Oseng-Oseng Soun Pedas

Assalamualaykum


Ketika masih di Solo saya sering beli sarapan di perkampungan. Setiap pagi banyak ibu-ibu yang jualan nasi dan lauk pauk di depan rumah masing-masing.
Kebetulan komplek rumah berdekatan dengan perkampungan. Yang dijual di situ selain nasi ada bubur nasi, ketan urap, sambel goreng, tahu terik, pecel, urap/kuluban, aneka gorengan dan tentu saja oseng-oseng soun. Oseng-oseng soun ini salah satu lauk favorit saya. Seperti umumnya masakan tumis, oseng soun ini mengandalkan rasa pedas, manis dan gurih. Yang paling menonjol adalah rasa pedasnya. Cabe yang digunakan adalah cabe keriting ijo. Karena rasa rindu akan oseng soun inilah yang membuat saya akhirnya memutuskan unuk menghadirkannya di meja makan. Oseng soun ini sangatlah sederhana bahnnya, hanya soun, bawang merah dan putih, cabe ijo keriting dan bumbu seperti garam, gula serta merica. Untuk menambah citarasanya saya tambahkan ebi cincang dan saus tiram. Dinikmati bersama dengan nasi hangat, weleeeehhhh....bisa lupa diri deh, hehe....

Penampakan sounnya seperti bihun ya, padahal itu soun loh. Tapi soun disini ukurannya kecil-kecil. Saya sudah berusaha mencari soun yang ukuran besar-besar seperti yang di Solo, tapi belum ketemu. Apa mungkin saya harus impor soun dari Solo ??? Walah nggak kuat ongkirnya deh. Apa kalo perlu jadi distributor soun aja di Ciledug yah, hahaha.....Ini kok malah ngelantur sih. Udah deh, sekarang ceki-ceki resepnya aja ya....

Bahan :
125 gr soun/sohun kering
3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
4 butir bawang merah, iris tipis
5 bh cabe ijo keriting, iris serong tipis (saya pake cabe ijo besar)
2 bh cabe merah besar, iris serong (tambahan dari saya)
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm ebi, rendam air panas, cincang halus

Cara membuat :
1. Rendam soun dalam air hangat sampai lunak, tiriskan. Campur bersama kecap manis, saus tiram, garam, gula dan merica. Cek rasanya, sisihkan.
2. Tumis bawang merah sampai harum, masukkan cabe ijo, cabe merah, bawang putih dan ebi. Aduk sampai cabe jadi layu.
3. Masukkan soun berbumbu, aduk rata. Cek rasanya. Jika suka boleh ditambah kaldu bubuk atau penyedap rasa. Setelah matang angkat dan sajikan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

11 komentar

enyak...enyak...
aku peminat mie2an mbak...
kalau di tempatku soun yg besar itu soun lokal mb.
kalau yg dr malaysia ya halus sep ini mb.
tapi mau besar, atau kecil... soun goreng pasti enak..nggak seret sep miehun ya mbak... ^_^

hihi...ayo bikin biar nggak ngiler. Iya di sini nggak ada soun gede, padahal aku lebih seneng yang gede, perasaan lebih enak daripada yang kecil gini *sugesti doang kali yah*. Kok tau sih kalo soun nggak seret kayak bihun, hihi...

nyodorin piring aah....*kelaperan pagi2 :)

hihi....udah habis dalam hitungan jam um. Nggak disangka orang rumah pada doyan....

toooosss mba rina, ini juga favorit saya banget ^_^
Dulu waktu masih kos di solo, tiap makan di warung pasti nggak lupa mesen oseng-oseng soun ini. Jadi kangen, kapan-kapan coba bikin sendiri ah pake resep mba rina, hehehe.

oiya mba rina, salam kenal yaaaa :) Saya udah lama jadi silent reader dapur manis. Udah beberapa resep yang saya coba. Favorit saya salad mayonaise mba ^_^ Makasih ya mba sudah banyak menginspirasi :)

sama-sama dan salam kenal juga. Kalo pernah tinggal di Solo pasti tau makanan ini ya. Emang bikin kangen sih. Silakan aja dicontek kalo pas kepingin. Makasih lho ya tuk komen dan kunjungannya di blog ini....

paporit dari doeloe sampe sekarang... apalagi buatan ibuku... wuiiiihhh,.... lupa makanan yang lain deh.... hehehe...

iya ya kalo masakan ibu memang tiada duanya mb Lina...

Favorite lauk pas istirahat sekolah dulu.. asik bisa bikin sendiri skrng .. thx infonyaa :)

Bener banget nih sy di solo dan sounnya emang besar2. Biasanya ditambahin kacang panjang ato buncis, tp kl sy masak selalu gagal krn sounnya kelewat lembek, kelamaan direndem kali ya sm nyampur bumbunya di penggorengan, bukan pas ditiriskan
Btw thks resepnya, bisa segera dicoba nih

huwaaa kepengen maem nihhh :3

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon