (hangat lho jangan panas, ntar raginya mati) sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata. Adonan yang terbentuk kental ya.
3. Tutup adonan dan letakkan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang.
4. Siapkan cetakan kue mangkok (cucing) biarkan kering tanpa dioles minyak atau apapun. Panaskan kukusan sampai beruap banyak.
5. Aduk adonan sampai buihnya hilang. Masukkan baking powder, aduk rata.
6. Tuang kedalam cetakan sampai penuh kemudian dikukus selama 20 menit , dengan menggunakan api besar. Angkat dan biarkan hangat. Lepaskan kue dari cetakan dengan hati-hati.

Note :
1. pastikan ragi yang digunakan masih aktif supaya kue bisa mengembang. Begitu juga dengan baking powdernyaa.
2. Cetakan tidak perlu dioles minyak supaya bisa mekar. Bisa juga menggunakan cetakan bolu kukus yang dialas cup kertas.
3. Adonan yang antri jangan diletakkan di tempat hangat/dekat kompor supaya tidak over fermentasi yang menyebabkan kue mingkem/tidak merekah.
4. Tuang adonan sesaat sebelum dikukus. Jangan biarkan adonan antri di dalam cetakan supaya tidak berbuih/over fermentasi. Jika over fermentasi bisa mingkem ya.

18 komentar:

  1. Balasan
    1. ayo ke sini kue makpannymasih ada nih...

      Hapus
  2. selalu iri sm kue sep ini mb...
    aku kalau buat gundul terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin terus mb mimie jangan menyerah. Taklukkan kue yang suka belagu itu ! kue mekrok kayak gini emang kadang susah kalo disuruh bertekuk lutut. Kalo diitung aku juga lama lho naklukin kue mekrok.

      Hapus
  3. Wah kue mekrok gini specialisasinya mbak rina nich...hrs segera dicoba dan dipraktekkan....Makasih ya mbak resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mb dinie dibuat kue mekroknya. Pasti bisa mekrok deh kalo mb dinie buat....

      Hapus
  4. waah....mekroknya caniik Mbak.....itu pakai cetakan talam Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.....iya itu cetakan kue talam. Itu cetakan favorit kalo bikin kue mangkok. Tapi belum pernah bikin kue talam pake cetakan itu.

      Hapus
  5. Aq udh buat mba... Tp jadinya dikit bgd cm 8 buah. Trus yg mekar cm 7, ƍäª tau deh knp. Ni kue rasanya spt apa mba???
    Maklum cm dikit jd qw ƍäª sempet nyicip udh d serbu sm pasukkan d rmh. Tp kt mrk enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jadinya cuma 8 bh berarti pake cetakan ukuran 50 ml. Kalo pic di atas pake ukuran 25-30 ml, jadinya 12-13 bh.
      Kalo ada yang nggak mekar mungkin adukannya kurang rata ya. Biasanya baking powdernya susah rata. Coba baking powdernya dilarutin ke dalam 1 sdm air dingin dulu, baru dimasukin ke dalam adonan.

      Hapus
    2. Qw ƍäª perhatikan ukuran cetakan mba yg Ãϑă aja qw pake, nnt deh laen kali d cb lagi. Tp itu aja udh seneng mba coz yg ƍäª mao ktawa cm 1 doank.

      Hapus
    3. sip mega, kalo dah bikin lagi laporan ya ^-^
      o ya kalo rasanya, mungkin yang dimaksud teksturnya kali ya ? Kue ini sedikit padat seperti umumnya kue mangkok. Jangan samakan dengan bolu kukus mekar. Kalo bolkus mekar bisa spongy dan ringan. Karena makpan ini metodenya cuma aduk doang tanpa dikocok, bisa dibayangin seperti apa kue ini. Kan Mega bakul kue gitu, hehe....

      Hapus
  6. Kbayang mba kmaren wkt ngelepasin dr cetakkan ky kenyalx gitu. Eh Ŷâα̍̍̊ mba 1 biji kmaren Ãϑă yg nyangkut d cetakkkan mungkin krn qw lm ngelepasnya kali Ŷâα̍̍̊??
    Ihhh jgn sebut aq bakul kue mba jd malu Ђέђέђέ«{^⌣^}»ђέђέђέ aq cm iseng mba klo Ãϑă yg order n qw bisa Ŷâα̍̍̊ qw buatin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah merendah nih judulnya, hehe...
      kalo lengket, kayaknya iya kelamaan di dalam cetakan. Aku juga gitu ada yang dilepas setelah dingin, bagian bawah kue gempil deh. Sebagian lengket di dalam cetakan, nggak mulus gitu.

      Hapus
  7. Salam kenal mbak, sy pengen buat kue mangkok ini tapi saya gak punya cappucino kira2 bisa diganti apa ya mbak? Pake coklat bubuk bolehkah mbak atau kalau mau bikin warna putih gmn mbak? Makasih ya mbak atas jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau pake coklat bubuk boleh kok. kalo mau pake coklat bubuk, coklat putih-nya diganti pake DCC (Dark Cooking Chocolate) biar tambah nyoklut rasanya. Jika ingin warna putih, hilangkan cappucinonya. Jadi susu dan coklat putih saja yang direbus, ok...

      Hapus
  8. Mba Rina.. Ragi instannya lagi abis, nih... Baking powdernya bisa nutupin takaran ragi ga..? Aku masih punya baking powder yang double acting, nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah bikin tanpa ragi tuh. Dicoba aja pake BP double acting tapi takarannya 2x lipat untuk mengganti ragi instan. Sukses ato gagal, laporan yah

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.