Laman

Kamis, 26 Desember 2013

Onde-Onde Nougat

Assalamualaykum


Sudah lama banget nggak bikin cemilan yang satu ini. Salah satu jajan pasar yang bukan favorit saya.
Entah kenapa dulu saya nggak suka dengan yang namanya onde-onde. Biasanya onde-onde isinya kacang ijo ya. Setiap kali ikut ibu ke pasar saya selalu jajan kue, entah kue sus, bika ambon, bolu kukus mekar atau yang lain. Baru setelah kenal internet dan banyak resep bersliweran saya jadi kepingin. Padahal tiap hari ada pedagang makanan kecil yang lewat depan rumah dan saya sama sekali nggak tertarik untuk membelinya.

Ketika tempo hari lihat tepung ketan dan takut kadaluarsa saya jadi kepikir untuk bikin lagi. Beberapa kali pernah bikin dengan isi kacang ijo atau kacang merah. Kali ini saya ingin pake isi kacang. Nggak segaja sebenarnya nemu resep ini. Resep ini milik Bu Fatmah Bahalwan NCC. Udah deh, kalo resepnya Bu Fat jaminan kuenya enak. Bentuk onde-onde yang kadang dikeluhkan suka kempis ketika dingin, dengan resep ini sama sekali nggak kempis atau mleyot. Ini karena ada tepung beras didalam adonannya. Tepung beras ini yang membuat kulitnya jadi kokoh meski sudah dingin. Dan untuk isinya, hmmm...enyak. Bener. Beda lho dengan isi kacang ijo atau kacang merah. Yang ini krenyes-krenyes gurih manis. Pokoknya pas deh. Bapaknya anak-anak yang biasanya kurang suka kacang begini (takut giginya yang bolong kemasukan kacang) ternyata comat-comot aja. Malah bilang katanya mau dibawa ke kantor segala. Tapi nggak saya ijinkan karena cuma sedikit. Insya Allah saya bikinin lebih banyak biar bisa dibagi dengan teman sekantor. Resep di bawah ini hanya 1/4 dari resep asli yang memakai 500 gr tepung. Untuk kulit, pemakaian tepung beras ditambah sedikit, gula dikurangi supaya tidak terlalu manis, sedang isian saya modif pada jumlah kacangnya, dan mentega saya ganti margarin.

Sewaktu membentuk adonan, biasanya akan akan benjol-benjol/tidak mulus. Nggak papa, karena jika digoreng onde-onde akan membulat dengan sendirinya. Ketika akan digoreng, masukkan onde-onde ke dalam minyak hangat. Gunakan api kecil. Ingat, keciiilll saja supaya onde-onde bisa matang sampai kedalam. Setelah beberapa saat onde-onde akan mengapung. Jadi ketika menggoreng, wajan/panci jangan terisi penuh supaya ada tempat untuk mengapung.


Onde-Onde Nougat
Resep : Bu Fatmah Bahalwan

Bahan Kulit:
125 gr tepung ketan
25 gr tepung beras
50 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli bubuk
1/4 sdt garam
100 ml air
50 gr wijen putih
minyak untuk menggoreng

Bahan isi nougat (aduk semua bahan jadi satu, bagi jadi 12 bagian) :
100 gr     Kacang tanah matang, giling halus (kacangnya saya panggang)
15 gr       Mentega (saya pake margarin)
20 gr       Gula halus

Cara Membuat :
1. Kulit: Campur tepung ketan, tepung beras, garam, dan vanilla bubuk, aduk rata.
2. Panaskan air hingga panas tetapi tidak sampai mendidih. Angkat. Tuang air sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata sampai menjadi adonan yang bisa dipulung.
3. Bagi adonan jadi 12 bagian. Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan ditangan hingga membuat cekungan. Isi dengan satu bulatan adonan nougat, tutup dan bulatkan kembali menjadi bola-bola.
4. Celupkan dalam air dingin. Gulingkan pada wijen, kepal-kepal sehingga bentuknya bulat dan wijen menempel rata.
5. Panaskan minyak goreng menggunakan api kecil. Setelah hangat, goreng onde onde sampai mengapung dan kekuningan. Angkat.

Hasil : 12 buah


8 komentar:

  1. waah...rajinnyaa...resep2 bu Fatmah memang top ya Mbak....^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasalah um nggak rajin amat. Siapa yang nggak tau resepnya bu Fat yang udah kondang di internet, hehe.....

      Hapus
  2. adudududududu,,pagi ada onde-onde,mauuuuuuuuuuu......^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dicomot picnya mb hana, hehe....

      Hapus
  3. nggak pernah buat mbak....
    takut mbeledos.... eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mbledhos biasanya api terlalu besar. Gunakan api keciiilll aja, insya Allah nggak mbledhos. Ayo coba bikin...

      Hapus
  4. Balasan
    1. ouw kena flu ? banyak istirahat dan minum vitamin C zila. Moga cepat sembuh ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.