Laman

Rabu, 30 Oktober 2013

Singkong Vla Santan

Assalamualaykum


Judul di atas pasti sudah pada tau ya maksudnya. Sebagian nyebut dengan Singkong Thailand. Makanan ini sempat trend beberapa tahun yang lalu.
Bahannya hanya singkong yang direbus dengan gula pasir sampai empuk kemudian disiram dengan saus santan kental. Waktu saya sekolah dulu pernah dibikinin singkong rebus gini oleh alm bapak. Singkongnya direbus pake gula merah kemudian disiram santan kental juga. Beberapa minggu yang lalu saya dichat oleh adik saya di Solo, katanya di Solo ada kafe yang sedang mempopulerkan Singkong Thailand ini. Gara-gara chating itulah akhirnya saya bikin singkong vla santan ini, tapi versi bapak saya.

Tips agar singkong cepat empuk adalah merebus singkong dengan air dan daun pandan saja sampai empuk. Jangan merebus singkong bersama gula di awal perebusan. Ini akan membuat singkong lama empuknya. Setelah singkong empuk barulah masukkan gula merah dan sejumput garam dan lanjutkan merebus sampai kuah menyusut dan kental. Gampang kan bikinnya. Apalagi sudah musim penghujan, lumayan buat ganjel perut yang sering keroncongan.


Bahan :
750 gr singkong yang telah dikupas dan dipotong-potong
2 lbr daun pandan
800 ml air
175 gr gula merah
sejumput garam

Bahan vla :
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
1 sdm tepung jagung/maizena/tapioka, larutkan dalam sedikit air

Cara membuat :
1. Di atas wajan lebar letakkan daun pandan, tata singkong diatasnya. Tuang air hingga singkong terendam. Nyalakan api dan rebus sampai singkong empuk. Jika air mengering tapi singkong belum empuk tambahkan air panas secukupnya.
2. Masukkan garam dan gula merah, lanjutkan  merebus sampai kuah menyusut dan kental. Cicip rasanya, jika kurang manis tambahkan gula merah/pasir.
3. Vla : campur santan dan garam, rebus sampai mendidih. Masukkan larutan tepung jagung dan masak sampai kental dan meletup-letup. Matikan api.


14 komentar:

  1. Aku pilih ini daripada singkong Thai yang pakai gula putih Mba..lebih gurih. Dulu di rumah di Yogya ibuku juga sering buat..cuma langsung santan sama gula..masuk bareng. Aslinya kita ya byk makanan enak2 ya...di Jawa aja..apalagi Indonesia...tapi kok nggak bis ange top kayak Thailand yach..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...idem mb diah. Kalo pake gula merah lebih wangi dan sedep khas gula merah. Aku juga heran, makanan kita kalah ngetop sama Thailand ya. Padahal mirip-mirip kan. Moga aja makanan kita bisa lebih ngetop lagi selain rendang dan nasi goreng,,,,

      Hapus
  2. Hemm... enak mba, jadi pingin... Kalau di tempat asalku (daerah Banyumas) singkong yang direbus pake gula merah kaya gini namanya "Cimplung" biasanya side produk-nya para penghasil gula merah dari nira. Tapi sekarang udah jarang yang bikin :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa....dapat istilah baru nih. Ayo mbak dibuat tuh cimplungnya, buat tombo kangen....

      Hapus
  3. wah, sama nih dengan mbak Diana, di kampungku sini nyebutnya juga seperti itu, cuma beda dikit, yaitu : Simplung
    enakan pake gula merah mba, bener tu.... hehehe... penampilannya pun jadi lebih menarik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selera kita sama juga ternyata mb lina. Enak bin ngangeni ya makanan kampung gini....

      Hapus
  4. suka...suka...suka...
    mamakku jg dulu kalau buat pake gula merah mb...
    udah lama ng buat....
    minta bapak ambil ubi di kebon ahhhhh.... thanks mb ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. buruan lari ke kebon trus mbedol singkongnya. Pasti lebih enak kalo pake singkong segar dari kebon sendiri....

      Hapus
  5. Rin..zila x pernah makan nie..gimana rasanya kn ..mesti manis lemak sntan dan sedap kn..nie sambil pejam mata untuk membayangin..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pasti sedap zila makanan kampung seperti ini. Singkong yang manis disiram kuah santan kental, hmmm,,,,manis gurih, sekaligus bikin kenyang....

      Hapus
  6. lapor, udah selesai eksekusi. tinggal disantap nanti sore bersama santan. udah kebayang pas mb rina baru posting. sukaaaa eh. selera kita sama ya mbk. Saya juga dulu sering dibikinin ini sama Almh ibu saya. Saya orang Jogja, mbk rina org Jogja juga kah?? koq selera makanannya hampir samaan ya kita. hehe ^^ laporan selesai. sekian dan terimakasih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. laporan diterima ^_^ met dinikmati ya bareng keluarga...
      saya orang Solo mb Ridha. Deket kan sama Jogja. Kalo piyayi Jogja, mb Diah Didi yang komen paling atas tu....

      Hapus
  7. Pulang kerja harus buat ini kayanya nih, mudah buatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak dibuat. Gampang bener kok bikinnya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.