Laman

Selasa, 24 Desember 2013

Biterballen Makaroni

Assalamualaykum


Hari Minggu yang lalu ketika bangun tidur jam 4 pagi terdengar hujan gerimis. Dingiiiiin banget.
Rasanya kok malas mau bangun. Apalagi anak sekolah mulai libur panjang. Tapi karena hari minggu adalah jadwal setrika mau nggak mau ya harus bangun. Setelah sholat subuh mikir bikin cemilan apa ya tuk hari itu. Kebetulan di dapur ada makaroni pipa tinggal 50 gr. Langsung kepikir bikin biterballen. Alasannya, kalo makan biterballen pasti nggak ada yang nolak. Enak dan bikin kenyang. Langsung nguprek di dapur dan dieksekusi.

Setelah matang dan ingin difoto mulai deh bingung dengan cuaca yang hujan sejak subuh. Cahaya jadi gelap padahal ingin motret yang terang benderang setelah beberapa hari belakangan motret gelap. Meski kamera sudah diseting supaya keliatan terang, masih aja keliatan gelap backgroundnya. Terpaksa diedit habis-habisan untuk background, tapi tetap belum puas rasanya karena tingkat kecerahan tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Jika dipaksakan khawatir hasil fotonya tidak natural. Jadi ya seperti inilah picnya, hehe....(ini lho mb Mimie foto yang aku ceritain via sms tempo hari).


Bahan :
2 sendok makan margarin
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
3 sdm munjung tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk/parut
125 ml susu cair
100 ml air kaldu ayam/sapi
50 gram wortel, diserut kasar
50 gram makaroni pipa, direbus
100 gr ayam rebus cincang/bakso/sosis
minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:
1 butir telur, dikocok lepas
100 gram tepung panir kasar oranye

Cara membuat :
1. Campur jadi satu, tepung terigu, susu cair, garam, gula, merica dan pala. Aduk rata dan cicip rasanya. Sisihkan.
2. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan wortel, masak sampai wortel empuk.
3. Masukkan larutan terigu, makaroni pipa, dan  ayam rebus. Aduk rata dan masak sampai mengental. Matikan api dan dinginkan.
4. Ambil sedikit adonan. Bentuk bola – bola. Gulingkan ke tepung panir kasar oranye. Celupkan ke dalam telur. Gulingkan ke tepung panir kasar oranye.
5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.


7 komentar:

  1. haduuh....ngiler ... pas lagi pengen cemilan yg gurih2 ni Mbak.....^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe....ayo um bikin cemilan yang gurih-gurih....

      Hapus
  2. br 2 kali bikin bitterballen...
    enakkkk..... jd pengen buat pake macaroni juga kyk mb rina...
    fotonya kalau motrek dr atas, kurang ke atas mb.
    aku biasanya sudut 90 derjat...
    tapi ft mb rina tetep cetar.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin biterballen lagi.
      makasih ya, pdhal itu cuacanya gelap banget. Aku belum canggih kalo motret dengan sudut 90 derajat. Belum biasa kali

      Hapus
  3. Hallo mbak salam kenal. Aku nyontek resepnya ya. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, silakan dicoba ya...

      Hapus
  4. Mau dicoba ah... makasih sharenya bundaaa :D

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.