Halaman

Selasa, 31 Desember 2013

Cinnamon Banana Clafoutis

Assalamualaykum


Clafoutis (baca : klafuti) adalah makanan penutup (dessert) yang berasal dari Perancis. Aslinya menggunakan buah cherry hitam sebagai isinya dan dinikmati hangat-hangat (ini nyontek dari om Wiki lho).
Resep ini saya buat dalam rangka menghabiskan pisang di dapur. Sempat googling dulu sebelum membuatnya karena menyesuaikan ketersediaan bahan di rumah. Dan akhirnya dapat juga yang gampang serta murah meriah. Resep dibawah nanti sudah saya modif sedikit lho ya. Setelah matang saya poto. Ketika mau dipotong elah, hancur. Ya iya dong wong adonannya mirip vla gini. Eh, yang bener kayak puding. Apa kayak roti bantat yah, hehehe.... Akhirnya masuk kulkas dulu dan setelah dingin baru disendoki karena memang tidak bisa dipotong. Paling sip memang dicetak dalam cetakan individual. Hobi ya nyalahi pakem. Aturannya kan dimakan hangat, kok nekat disajikan dingin. Udah gitu labelnya masuk kategori snack lagi, hihi...

Rasanya hmmm....enak. Adonan pudingnyanya tidak terlalu manis karena gulanya dikurangi tapi pisangnya bener-bener manis. Setelah dicicip saya jadi ingat, dulu pernah bikin adonan seperti ini cuma nggak tau kalo ternyata ada namanya. Habis waktu itu asal cemplang cemplung dan ngawur, hehehe...

Cinnamon Banana Clafoutis
Sumber : Chelsea Sugar
Bahan :
3 bh pisang ambon (saya pake 6 bh pisang uli kukus)
75 gr gula pasir
sejumput garam
2 sdm terigu
1 sdm tepung jagung/maizena
250 ml susu cair
2 butir telur
Kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 200°C. Siapkan pinggan tahan panas ukuran 20x20 cm (saya pake pinggan oval volume 1 liter). Olesi mentega, sisihkan.
2. Potong pisang bulat-bulat kemudian tata di atas pinggan, sisihkan.
3. Dalam wadah besar campur gula, garam, terigu dan tepung jagung. Tuangi susu cair sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan licin. Masukkan telur aduk rata.
4. Tuang adonan susu ke atas pisang. Panggang selama 40-45 menit (jika disentuh permukaannya mengeras). Angkat dari oven dan segera taburi kayu manis.

10 komentar:

  1. heummm,,,yummiiieee,apalagi buat sarapan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak cuma sarapan aja mb hana, pagi siang sore malam ngemil ini terus, hihi...

      Hapus
  2. Yummy also rin..minum ptg pun ok nie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya zila buat minum petang bersama teh panas cocok juga kok

      Hapus
  3. wahhhhh...lagi demam pisang mb rina....tukaran sama pancake durianku mau mba????

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah ngiming-imingi. Kalo ada durian di depanku nggak bakalan selamat mb mimie. Langsung dibantai seketika itu juga, hehehe...

      Hapus
  4. wah wah wah,,, dilihat dari resepnya sepertinya gampang ya mba.... *gampang liatnya.. heheh
    BTW,,, itu pisangnya disusun duluan diatas pinggan, baru dituang adonan trus nanti pisangnya akan naik sendiri kepermukaan ya mba... terimakasih atas pencerahannya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang banget mb Tina. Iya betul, itu pisangnya disusun dulu di atas pinggan kemudian dituangi adonan susu. Nanti pisang akan naik ke atas.

      Hapus
  5. Mauu mba rina
    .
    .
    # nyodorin piring

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah habis mb eby hehe....kapan kapan dibikinin lagi ya ^_^

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.