Laman

Sabtu, 28 Desember 2013

Ayam Bakar ala Pak Sahak

Assalamualaykum


Resep ini saya bikin karena penasaran saja. Sudah sering saya bikin ayam bakar untuk menu makan di rumah.
Tapi ayam bakar kali ini sedikit beda. Ayam yang sudah direbus/diungkep bersama bumbu dikucuri jeruk limau setelah matang. Setelah itu barulah dibakar. Selain ayamnya yang diberi jeruk limau, sambelnya pun diberi limau juga. Begitu matang dan dicicip, wuih, enak banget. Di resepnya Camelia, ketika merebus ayam tidak diberi air. Tapi punya saya tadi nyaris gosong, jadi saya tuangi air kurleb 150 ml. Trus sambelnya, saya pake resep punya saya sendiri yang kemudian dikucuri limau juga.


Ayam Bakar ala Pak Sahak
Sumber : Camelia

Bahan :
1 ekor ayam, potong 8 (ayam kampung, potong 4)
2 bh jeruk nipis
6 lbr daun jeruk
6 lbr daun salam
10 sdm kecap manis
1 sdt chicken powder (saya nggak pake)
1 sdt lada halus
150 ml air
2 bh jeruk limau, ambil airnya

Bumbu yang di haluskan :
10 btr bawang merah
8 btr bawang putih
10 bh kemiri
1 sdt garam
25 gr gula merah
1 ruas jahe

Cara membuat :
1. Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk, diamkan +- 10 menit
2. Bilas ayam, tiriskan, sisihkan.
3. Susun daun salam dan daun jeruk didalam wajan sebagai alas ayam.
4. Campur bumbu halus dengan chicken powder, lada dan kecap dalam satu wadah/baskom.
5. Celup sebagian ayam (saya : semua bagian ayam dibaluri bumbu hingga rata) dalam baskom bumbu.
6. Angkat dan susun sepotong demi sepotong dalam wajan. Dimulai dari paha bawah, paha atas, dst. (Bagian agak keras dibagian dasar, sedangkan yang mudah lunak dibagian atas, agar daging tidak hancur). Tuangi air.
7. Korek bagian bawah sesekala supaya tidak gosong di dasar.
8. Setelah ayam bagian bawah agak matang, balik posisinya yang dibawah ke atas. Masak terus sampai semua ayam matang dan bumbu meresap dan kental (lk. 1 jam). Matikan api.
9. Masukkan air jeruk limo, aduk rata dengan hati-hati.
10. Siap dibakar diatas bara api atau oven, sambil dioleskan sisa bumbu (sisa bumbu diberi +- 2 sdm minyak goreng supaya nggak lengket dan gosong).

Bahan sambel :
10 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh tomat merah, potong tipis-tipis
1 sdt terasi bakar
3 lbr daun jeruk
1 batang serai
2 lbr daun salam
garam dan gula merah secukupnya
1 butir jeruk limau, ambil airnya

Cara membuat :
1. Rebus semua cabe, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit. Angkat, tiriskan. Uleg (gunakan blender) bersama terasi sampai halus.
2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis tomat, daun jeruk, serai dan daun salam sampai tomat agak berkurang airnya. Masukkan cabe halus dan terasi, aduk-aduk sampai rata. Masak sampai agak kering. Bumbui garam dan gula merah. Cek rasanya kemudian matikan api.
3. Masukkan air jeruk limau, aduk rata. Angkat dan sajikan.


7 komentar:

  1. owww.....ini tho yg di pamerin ke aku lewat sms kemaren......
    kalau minta....pasti udah abis.... eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong udah habis dari kemarin. Tumben pagi gini udah nongol di sini, hehe....

      Hapus
  2. Mba rina ini ngungkep nya gak pke air ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nggak pake air karena ayamnya nanti akan keluar airnya meski sedikit. Gunakan ayam potong ya bukan ayam kampung. Kalo ayam kampung nanti ngerebusnya lama banget dan nggak akan keluar air, malah gosong takutnya.

      Hapus
    2. Iya saya gak baca prolog nya hehe.. saya ttp pke air mba .. khawatir gosong. Enak, bumbunya pas bgt.. :)

      Hapus
  3. mbak, itu bahannya ad chicken powder. apa sama dg kaldu ayam bubuk?

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.