Laman

Minggu, 20 Oktober 2013

Nugget Pisang

Assalamualaykum


Seperti yang saya tulis sebelumnya di postingan Carang Gesing, saya ingin menghabiskan sisa pisang uli di dapur yang telah benar benar matang.
Akhirnya saya putuskan bikin nugget pisang. Sudah beberapa kali saya bikin nugget pisang ini. Sore harinya, setelah bikin carang gesing saya mulai bikin adonannya. Rencananya mau saya goreng kemarin, tapi berhubung saya sedikit sibuk (taelah gaya bener) jadi tertunda. Baru tadi pagi nuggetnya saya goreng.

Resep ini saya ambil dari Tabloid Koki yang dimodif sesuai bahan yang ada di rumah. Adonannya mudah saja, kita hanya bikin adonan terigu yang dimasak di atas wajan sampai kental. Setelah dingin barulah pisang dan bahan lain dimasukkan selanjutnya dikukus. Setelah dingin dipotong-potong, dipanir dan digoreng. Bisa ditambah keju, choco chips atau yang lain supaya bervariasi rasanya. Cetakan yang digunakan bentuk persegi, berhubung kukusan saya tidak muat, saya tuang saja di loyang cincin. Hasilnya jadi tinggi. Mudah dipotong lagi, nggak hancur, Alhamdulillah. Tapi jangan terlalu tipis ya motongnya supaya nugget tidak mudah patah.

Bahan :
15-16 bh pisang uli, potong dadu kecil
1 sdm margarin
75 gr tepung terigu
1 sdm gula pasir
300 ml susu cair
2 butir telur

Pelapis :
2 butir telur, kocok lepas
tepung panir/tepung roti secukupnya

Cara membuat :
1. Campurkan terigu dan gula pasir kemudian tuangi susu cair, aduk sampai larut, sisihkan.
2. Panaskan margarin, masukkan larutan terigu aduk sampai kental. Begitu mengental segera matikan api dan dinginkan. Sementara itu panaskan kukusan dan siapkan loyang tulban/cincin diameter 16 cm, yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
3. Setelah dingin masukkan pisang dan telur, aduk rata. Tuangkan ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit. Dinginkan, jika perlu masukkan ke dalam kulkas supaya lebih padat.
4. Keluarkan dari loyang, potong-potong setebal ±1/2 cm. Celupkan ke dalam telur kocok dan gulingkan dalam tepung panir. Diamkan selama minimal 30 menit supaya lebih melekat.
5. Goreng dalam minyak yang banyak sampai kuning kecoklatan.

Hasil :  ± 24 buah

Note : ketika memotong nugget yang telah dikukus jangan terlalu tipis supaya nugget tidak mudah patah.

24 komentar:

  1. waaaahhh.....kreatif banget mb rina...
    br ini tau nugget pisang mb... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ealah ini juga liat di tabloid hihi....
      kalo pisang kepoknya berbuah cobain deh, enak lho dibuat nugget gini...

      Hapus
  2. blm pernah mbikin.....kayaknya enak ya Mbak....kriuk diluar, manis dan lembut dalamnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak um, di rumah pada doyan nih, lumayan buat cemilan variatif di rumah...

      Hapus
  3. hihihihihi mau nyontek ah,,,,,di rumah ada pisang AGUNG namanya mbak,khas Lumajang ( kotaku ) manis juga pisangnya,,,,,pasti suka niy anak-anak dan suamiku,,,,,ijin nyontek ya mbak,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah liat pisang Agung nih mb Vero. Jadi kagum deh dengan berbagai jenis pisang yang ada di Tanah Air (penggemar pisang gitu). Ayo dibikin tuh nuggetnya, ntar diposting ya...

      Hapus
  4. Kira2 nuget pisang ini sblm digoreng bs disimpan dikulkas dlm jangka waktu lama ƍα' ya mba? Pengen bikin tp dirumah cm aku aja yg doyan pisang.. Sblmnya makasih ya mba utk resep2nya yg udah ϐäπγάќ jg aku cobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jangka waktu lama saya belum pernah nyoba. Kalo cuma semalam bisa sih. Maksudnya dicicil gitu kerjanya. Setelah dipanir disimpan di kulkas, besok pagi baru digoreng. Maaf ya kalo jawaban saya tidak memberi solusi.
      Saya malah seneng lho kalo ada yang mau nyoba resep saya untuk dipraktekkan. Apalagi kalo hasilnya disukai. Berasa tersanjung gitu, hehehe...

      Hapus
  5. Mbak Rina....aku dah bikin ini lagi dikukus,gak Ĵά̲̣̥ԁí bikin pisang agung,pisang agungnya blm mateng mbak,,,,hihihihi karena penasaran liat postingannya mbk,akhirnya beli pisang kepok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadoooo...telat yang jawab, maaf ya. Enak ya nuggetnya. Pake pisang apa aja insya Allah bisa kok nugget ini...

      Hapus
  6. Mbak, tanya dong, klo setelah dikukus, udah didiamkan, terus diinapkan di kulkas semalaman tp pas dikeluarkan dari loyang kok malah berantakan, itu kenapa ya? apakah kurang lama mengukusnya (30')? Seandainya gagal jadi nugget pisang, diapain ya adonan ini, sayang aja kalau sampai harus dibuang hehehe ... saya tunggu sarannya ya mbak, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa ancur ya ? Apakah takarannya sesuai dengan resep di atas ? Tapi kalo udah terlanjur berantakan gitu coba aja bikin adonan tepung kayak pisang goreng, nugget kukusnya dimasukkan, kemudian digoreng dengan disendokin. Semoga saja bisa terselamatkan nuggetnya. Emang sayang kalo dibuang....

      Hapus
    2. Nah itu yang saya bingung mbak hehehe ... barusan ini saya coba kukus ulang, moga2 tetep bisa deh, tapi klo gak saran mbak akan saya coba, agar tak dibuang adonannya. eman pisang kepoknya hehehe

      Hapus
    3. moga sukses ya.
      Seandainya bikin lagi, coba deh resepnya ditambahi tepung jagung/maizena 2 sdm. Campurkan dengan pisang dadu kemudian dimasukkan dalam adonan terigu yang telah dingin. Tepung jagung berfungsi sebagai pengikat. Moga aja nggak hancur...

      Hapus
    4. Kalau KEJU gimana mbak? sempat kepikiran mau tak kasih keju, tapi takut malah jadi makin lembek?

      Hapus
    5. pake keju cheddar yang dipotong dadu, dimasukkan bareng pisangnya ya. Kalo keju cheddar insya Allah nggak berubah bentuk, tetap aja keras meski dikukus.

      Hapus
  7. Assalamualaikum wr wb ...
    Mbak Rina ... aku sudah cobain resepnya, tapi tepungnya aku kombinasi dengan maizena mbak, bener2 leker mbak. aku sekeluarga suka semua.
    Makasih banyak shere resepnya ya mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaykumsalam mb Rita
      Waaahhh seneng nih dengarnya. Kalo pake maizena nggak gampang hancur ya, lebih kokoh gitu. Alhamdulillah kalo sekeluarga suka semua. Selamat deh....

      Hapus
  8. Mba Rin اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ ,♏ªu eksekusi nugget ini ada pisang uli soale,lihat resep lain kok pakai santan,resep mba aja yang simple,♥ ♏ªτůя:);)ΠůώůΠ♥ mba resep mba sukses enak aku buat n temen2 juga pada sukses buat donat tanpa telurnya,biasane pd gagal buat donat, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sip. Maaf ya WA belum dibales. Lagi nggak enak badan, jadi hape digeletakin begitu aja. Kepala kliyengan berat ini...

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. شَفَاك اَللّهُ لا بَأْسَ طَهُور إِنْ شَاءَ اللّهُ mba Rin,aku juga Minggu2 kemarin ya,S̤̥̈̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥㎜ªªªηGªªtt !!! (งˆ▽ˆ)ง sehat ya,biar bisa berkreasi lagi peyuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tuk doanya *peyuk jugaaaa*

      Hapus
  11. Dimakassar.udah menjamur tuch bahkan udah menjadi jajanan khas daerah

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.