Laman

Senin, 21 Oktober 2013

Orak-Arik Sayur

Assalamualaykum


Masakan alternatif supaya nggak eneg karena masih bau daging salah satunya adalah ini, orak arik sayur.
Resep yang mudah dan murah dibuat karena hanya berisi kol/kubis, wortel, jagung manis dan daun bawang. Karena di kulkas masih ada pokcoy 1 bonggol saya masukin aja sekalian daripada layu. Kadang kalo ada stok bakso atau sosis saya cemplungin juga setelah dipotong dadu. Dan tadi saya makan pake orak-arik sayur ini beserta nasi anget dan kerupuk. Alhamdulillah enak banget. Sering juga makanan ini saya gado begitu saja tanpa nasi. Perasaan lebih enak deh karena bumbunya lebih berasa. Dan nggak terasa ludes sampe 1 piring tuh. Ini mah makan namanya, hehe....

Selain dimakan dengan nasi, bisa juga buat isian risol. Risol tanpa ayam atau daging alias risol sayur. Yang penting harus berbumbu kuat ya karena biasanya kulit risol anyep/hambar. Jika bikin orak-arik saya jadi ingat dengan alm ibu, karena dulu sering banget bikin risol isi sayur begini. Saya yang bikin kulitnya dan ibu yang bikin isinya. Jadi sejak jaman sekolah saya sudah biasa bikin orak-arik ini.

Ada kenangan yang tak terlupakan dengan orak-arik ini. Dulu waktu kuliah saya pernah sharing resep ini kepada teman yang kebetulan kost (biasa, anak kost kan cari resep yang murmer). Dan teman saya sampai kagum kepada saya karena saya dianggap pinter masak, hahaha.....lha wong cuma orak-arik ginian kok dianggap pinter masak ya. Resep inipun dia praktekan di rumahnya ketika sedang libur kuliah. Dan dapat pujian juga dari anggota keluarganya. Katanya hasil masakannya ludes, Alhamdulillah. Selain orak-arik, dia juga saya beri resep capcay ding. Itupun selang berapa tahun setelah dia saya beri resep ini.

Cara buatnya juga simpel banget. Bumbu dan sayurnya hanya diiris tipis-tipis saja. Setelah bumbu ditumis masukin aja semua bahan. Kemudian diberi garam, merica dan gula, masukin telur dan dimasak sampai matang. Udah deh orak-arik siap disajikan.

Bahan :
5 butir bawang merah
2 siung  bawang putih, cincang halus
1 sdt kecap ikan/asin
2 bh wortel, potong/serut bentuk korek api
8 lbr kol/kubis, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1 bonggol pokcoy/bokcoy iris tipis
1 tongkol jagung manis, sisir/pipil bijinya
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur ayam

Cara membuat :
1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, beri kecap ikan.
2. Masukkan wortel dan masak sampai matang. Jika perlu beri 2-3 sdm air supaya cepat empuk.
3. Menyusul kol dan daun bawang, beri garam, gula dan merica, aduk sampai rata.  Cek rasanya. Masukkan jagung manis.
4. Buat lubang di tengah sayur, masukkan telur dan aduk sampai rata. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan.

12 komentar:

  1. Mba Rina, lha koq sehati... kemarin aku juga masak mirip orak-arik seperti ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...masakan super duper gampang ya bun dan nggak mboseni...

      Hapus
    2. betul mba, jadi jurus paling jitu kalau udah kehabisan ide :D

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. waah...anak2 saya jg suka orak arik sayur, Mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur deh kalo anak-anak mau orak arik sayur. Nggak bikin repot umminya nih kalo makannya gampang hehe....

      Hapus
  3. benar tuh mba, enak untuk digado... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih endang ya rasanya, hihi...itung-itung sambil dietlah...

      Hapus
  4. aku juga sukaaaaaaaaaaa........ ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ayo dibuat. Buat cemilan sambil internetan. Digado maksudnyaaaa....

      Hapus
  5. ana bikin juga ini mbk rina,,cuma syurny buncis ma wortel aja,,,,,,,merica diskip,,,,,,segerrr,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa pake buncis sama wortel aja. Yang penting bumbunya kuat biar enak. Biarpun minimalis, buat makan dengan nasi tetep aja nikmat.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.