Laman

Selasa, 26 November 2013

Wedang Secang

Assalamualaykum


Setelah kemarin-kemarin diberkahi cuaca yang panas sekarang mulai mendung dan gerimis lagi, Alhamdulillah.
Karena udara mulai dingin, pingin rasanya menikmati sesuatu yang bisa menghangatkan badan. Sebenarnya sudah lama saya menyimpan kulit kayu secang hasil mudik setahun yang lalu. Saya suka dengan warna merah yang dihasilkan kayu secang ini. Setelah buka tabloid akhirnya hari ini saya bikin juga wedang secangnya. Hasilnya enak tuh. Ketika dinikmati hangat-hangat, wangi harum rempah rempah seperti jahe, kayumanis, kapulaga, serai dan cengkeh terasa. Bisa jadi minuman favorit saya nih kalo gini. Selain dinikmati anget bisa juga diberi es batu jika cuaca sedang panas. Jahe yang terkandung didalamnya insya Allah bisa mencegah masuk angin. Sebelum direbus, sebaiknya jahe dibakar dulu untuk menghilangkan bau langunya.

Bahan :
10 gr kulit kayu secang
4 butir kapulaga
3 kuntum cengkih
2 cm kulit kayumanis
75 gr jahe, dibakar, dikupas, memarkan
2 batang serai, memarkan
1200 ml air
gula pasir secukupnya (bisa pake gula batu jika ada)

Cara membuat :
1. Rebus semua bahan sampai mendidih dan berwarna merah. Angkat.
2. Letakkan gula pasir di dalam cangkir/gelas, tuangi wedang panas sambil disaring. Sajikan hangat.

14 komentar:

  1. ini lagi mendung,cocok bangettt buat hujan2 gini...kapan hari saya lihat dimana ya??lupa hehe..bikin teh sereh,bahannya cuma sereh sama gula aja..emang bisa ya mbk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. teh serai /sereh ? Bisa dong Malah bikin wangi itu serainya. Cobain aja bikin teh serai, enak lho.
      Tapi ada beberapa yang kurang suka dengan serai, lebih seneng wangi alami dari teh aja. Alm ibuku dulu malah unik, kalo di rumah ada arisan atau acara, wedang tehnya dicemplungi vanili bubuk biar wangi. Dan itu terjadi sejak aku masih piyik (kecil), sebelum ada teh celup vanilla seperti sekarang ini.

      Hapus
  2. jahe tu apa rina? bisa nangis sy ni..i need a translator...hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...jahe itu ginger ummi. Rasanya pedas. Biasa digunakan dalam bumbu masakan juga.

      Hapus
    2. Jahe itu halia, Ummi
      -ida-

      Hapus
    3. To ida : waaaa...makasih ya atas jawabannya. Iya halia kalo bhs malay, hehe....

      Hapus
  3. Paling sedap diminum anget sama jahe.mak joss.Terakhir minum ini di jogja.di warung makan mbah jingkrak.aaaah jd kangen jogja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dingin emang paling pas minum wedang jahe. Ayo bikin mb Ridha...

      Hapus
  4. musim hujan ginni enak nih mbak...
    spy ng masuk angin... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin wedang jahe mb mimie...

      Hapus
  5. saya pengen mbikin minuman rempah2....tapi masih blm berani, takut ga doyan...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin wedang jahe aja um. Apa wedang ronde lumayan buat anget-anget badan...

      Hapus
  6. Inget secang jd inget wedang uwuh khas jogja. Isinya daun dan rempah kering termasuk secang ini. Tinggal seduh air mendidih dan kasi gula pasir. Diminum anget enak......hehe

    -Hanifah-

    BalasHapus
  7. Yang butuh kayu atau bibit pohon secang bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. @trims Prabowo JOgja

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.