Laman

Kamis, 17 Oktober 2013

Brownies Kukus Ketan Coklat Pandan

Assalamualaykum


Lama nggak update bikin kue ya. Memang sih saya membatasi diri nggak bikin kue-kuean setelah tarif listrik melonjak dan bikin saya kaget.
Sempat melonjak hampir 40%. Setelah dicari penyebabnya ternyata memang Tarif Dasar Listrik untuk tahun 2013 naik. Dan kenaikannya sampai 4 kali lho. Lumayan kan, hehe.... Bulan Oktober ini adalah kenaikan yang terakhir.  Katanya. Semoga saja begitu ya. Tapi kalo nggak bikin kue rasanya kangen gitu. Apalagi di rumah juga udah pingin makan kue homemade.

Akhirnya tadi pagi saya bikin juga buat mengurangi stok bahan kue di rumah. Dan resep yang dieksekusi adalah Brownies Kukus Coklat Pandan. Jika biasanya tepung yang dipakai adalah tepung terigu, saya pake tepung ketan putih. Tanpa bahan pengembang sama sekali. Di antara lapisannya saya beri coklat meises dan keju parut biar agak beda. Ada rasa manis gurih yang nyelip didalamnya.

Karena nggak pake bahan pengembang, seperti biasa kuncinya ada pada pengocokan telur yang sampai mengembang dan berjejak. Setelah tepung dan coklat lelehnya masuk, diaduk menggunakan teknik aduk balik/aduk lipat sampai rata, supaya udara yang sudah terperangkap tidak keluar lagi yang bisa menyebabkan kue jadi bantat. Hasilnya spongy dan legit khas tepung ketan, tapi sedikit agak manis bagi saya yang memang tidak suka manis. Penggunaan gula harus dikurangi deh jika bikin lagi.

Brownies Kukus Ketan Coklat Pandan
Adaptasi dari : Brownies Kukus ketan

Bahan :
50 gr White Cooking Coklat (WCC)
50 ml minyak goreng
2 sdm susu kental manis putih
3 butir telur
75 gula pasir
1/4 sdt garam halus
75 gr tepung ketan putih
1 sdt pasta coklat
1 sdt pasta pandan

Taburan :
25 gr keju cheddar, diparut
25 gr coklat meises/coklat beras

Cara membuat :
1. Lelehkan WCC dengan cara ditim. Setelah meleleh masukkan minyak goreng dan susu kental manis. Sisihkan.
2. Siapkan loyang bulat ukuran 18 cm, alasi kertas roti olesi minyak goreng. Panaskan kukusan dengan api kecil..
3. Kocok telur, gula pasir dan garam sampai kental, putih dan berjejak selama 15 menit. Gunakan mixer speed tinggi.
4. Masukkan tepung ketan dengan cara diayak ( dalam 2 tahap ) aduk balik/aduk lipat menggunakan spatula sampai rata.
5. Masukkan campuran WCC leleh, aduk lipat sampai rata. Adonan dibagi 2. Satu bagian diberi pasta coklat dan satu bagian diberi pasta pandan.
6. Tuangkan adonan coklat ke dalam loyang, hentakkan loyang diatas meja untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalamnya. Ini untuk menghindarkan hasil kue yang berlubang di dalamnya. Kukus menggunakan api sedang selama 10 menit.
7. Keluarkan loyang dari kukusan, taburi keju parut dan coklat beras sampai rata. Masukkan adonan hijau. Hentakkan kembali loyangnya. Kukus selama 25 menit. Jangan lupa tutup dandang dialasi serbet.
8. Keluarkan kue dari dandang, balik di atas rak dan dinginkan. Potong-potong dan sajikan.


4 komentar:

  1. kalau di tambahin coklat bubuk bagian bawahnya mungkin lbh nendang mbak...
    udah lama ng buat brokus dr tpng ketan...
    sampe tepung yg aku beli keras kayak batu.... eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih pake coklat bubuk, tapi tadi ogah bikin pasta coklatnya, biar irit cucian, hihi....
      yaelah, itu tepung sampai jadi batu, sayang dong....Biar nggak jadi batu dibuat onde-onde aja. Kan tepung ketannya banyak tuh....

      Hapus
  2. tjanteeeqq.... kain batiknya ngikutan ijo ni yeee......
    menambah segar mata memandang.... hahayy... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mb Lina biar ijo semua...
      aku juga seneng tuh warna ijo kuenya, bisa seger gitu ya, hehe...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.