Halaman

Kamis, 05 Desember 2013

Bakwan Tahu

Assalamualaykum


Gara-gara buka tabloid kuliner saya jadi kemecer liat resep bakwan tahu. Ini pertama kalinya bikin bakwan pake tahu.
Sekaligus penasaran kayak apa rasanya. Adonan yang dipake sama seperti bakwan pada umumnya, tapi minus kol dan tauge. Sayur yang dipake cuma wortel aja. Pembuatannya juga mudah tinggal cemplang-cemplung. Karena di kulkas ada 1 buah  tahu agak gede, saya masukin aja semua. Hasil akhirnya jadi lumayan banyak. Ternyata tahu bisa berfungsi sebagai "ganjel" supaya keliatan lebih banyak. Beda kalo ditambahi sayur, malah akan menyusut karena digoreng. Setelah matang saya cicip, lhadalah....enak juga. Tanpa terasa saya nyomot sampai 3 buah bakwan, sambil menggoreng sisa adonannya,  hihihi....Dan yang doyan bukan saya aja, orang di rumah juga suka banget. Gorengan gitu lho....

Bahan :
150 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
175 ml air
1 butir telur
1 bh (350 gr) tahu putih, potong dadu kecil
1 bh wortel, serut memanjang
1 batang daun bawang, iris halus
1 tongkol jagung manis, disisir

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, bawang putih, garam dan merica. Tuangi air sambil diaduk sampai rata dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Masukkan telur, aduk rata.
2. Masukkan tahu putih, wortel, daun bawang dan jagung manis, aduk rata.
3. Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan di bagian pinggir wajan sambil dilebarkan. Siram-siram supaya lepas dari wajan, dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.


8 komentar:

  1. mantebs.... never say no to Bakwan...
    hihihi.... apa sich b. Inggrisnay bakwan yach...? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...iseng amat sih pertanyaannya...emboh aku sendiri juga nggak tau, hahaaa...
      ayo mumpung musim hujan gini bikin deh bakwan tahu. Kalo beli jadi kan nggak ada tahunya...

      Hapus
  2. waaa,,,enak tu mba,lama ga bikin,,,
    .
    .
    # ngelap iler

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ayo bikin biar nggak ngiler mb eby...

      Hapus
  3. heumm,,,,yummiiieee,apa sih yg nggak buat bakwan??hahahaha..

    BalasHapus
  4. ihhh....aku telattttttt
    coba kmrn ya...mau deh sepiring....xixiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobaik deh bikin. Beneran enak lho pake tahu...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.