Laman

Senin, 02 Desember 2013

Cilok Isi Sosis

Assalamualaykum


Hari Sabtu yang lalu kebetulan anak saya libur karena di sekolah ada kegiatan khusus, sehingga sebagian besar muridnya diliburkan.
Karena belum ada cemilan saya ingin bikin cilok buat ganjal perut yang selalu nagih diisi karena kedinginan. Seneng deh karena saya bakalan ada asisten buat bikin cemilan. Saya yang bikin adonan dan merebus ciloknya sementara dia yang bikin bulet-buletnya. Cilok ini saya beri isian sosis biar enak. Selain itu supaya yang bikin juga semangat ngebentuk ciloknya. Sama seperti cilok yang saya buat dulu hanya dalamnya diisi potongan sosis. Tapi tidak semuanya terisi sosis karena habis. Sisa adonan kosongan aja. Dimakan hangat-hangat, hmmm...enaknya....

Cilok Isi Sosis
Sumber : Cilok-DapurManis

Bahan :
150 gr aci/tapioka/kanji
150 gr tepung terigu
3 siung bawang putih, haluskan (biar praktis saya parut aja pake parutan keju)
1 batang daun bawang, iris halus
250-300 ml air kaldu
1/2 sdt garam
Tepung terigu untuk cadangan
3 bh sosis ayam/sapi, potong menjadi 30 bagian

Bumbu kacang :
200 gr kacang tanah goreng/sangrai/panggang, haluskan
5 siung bawang putih, goreng
5 buah cabe merah besar, goreng
5 buah cabe keriting, goreng
1/2 sdt garam
2 sdt gula pasir
250 ml air

Pelengkap :
Saus tomat/sambal
Kecap manis

Cara membuat :
1. Bumbu kacang : haluskan bawang putih goreng, cabe goreng dan garam. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan air, menyusul kacang halus. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Biarkan mendidih dan cek rasanya. Masak sampai bumbu mengental (tingkat kekentalan sesuai selera ya) dan keluar minyaknya. Angkat dan dinginkan.
2. Cilok : campur aci, terigu, bawang putih dan daun bawang dalam wadah besar, aduk rata dan sisihkan.
3. Rebus air kaldu dan garam sampai mendidih. tuang kedalam campuran aci tadi sambil diaduk menggunakan sendok kayu, sedikit demi sedikit sampai bisa dipulung. Air jangan dituang semua. Lihat dulu kondisi tepung, jika dirasa sudah cukup, hentikan penggunaan airnya. Biarkan jadi hangat. Dengan menggunakan tangan, uleni sampai rata dan kalis. Jika terlalu lembek tambahkan terigu sedikit demi sedikit sampai bisa dipulung. Bentuk bulat, pipihkan dan isi dengan sepotong sosis, bulatkan kembali.
4. Panaskan air dalam panci sampai mendidih. Rebus bulatan tadi sampai mengapung. Setelah mengapung lanjutkan merebus selama 10-15 menit supaya matang sampai ke dalam. Angkat dan tiriskan.
5. Sajikan cilok bersama dengan bumbu kacang, saus tomat/sambal dan kecap manis.

Note : air rebusan cilok boleh juga diberi 1-2 sdm minyak goreng untuk mencegah cilok lengket satu sama lain.

10 komentar:

  1. Balasan
    1. mb linaaaa.....apa kabaaaaarrrr ? kemana aja bu gulu ini, kok baru keliatan. Mesti sibuk nih hehe....

      Hapus
    2. iya mba, alhamdulillah baik, kemaren habis diklat guru 10 hari di Kuningan, Cirebon... jadi ya gitulah.... hihi...

      Hapus
    3. ooo...ikut diklat to. Syukur deh kalo sudah selesai. Ayo nguprek di dapur lagiii...

      Hapus
  2. heummm....anget2 pas mantabhlah mbk hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, hehe...murah meriah dan bikin kenyang...

      Hapus
  3. waaahhhh...aku baru kepikiran mau buat cilok lagi mbak....

    BalasHapus
  4. Alina Pramudita14 Juni 2015 14.07

    Terima kasih buat resepnya mbak.. pertama kali bikin cilok, sukses dan enaakkk banget.
    Bakalan jadi cemilan favorite ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip. Met bikin cilok yang banyak ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.