Laman

Jumat, 18 Oktober 2013

Carang Gesing

Assalamualaykum


Kemarin di kasih hadiah pisang uli 3 sisir. Udah matang semua lagi. Sebagian sudah dimakan begitu saja dan sebagian saya olah jadi Carang Gesing biar cepet habis.
Tapi masih tersisa 1 sisir lebih. Entah mau dibikin apalagi tuh pisang. Sekalian mau ngabisin daun pisang sisa bikin pepes ikan cuwe. Tapi daunnya sudah mulai menguning. Biarin deh daripada dibuang, dimanfaatkan saja. Alhamdulillah, biarpun sudah menguning, tetap mengeluarkan aroma wangi ketika dikukus tadi.

Carang gesing adalah snack manis khas dari Jawa. Sering dijual juga sebagai salah satu jenis dari jajanan pasar. Bahan utamanya hanya pisang raja. Jika tidak ada bisa diganti pisang lain, yang penting manis. Setelah pisang dipotong, dituangi santan kemudian dikukus. Sebagai penambah rasa gurih biasanya diberi telur 1-2 butir. Resep di bawah saya tambahi 1 sdm tapioka/kanji/aci supaya melekat lebih kuat. Cukup 1 sdm saja, kalo kebanyakan nanti jadi keras. Sajikan carang gesing ini dalam kondisi dingin. Lebih enak lagi jika sudah masuk kulkas dan disajikan di cuaca yang panas. Lebih nyesss....


Bahan :
20 bh pisang uli/kepok/raja
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdm tapioka/aci/kanji
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1 butir telur
Daun pandan, dipotong potong
Daun pisang dan lidi

Cara membuat :
1. Potong pisang bulat-bulat. Larutkan tapioka dengan sedikit santan, sisihkan.
2. Dalam wadah besar campur sisa santan, gula, garam dan vanili, aduk sampai gula larut. Masukkan larutan tapioka dan telur, aduk rata
3. Ambil daun pisang, letakkan sepotong daun pandan. Beri 2-3 sdm pisang, tuangi dengan 1-2 sendok sayur larutan santan. Bungkus bentuk tum, semat dengan lidi.
4. Kukus selama 30 menit. Angkat dan sajikan dingin.


9 komentar:

  1. merem melek lihat fotonya..... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakulnya.........aku mauuu
      ng nemu di dumai.... #Mupeng

      Hapus
    2. kembang-kempis idungku baca komennya....
      bikin aja sendiri biar puas makan. Ini tergolong jajanan yang standar harganya di atas yang lain. Misalnya kalo nagasari 1000 perak, carang gesing bisa 2-3 kali lipat lho. Apalagi kalo pake pisang raja bisa lebih mahal lagi. Kalo di rumah ada pisang kepok, bikin aja...Nggak amis deh karena telur cuma 1 biji.

      Hapus
  2. favorit Alm. Bapakku ini mba, kalo di Cirebon namanya Botok Roti, hehehe... nama yang aneh, memang lebih pas dimakan saat dingin... manis-manis atis...... hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dibuat mb lina. Ini bener-bener enak, favorit banyak orang.
      Di cirebon ada kosakata atis ya, hihi.....

      Hapus
  3. menggiurkan mba.., mau donk..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh bun, masih ada nih di meja makan, hehe....

      Hapus
  4. cemilan khas indonesia banget ini.....:))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong um. Mana pisangnya udah mateng banget jadinya legit gitu. Ayo um bikin. Pake pisang jenis lain insya Allah juga bisa. Taruh di alumunium foil atau pinggan juga gak papa.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.