Laman

Kamis, 28 November 2013

Chiffon Kopi

Assalamualaykum


Chiffon lagiiii....kangen sama tekstur cake yang satu ini. Lembut, kempus-kempus dan nggak bikin eneg.
Setelah dingin, difoto dan dipotong sambil cemal-cemil. Duh enaknya.... Resepnya sama dengan chiffon yang pernah dibuat dulu. Silakan klik label di sebelah kanan blog ya untuk mengetahui berbagai macam chiffon dan tipsnya...Berani bikin chiffon ? Ayo dijabanin....


Bahan :
3 butir putih telur
1/2 sdt garam halus
75 gr gula halus

75 gr tepung terigu
2 sdm gula halus
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
3 butir kuning telur
1 sdm kopi 3 in 1 larutkan dalam 40 ml air panas
50 ml minyak sayur
1/2 sdt pasta moka

Cara membuat :
1. Siapkan loyang tulban diameter 18cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti. Jangan dioles apapun, biarkan kering. Panaskan oven dengan suhu 160°C.
2. Dalam sebuah mangkok bersih, kocok putih telur dan garam sampai berbuih. Masukkan gula halus dalam 3 tahap sambil dikocok  dengan kecepatan maksimal sampai kaku dan mengkilat (+- 4 menit). Sisihkan.
3. Dalam wadah yang lain campur terigu, gula halus, soda kue dan baking powder, aduk rata. Masukkan kuning telur. Tuangi campuran kopi dan minyak sayur, kocok menggunakan mixer speed rendah, sampai rata dan licin. Masukkan pasta moka, kocok sampai rata.
4. Masukkan putih telur kaku ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit, dalam 3 tahap, aduk balik menggunakan spatula sampai rata. Aduk sampai benar-benar rata. Tuang ke dalam loyang.
5. Panggang dalam oven selama 1 jam. Setelah satu jam naikkan suhu oven menjadi 180°C selama 10-15 menit. Jika permukaan kue disentuh menggunakan ujung jari telah membal, berarti telah matang.
6. Keluarkan kue dari oven dan langsung dibalik dengan disangga botol pada lubangnya. Biarkan sampai betul-betul dingin. Setelah dingin, kikis/sisir bagian pinggir dan tengah kue menggunakan pisau tipis dan tajam. Keluarkan kue dari loyang, potong menggunakan loyang bergerigi dan sajikan.

10 komentar:

  1. heummmm...ada yg empuk2 nih,saya belum pernah buat kue yg pake oven mbk..jadi masih yg kukus2n hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho, bisa bikin ketagihan ini kue karena empuk, lembut dan ringan seperti kapas. Tapi belum tau juga chiffon bisa dikukus apa nggak ya ?

      Hapus
  2. sukses chiffonnya!!! congrates ya rina...sy tumpang minum petang di sini ya..heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh-boleh. Nanti disediakan teh atau kopi susu ya....

      Hapus
  3. waaaahhh..aku jga udh lama ng bikin chiffon mbak....
    jadi mupeng... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo-ayo dibikin chifonnya biar nggak ngiler....

      Hapus
  4. waah...Mbak Rina ini memang master chiffon cake....saya blm pernah mbikin....ga punya loyangnya :D
    oya, loyang chiffon itu bongkar pasang ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah bukan um...ini karena orang rumah ngefans sama chiffon cake, jadi dibuatin aja, hehe...
      Foto di atas itu pake loyang tulban biasa bukan loyang chiffon bongpas. Karena adonannya sedikit, kalo pake loyang bongpas, permukaannya susah kering, jadi agak basah dan lengket kalo dilepas dari loyang.

      Hapus
  5. waw..... penasaran dg aroma dan rasa kopinya deh....
    cake chiffon mah seloyang disikat sendirian aja deh.... gak bakalan kenyang ....
    (maruk)

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.