Laman

Kamis, 21 November 2013

Sate Tahu

Assalamualaykum


Tahu adalah bahan makanan yang hampir tiap hari ada di rumah. Tahu tempe adalah teman sehidup semati yang sering saya sajikan di meja makan
dan biasanya saya goreng begitu saja. Tapi karena bosen ya harus cari cara supaya bisa variatif. Karena sering beli siomay yang salah satu isinya adalah tahu, akhirnya kepikir untuk bikin tahu bumbu kacang. Biar agak beda tahunya saya tusuki kemudian dibakar sebentar di atas api. Ternyata enak juga. Buat lauk atau dicemil begitu saja juga bisa. Bumbu kacangnya sama denagan cilok. Setelah bumbu kacang matang, ambil sedikit untuk melumuri tahu dan selanjutnya dibakar. Makanan sederhana yang lumayan buat nggayemi....

Bahan :
1 blok (± 350 gr) tahu putih/kuning
1 siung bawang putih, haluskan
garam secukupnya
100 ml air
2 sdm kecap manis

Bumbu kacang :
2 siung bawang putih, digoreng
2 bh cabe merah besar, buang bijinya, digoreng
2 bh cabe merah keriting, digoreng
100 ml air
100 gr kacang tanah goreng/panggang, haluskan
1/4 sdt garam
2 sdt gula merah/gula pasir

Pelengkap :
kecap manis
saus tomat/saus sambal

Cara membuat :
1. Bumbu kacang : haluskan bawang putih dan cabe goreng.
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan air, kacang halus, garam dan gula. Aduk rata dan masak sampai mendidih dan mengental. Cicip rasanya. Matikan api dan sisihkan.
3. Potong tahu berbentuk dadu, rendam dalam bawang putih, garam dan air selama 10 menit. Goreng sampai setengah matang, angkat.
4. Tusuk tahu menggunakan tusuk sate. Ambil 1 sendok sayur bumbu kacang dan campur dengan kecap manis. Lumurkan ke atas sate tahu sampai rata, bakar di atas api sebentar. Angkat dan sajikan bersama bumbu kacang, kecap manis dan saus tomat/sambal.

4 komentar:

  1. i must must try this....bila ada masa nanti ...hehehe i luv tauhu...
    funny statement-..teman sehidup semati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi....terimakasih tuk komennya. Ayo dicoba um. Bagi penggemar tahu, insya Allah menepati selera deh...

      Hapus
  2. aku mau coba ah nanti .. makasih resepnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Semoga cocok dengan resepnya ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.