Halaman

Senin, 25 November 2013

Bolu Air Kukus Keju Oreo

Assalamualaykum


Ketika bangun tidur tadi saya melihat di rumah belum ada cemilan untuk hari ini. Setelah melihat stok bahan, saya ingin bikin Bolu Air saja.
Bolu yang tergolong hemat telur, karena cuma pake 1 butir utuh. Dulu pernah bikin ketika awal bergabung dengan grup Dapur Aisyah. Udah lebih dari setahun yang lalu saya membuatnya dan kali ini bolunya saya kukus. Supaya rasanya tidak gitu gitu aja saya beri susu bubuk, keju parut dan oreo cincang. Oreo yang dipake sebagian krimnya saya masukkan sekalian, dan sebagian saya sisihkan. Krim yang dimasukkan nggak ngaruh tuh terhadap rasa dan teksturnya.Mungkin karena sedikit kali ya.

Proses pembuatannya sama seperti sponge cake pada umumnya. Tapi biarpun begitu jangan diremehkan lho pembuatannya. Bisa bantet kalo tidak seksama mengerjakannya. Ketika mengocok telur dan gula cukup sampai pucat saja. Setelah emulsifier dan air masuk, kocok terus menggunakan speed maksimal sampai volume adonan mengembang 2x lipat dan baling baling mixer berjejak. Ketika dicolek adonan akan sulit jatuh. Baru setelah itu bisa dimasukkan tepungnya dan diaduk balik seperti biasa. Jika adonan belum kental dan tepung langsung dimasukkan bisa bantet hasilnya karena buru buru.

Ketika bolu ini dikukus lha kok mekrok, padahal apinya sudah kecil hihi....berarti masih kepanasan. Lama pengukusan juga standar aja sekitar 35-40 menit. Lakukan test tusuk untuk meyakinkan bahwa bolunya sudah matang. Hasilnya, tekstur bolu ini mirip bolu kukus mekar, agak padat gitu. Nggak terlalu seret jika ditelan. Ini karena komposisi tepung dan cairan sama. Rasanya juga tidak terlalu manis. Lumayan buat teman minum teh di sore hari, baca majalah sembari email-emailan dengan mb Mimie, hahaha...halo mb mimie....


Bahan :
1 butir telur
125 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
sejumput garam
1 sdt cake emulsifier (SP/TBM/ovallet)
200 ml air suhu ruang
200 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk
75 gr keju cheddar, diparut
12 keping/6 tangkup oreo, cincang kasar (krimnya sebagian dipake, sebagian disisihkan)

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, alasi kertas roti, olesi minyak goreng/margarin. Panaskan kukusan sampai beruap banyak.
2. Sementara menunggu kukusan panas, dengan menggunakan wadah berdinding tinggi, kocok telur, gula, vanili dan garam sampai pucat dan agak kental. Masukkan cake emulsifier dan kocok dengan speed tinggi sampai kental dan kaku. Turunkan kecepatan mixer.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil dimixer dengan speed rendah sampai rata. Setelah air masuk semua naikkan kecepatan mixer sampai maksimal dan kocok sampai volume adonan mengembang 2x lipat, kental, dan baling baling mixer berjejak. Matikan mixer.
4. Masukkan terigu dan susu bubuk dengan cara diayak, aduk lipat menggunakan spatula sampai rata. Menyusul keju parut dan oreo cincang, aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang dan kukus menggunakan api kecil sampai matang selama 35-40 menit. Lakukan test tusuk.
6. Setelah matang angkat dan balik bolunya kemudian dinginkan. Potong potong dan sajikan.


19 komentar:

  1. heummm...cantik ya mbk,ada bintik2 hitamnya...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, baru ngeh kalo bintik-bintiknya bikin lebih cantik...

      Hapus
  2. haaiiiii...haiiiii #Dadah dadah ala mis universe ...eheheh
    duhhhh...keliatan lembutnyaaaaaa.....
    hmmmm..... nah...aku yang alergi bau telur ini kadang rada takut nyoba cake yg di kukus gini mb..
    tp cm pk 1 telur ya... kapan2 pengen nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha....lebay dah.....
      Ini bolu emang lembyut dan nggak seret. Ketika masih panas kebul kebul bau telurnya sempat kecium dikiiit banget, begitu uapnya hilang udah nggak. Apalagi kalo udah dingin, ilang sama sekali. Pake pasta vanilla kayaknya bisa lebih ampuh buat ngilangin bau telur. Ayo dicobain, enak lho....

      Hapus
  3. mba... aku pernah coba bikin bolu air tapi ko hasilnya bantet ya... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting diperhatikan adalah pengocokan antara telur, gula dan air. Ini mirip dengan bolu kukus. Pokoknya kocok ketiga bahan ini sampai kental dan kaku, baru masukkan tepungnya. Kukusan juga harus sudah panas betul ketika adonan dimasukkan supaya langsung membentuk tekstur dan tidak mengendap.
      Ayo coba lagi, kalo gagal nggak terlalu sakit hati karena telurnya cuma satu biji, hehe...

      Hapus
  4. bolak balik liat bolu air di fb.....saya blm pernah mbikin....mirip cake tepung beras yg pernah saya buat Mbak...tapi ngeprul yg saya buat dulu....cairannya pakai santan........

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga sedikit beremah bolunya. Entah kurang cairan apa gimana ya....

      Hapus
  5. Tadi pagi saya bikin ini mbak rina, plek ketiplek resepnya tp gak merekah gt atasnya kayak di foto. hehe. oiya saya pake cetakan kue yg tengahnya bolong itu lho mbak, jd setengah cetakan aja, jd tgginya separo yg ada di pict ini. salam kenal dr madiun mbak rina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga. Alhamdulillah kalo hasilnya sempurna, mulus nggak pake merekah. Gimana, enak kan, hehe....moga disukai keluarga ya....

      Hapus
    2. iya mbak, alhamdulilah suka. loh mbak kirain malah harus merekah gt, hhhhhuhuhu.. maap pemula :p

      Hapus
  6. Salam kenal mba rina,mw nanya klo airnya diganti susu bisa ga?trus ngocoknya klo pke whisker bisakah?makasih

    -widi-

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja airnya diganti susu atau santan. Nanti hasilnya akan beda dalam hal rasa ya.
      kalo pake whisker, apakah yakin nggak bakalan pegel ? hehehe...ini adonannya kuentel banget setelah masuk emulsifier. Terlalu berat jika menggunakan whisker. Jika tidak kuat ngocoknya bisa berakibat bantat.

      Hapus
  7. Dear dan salam kenal Mbak Rina,

    Saya udah coba bikin bolu air-nya eh kok hasilnya mrepel - bahasa jawa (hancur tengahnya). Itu kenapa ya Mbak???Kalau untuk rasa sich enak, udah pas dan banyak yang suka cuman kok hancur ya Mbak???Mohon masukan, maklum Mbak masih pemula...hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga...
      baru kali ini nemuin bolu air hancur. Beremah aja ketika dpotong atau hancur beneran ? Kalo beremah nggak papa karena bolu air nggak pake lemak (minyak/margarin). Rada bingung dengan istilah hancur ini karena sebelumnya nggak pernah sampai hancur. Atau motongnya terlalu tipis ya sehingga jadi hancur ?

      Hapus
  8. Ndak karena dipotong kok Mbak tp dr loyangnya itu pas ak angkat dari loyangnya itu pas bagian tengahnya masih agak basah dan nempel di loyang jadinya ancur...hiks...hiks...tp utk rasanya sich ok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo begitu solusinya gini :
      1. Alasi daasar loyang dengan kertas roti dan olesi dengan minyak goreng atau margarin agak tebal biar nggak nempel ketika dibalik.
      2. setelah matang, biarkan kue di dalam loyang sekitar 15-20 menit supaya lebih kokoh teksturnya. Setelah itu baru dibalik dan didinginkan. Kue yang panas biasanya masih rapuh karena lembut banget. Jadi hilangkan dulu uapnya ya. Met coba lagi dan moga sukses....

      Hapus
  9. Mba Rinaaaaaa.... Aku bikin yang versi panggang nya nih kue, tetep enak tapi kering gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo dipanggang emang kering dan bikin seret karena nggak pake lemak. Lebih ok kalo dikukus ini biar lembab

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.