Halaman

Senin, 23 Desember 2013

Rustic Banana Cake

Assalamualaykum


Setelah bikin talam pisang tempo hari, sisa pisangnya ingin saya habisi dalam waktu sekejap. Setelah liat daftar bookmark,
saya kepikir ingin bikin Cake Buah Segar/Fresh Fruit Cake di JTT. Di sana, mb Endang pake buah segar seperti, kiwi, strawberry dan prune. Tapi buah segar tersebut mau saya ganti pisang semua. Proses pembuatan yang unik itulah yang membuat saya tertarik untuk menyimpan resepnya. Seperti apa keunikannya ? Silakan diliat di blognya mb Endang ya. Bahan saya modifikasi sedikit dan judulnya saya ganti dengan Rustic Banana Cake, hehe...Pisang yang digunakan pastikan yang benar-benar telah matang ya supaya tidak keras hasilnya. Loyang yang dipakai usahakan diameter 20 cm karena pas benar ukurannya. Jika terlalu kecil, akan dipanggang lebih lama karena kue jadi tebal. Satu resep ini aja makan waktu 50 menit. Kalo terlalu lebar khawatir ketipisan, sehingga kue bisa kering jadinya. Setelah matang dan dicicip, duuuhhh enaknya. Kuenya padat tapi lembut, karena pemakaian tepung jagung di dalamnya. Pisangnya, jangan ditanya deh. Pisang ini yang menyumbang kue jadi enak. Kapan-kapan bikin lagi ah biar puas makannya.


Rustic Banana Cake
Adaptasi : Cake Buah Segar-JTT

Bahan :
125 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru)
25 gr tepung jagung/maizena
1 sdm susu bubuk
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
75 gram gula pasir
80 gram mentega
2 butir telur
300 gr pisang uli/ambon/kepok/raja, potong dadu
2 sdm gula palem
1 genggam choco chips

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah ayak tepung terigu, tepung jagung, susu bubuk, garam dan baking powder. Sisihkan.
2. Kocok mentega dan gula pasir sampai pucat dan ringan. Masukkan telur, kocok sampai rata.
3. Masukkan ayakan tepung terigu dan diaduk menggunakan spatula sampai rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian dan masing-masing bagian dimasukkan dalam kantong plastik. Simpan dalam freezer selama 30 menit sampai agak keras.
4. Siapkan loyang ukuran 20 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan juga oven dengan suhu 180°C.
5. Dalam sebuah wadah campur pisang dan gula palem, aduk rata. Sisihkan.
6. Ambil adonan dari freezer dan tipiskan salah satu adonan selebar ukuran loyang dan letakkan di dasar loyang. Tata pisang berbalut gula di atasnya.
7. Ambil sisa adonan dan potong-potong sesuai selera. Jatuhkan adonan di atas pisang secara acak. Taburkan choco chips.
8. Panggang dalam oven selama 45-50 menit sampai matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong dan segera sajikan.



6 komentar:

  1. assikkk pagi-pagi dah apet sarapan uhuiyyyyyy...
    kelihatan banget empuk,enak..lihat dari atas dan samping,heummm harumnya sampai siak hahaha..mauuuu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...bener mb hana, wangi pisang banget. Nggak nyesel bikin kue ini deh, habis setiap kali gigitan selalu berasa pisang...

      Hapus
  2. wahhhh... ini pada kompakan buat olahan pisang ya... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin resep yang pake pisang juga mb mimie...

      Hapus
  3. ini ngefotonya dalam kamar gelap ya mba? cantik kuenya mba...kapan2 mau coba...salam kenal...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan, ini motret persis di depan pintu jam 7 pagi. Kebetulan pintu menghadap timur. Karena sinar terlalu terang sehingga silau untuk mata kamera, anak saya duduk di depan pintu untuk menghalangi cahaya supaya agak gelap, hehe....makanya pic paling atas itu kan salah satu ujungnya keliatan ada sedikit sinar terang kan.
      Kalo motret di kamar gelap malah belum pernah. Supaya picnya gelap ya diedit. Eksposure nya digelapin gitu...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.