Halaman

Selasa, 10 Desember 2013

Nasi Goreng Cabe

Assalamualaykum


Sehari dua hari nggak update blog kok kangen ya rasanya. Saya juga percaya, pembaca DapurManis pasti juga nggak sabar ingin melihat resep terbaru saya (mulai deh geernya).
Cuma sudah 2 hari terakhir badan rasanya nggak enak. Bawaannya males aja. Niat sih menggebu-gebu ingin bikin ini dan itu. Mungkin mulai kelelahan kayaknya, ditambah mata kiri terasa nyeri, nyut-nyutan jika terlalu lama di depan kompi. Jika besok-besok saya nggak update resep baru, mohon maaf sebelumnya ya. Saya ingin memberi hak pada badan dan tubuh untuk beristirahat dulu. Kalo terlalu ngoyo, rasanya saya kok sudah bersikap tidak adil, mendzolimi badan sendiri. Jadi kalo tubuh sudah memberi sinyal, sebaiknya istirahat dulu ah. Daripada nanti tepar, malah bikin kacau balau kewajiban yang lain, hehe....semoga saja tidak, aamiin....

Pagi ini saya bikin nasi goreng permintaan bapaknya anak-anak. Biasanya sih saya pake resep yang pernah saya posting di blog ini. Tapi saya yang bosen kalo masak bumbunya itu-itu melulu. Ketika memberi bumbu saya sambil mikir, dikasi apa ya nasi ini. Saya sudah berniat tidak memberi kecap dan saus tiram di dalamnya. Mau jadi pucat nasgornya ya biarin. Biarpun judulnya nasgor cabe, tapi nggak pedas sama sekali karena bijinya saya buang semua. Jika ingin pedas, silakan pake cabe sesuai selera. Dan ketika tengah memasak, saya taburi dengan bumbu kari 1/2 sdt sehingga warnanya jadi agak kuning. Malah cantik deh. Seperti biasa, saya juga memakai stok bakso dan sosis yang ada di kulkas. Trus gimana rasanya ? Alhamdulillah, bapaknya anak-anak bilang enak...

Bahan :
1 butir telur ayam
3 bh bawang merah, iris tipis
2 bh cabe merah besar, buang biji, potong korek api
2 porsi nasi putih
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt bubuk kari
2 bh sosis, potong bulat
4 bh bakso sapi, potong sesuai selera
1 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
2 butirkemiri
1/2 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah, campur nasi, garam, gula, merica dan bubuk kari, aduk rata dan cicip rasanya. Tambahkan kaldu bubuk dan penyedap jika suka. Sisihkan.
2. Panaskan sedikit miyak dan buat telur orak-arik, angkat.
3. Tumis bawang merah sampai layu, masukkan cabe merah dan bumbu halus, masak sampai matang.
4. Masukkan nasi berbumbu,sosis, bakso dan telur orak-arik, aduk sampai rata. Cek rasanya.
5. Terakhir masukkan daun bawang, aduk rata dan angkat dari api. Sajikan.

8 komentar:

  1. weh,pake kemiri ya mbk??hehehe...kapan2 coba ah,saya kalobikin nasgor g pake kemiri soalnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb hana. Kemiri ini yang bikin gurih pada nasi goreng.

      Hapus
  2. waah....yang pedes2 gini memang eksotis Mbak....rasanya nendang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata pake bumbu kari bisa enak juga. Nggak ngira gitu lho. Sebenarnya kalo dipedesin pasti lebih mantep lagi....

      Hapus
  3. Kangeeeennn dong mba....
    Mba mau tanya.. bubuk kari itu yang seperti apa ya... dan belinya dimana???

    Ijin catat resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya ingat isi bumbu kari ini jinten, kunyit dam ketumbar. Lainnya lupa, hehehe...Beli di supermarket kayak carefour mbak. Insya Allah ada mbak.

      Hapus
  4. kayak nasi goreng malaysia mbak...
    aku skrng jg kalau di depan compi lama, mata kok kyk panas gt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya ? Malah nggak tau kalo di Malaysia ada yang mirip ginian.
      Aku juga terbatas ngadep lappy. Fb udah banyak libur. Tapi ngeblog masih menggebu-gebu, hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.