Laman

Senin, 18 November 2013

Pennylane Brownies

Assalamualaykum


Dari sekian banyak brownies yang pernah saya buat, baru kali inilah saya bikin brownies yang sudah kondang di jagat maya blogger selama bertahun-tahun.
Pemilik resep ini adalah mb Riana Ambarsari. Setelah terganjal beberapa kendala, bisa juga saya mengeksekusinya. Saya bikin kemarin sore dan baru tadi pagi dijepret dan dipotong. Yang pernah bikin pasti tau dong rasanya gimana. Enak dan lembab. Biarpun nggak pake Dark Cooking Coklat tetep aja rasanya nyoklat. Tapi saya masih belum bisa menghasilkan lapisan crust tipis di permukaannya, meski oven sudah dipanaskan dengan suhu tinggi. Dari segi rasa memang enak tapi terlalu manis bagi saya. Namun tetep aja dimakan sampe beberapa potong sambil ngopi. Hmm...enak..



Bahan :
4 butir telur
360 gr gula pasir
210 gr tepung terigu
60 gr coklat bubuk kualitas bagus
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
225 ml minyak goreng
50 gr almond panggang (bisa pake choco chips atau kacang yang lain)

Cara membuat :
1. Siapkan 2 bh loyang brownies ukuran 10x20x4 cm alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 200°C.
2. Kocok telur dengan speed rendah sampai mengembang, masukkan gula pasir dan kocok sampai larut.
3. Masukkan campuran terigu, coklat bubuk, garam dan vanili sambil diayak, aduk rata menggunakan spatula.
4. Masukkan minyak goreng, aduk balik sampai rata.
5. Tuangkan ke dalam loyang, taburi almond. Masukkan dalam oven dan turunkan suhunya seketika menjadi 180°C. Panggang selama 30-35 menit. Jangan overbake supaya tidak keras. Ketika ditusuk menggunakan lidi masih ada yang menempel biarkan saja. Segera keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong-potong dan sajikan.


14 komentar:

  1. Bener Mba Rina..aku udah pernah coba..dan kayaknya memang agak terlalu manis ya..dulu banget malah sempat beredar yang resepnya pakai 450 gram gula..akhirnya aku coba terakhir pakai gulanya 250 gram saja..baru dech pas..rasanya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb diah terlalu manis. Suamiku juga bilang gitu. Ini bikin aku khawatir kalo sampe nginep di rumah-berhari-hari. Untung beliau tanggap, mau dibawa ke kantor. Alhamdulillah bisa cepet ludes deh....hehe....

      Hapus
  2. cara buatnya di rubah mb rina.hanya di aduk2 saja sep super fudge brownies dan tambahi 100 gr DCC.
    insyaallah keluar si seksi lapisan tipis itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooo...gitu to ? Insya Allah kalo lagi mood mau bikin lagi ah. Trims ya buat tipsnya...

      Hapus
  3. mbk,aku catet ya resepnya hehee...kayaknya enak bih,kemarin bikin yg kukus,resep dari sini juga yg pandan sm coklat itu tpi q pake kombinasi aja pake yg ada di dapur hehe...ya Allah,lezat..empuk,enak bangetttt....yg panggang belum pernah,moga besok bisa bikin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mb hanna. Ini emang enak, tapi jangan kaget yah kalo terlalu manis, hehe...

      Hapus
  4. wah...pastinya enak banget itu brownies...mau juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, ini enak, padat tapi moist...ayuk dibikin...

      Hapus
  5. waah, dari mane aje nie mbakyuku yang cantiiik....
    *ngerayu...

    itu brownies emang ngeledek bgt..... pengen digondol ah seloyang... hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...di rumah aja mb Lina. Lagi males motret sama ngeblog karena sambil angkatin barang ke lantai atas buat antisipasi banjir.

      Hapus
  6. mba kalau naburi chocochip pas masih mentah kan, kalau punyaku chocochipnya kog tenggelam ya trus cair juga jadi ngga' cantik gitu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, adonannya masih mentah. Kalo tenggelam itu karena adonannya agak cair. Pennylane brownies ini adonannya kental, liat dan pekat seperti dodol jadi chocochipsnya tidak tenggelam. Trus jika chocochipsnya meleleh, simpan dulu di kulkas sampai keras. Ketika akan dipake, keluarkan dan segera taburkan.

      Hapus
  7. saya blm pernah mbikin.....minta Mbak Rina aja yaa :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...udah habis um. Ini brownies muanis banget sampe khawatir nggak segera habis, jadi dibawa ke kantor aja.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.