Laman

Jumat, 29 November 2013

Tempe Gembus Goreng Tepung

Assalamualaykum


Sudah lama nggak makan tempe satu ini. Tempe yang dibuat dari ampas tahu ini tiap hari ada di tukang sayur, tapi saya sering nggak kebagian.
Dan biasanya saya goreng dengan tepung seperti mendoan. Bumbunya standar aja seperti biasanya. Dinikmati hangat beserta cabe rawit hmmm...enak banget. Udahan dulu ya prolognya. Nggak tau kenapa akhir-akhir ini saya nggak bisa nyusun kata-kata di blog. Ide lagi mampet dan buntet. Begitu juga urusan motret, lagi blank gitu...

Bahan :
250 gr tempe gembus, iris kotak tipis
100 ml air untuk rendaman
300 gr terigu
350-400 ml air
2 batang daun bawang, iris halus
minyak goreng yang cukup banyak

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
4 butir kemiri
2 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Setelah bumbu dihaluskan ambil +- 1 sdt dan campur dengan 100 ml air. Masukkan tempe gembus yang telah diiris tipis, rendam selama minimal 15 menit. Sisihkan.
2. Dalam sebuah mangkok yang agak besar, campur sisa bumbu halus dan terigu, tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, sampai kekentalan yang diinginkan. Masukkan daun bawang.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Celupkan tempe ke dalam adonan terigu, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

8 komentar:

  1. ngiler, suka banget dengan tempe gembus ini mbak, cuman sayangnya saya sering nggak kebagian juga kalau ke pasar heee...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...makanan yang sederhana tapi ngangeni ya...

      Hapus
  2. waah...udah lama gamampir kesini.....ketinggalan yg enak2 nih.....mauu tempe gembusnya Mbaaaak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. heh...lama nggak ngolah si gembus, ternyata pada kangen. Cepet banget habisnya...

      Hapus
  3. kalo di jombang,saya nyebutnya tempe menjes mbk hehehe....enak apalgi kl anget2,heummm pake peis pedas,heummm

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah dengar kata menjes ini, tapi nggak tau kalo menjes ternyata gembus, hehe....

      Hapus
  4. nggak pernah nemu tempe gembus mbak... kayaknya di sumatra nggak ada yg jual deh
    penasaran dengan rasanya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. disana nggak ada gembus to ? Kirain seluruh Indonesia ada si gembus ini....Yo wis ganti tempe dele aja, hehe....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.