Laman

Rabu, 25 Desember 2013

Tahu Telor Bumbu Pecel

Assalamualaykum


Apa rasanya sarapan pake tahu telor ? Endang bambang gulindang tenan....
Baru pertama kali ini saya bikin tahu telor. Karena di rumah nggak punya petis dan adanya cuma bumbu pecel, ya pake itu aja. Dimakan anget-anget sambil ditemani krupuk kriuk-kriuk, weleehh...enak. Kalo dilihat tahu telor ini juga bisa buat teman nasi ya.

E iya saya mau cerita tentang properti yang saya pake di foto. Foto di atas itu pake background dari whiteboard. Saya sebenarnya lupa jika punya whiteboard bekas di gudang. Beberapa hari yang lalu tanpa sengaja saya temukan dan minta suami untuk mengeluarkannya. Di sebalik whiteboard ternyata tripleknya sudah lapuk dan keropos. Dan hal itu membuat saya berpikir bakalan asik buat motret. Sudah beberapa kali saya memakainya cuma setiap kali diekspose si keropos itu tidak keliatan. Ternyata salah milih tempat. Selama ini saya motret di dekat pintu dan cahaya sedikit terhalang oleh dinding di sampingnya. Baru tadi pagi setelah diangkut ke lantai atas dan dipake motret, walaaaa....baru keliatan deh si keropos. Senengnyaa....

*Kesimpulan : sebenarnya saya cuma mau cerita tentang whiteboard tapi pake modus tahu telor, hihi....

Bahan :
350 gr tahu putih
4 butir telur ayam
2 siung bawang putih halus
garam halus secukupnya
Bumbu pecel siap pakai, tuangi air panas
kecap manis

Pelengkap :
kol/kubis, diiris halus
tauge pendek, seduh air panas
ketimun
bawang goreng secukupnya
krupuk udang/krupuk bawang

Cara membuat :
1. Potong tahu menjadi dadu kecil-kecil.
2. Pecahkan 1 butir telur di dalam mangkuk, beri bawang putih halus dan garam, aduk rata. Masukkan 1/4 bagian tahu putih.
3. Panaskan minyak di atas wajan. Tuangkan adonan telor dan goreng sampai bagian bawah matang. Balik sekali dan masak sampai matang. Angkat dan tiriskan. Lakukan dengan sisa adonan berikutnya.
4. Letakkan tahu telur di atas piring, beri kol, tauge dan irisan ketimun, guyur dengan bumbu pecel. Tuangi kecap manis, taburi bawang goreng dan sajikan bersama krupuk.


14 komentar:

  1. adududududududu..tahu telor itu enak dimakan kapan sajah hahaha,jadi inget dulu waktu kuliah,g pagi,siang malam...makannya tahu telor hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa...enak banget bisa makan tahu telor kapan aja. Ternyata cocok ya buat makan pagi siang dan malam.

      Hapus
  2. Salam rin..potretnya smkin cantik nie...good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam juga zila. duh malu nih zila bilang seperti itu. masih kalah cantik dengan picnya zila yang ciamik itu...

      Hapus
  3. Favorit aku ini mba rina, lumayan sering bikin kalau lagi kangen makanan2 jaman kuliah dulu ^^. BTW, fotonya cakep banget mba, pengen bisa motret kayak gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo buat lagi tahu telornya.
      Itu kameranya diseting gelap ya. Aku pake kamera saku Canon, diseting dark. Setelah dijepret diedit, eksposure-nya digelapin (dikurangi). insya Allah bisa gelap deh...

      Hapus
    2. Asiiikkk, lain kali tak coba praktek mba. Makasih mba rina ilmunya :D

      Hapus
  4. hihi....selamat bermain dengan properti baru mbak... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi belum nemu ide baru buat mengekspose si keropos, hihi......

      Hapus
  5. nyontek ya mba, kebetulan disini seharian hujan jadi ngga' da mba-mba tukang sayur, dikulkas adanya tahu sama telur dan bumbu pecel, siap mengeksekusi deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mb Yekti. Selamat menikmati tahu telornya ya....

      Hapus
  6. Mba Rina,,, saya sukses bikin tahu telur bumbu pecel ni mba... Enaaak banget ya mbak,,, Suami saya suka banget, nuansa baru tahu dan telur hahaha,,, hatur nuhun ya mba Resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiikkkk.....alhamdulillah kalo disukai mb Tina, ikutan seneng nih *kempaskempisnihidung*

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.