Pages

Friday, September 30, 2016

Tumis Oncom Kacang Panjang Rebon

Assalamu'alaykum


Semalaman di rumah turun hujan sampai pagi. Dingiin banget rasanya di badan. Kepikiran pingin bikin tumis oncom deh.

Thursday, September 29, 2016

Bihun Goreng Pedas Daging Sapi

Assalamu'alaykum


Kangen deh makan bihun goreng. Mumpung di freezer ada daging sapi, masukin aja sekalian ke dalamnya.

Monday, September 26, 2016

Eggless Coconut And Banana Cake

Assalamu'alaykum



Ketika jemput anak sekolah saya kok tergiur dengan gerobak pisang yang mangkal di dekat pasar komplek.
Warnanya yang kuning cantik membuat saya berhenti seketika dan beli pisang uli. Alhamdulillah dapat 2 sisir yang bagus seharga 15 ribu rupiah. Segera deh kepikir bikin cake pisang tanpa telur. Ini dalam rangka mengobati rasa rindu teman teman DapurManis yang menginginkan variasi cake tanpa telur. Resepnya mudah kok menggunakan metode buttercake. Supaya gurih ditambah santan dan kelapa parut segar.  Kelapa parut berfungsi sebagai pengganti keju jika tidak ada stock. Karena cake ini menggunakan metode buttercake, adonan yang terbentuk sangatlah pekat. Disarankan menggunakan loyang lebar supaya cepat matang. Saya menggunakan ukuran 20x20 cm dan butuh waktu 70 menit. Jika ingin lebih cepat matang gunakan ukuran 22x22 cm atau lebih. Jika loyang terlalu kecil, cake akan lebih tebal/tinggi. Dikhawatirkan bagian dalam susah matang jika sangat tebal. Jika suka boleh juga diberi kismis atau kurma. Setelah matang dinginkan dahulu supaya tidak hancur ketika dipotong. Hal ini karena ada parutan kelapa di dalamnya yang membuat tekstur agak crumbly (beremah).

Bahan :
250 gr terigu serbaguna
50 gr tepung jagung/maizena
1 sdt baking powder
250 gr butter tawar
150 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/8sdt vanili bubuk
150 gr kelapa parut segar
200 ml santan sedang (100ml santan kental kemasan + air)
1 sisir pisang uli (600-700 gr tanpa kulit), potong dadu

Cara membuat :
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi minyak/butter. Sisihkan. Panaskan oven suhu 160 derajat C.
2. Campur dan ayak jadi satu terigu, tepung jagung, dan baking powder. Sisihkan.
3. Dalam wadah besar kocok butter dan gula pasir menggunakan mixer speed tinggi sampai pucat dan sedikit mengembang.
4. Masukkan kelapa parut dan kocok lagi sampai rata.
5. Masukkan santan dan campuran terigu berselang seling, sambil dikocok speed rendah sampai rata. Matikan mixer. Adonan yang terbentuk sangat kental dan pekat.
6. Masukkan pisang dadu, aduk menggunakan spatula. Tidak perlu  lama mengaduknya, asal pisang terbalut adonan sudah cukup.
7. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 60-70 menit. Tes tusuk menggunakan lidi. Jika masih menempel, tambahkan waktu panggang 5-10 menit.

 

Saturday, September 24, 2016

Homemade Bandeng Duri Lunak (Bandeng Presto)

Assalamu'alaykum


Alhamdulilaah, akhirnya kesampaian bikin bandeng duri lunak sendiri. Sebenarnya saya nggak berencana untuk bikin ini.

Friday, September 23, 2016

Lodeh Telur Puyuh

Assalamu'alaykum



Jumu'ah Mubarakah !! Selamat Hari Raya Jumat ya teman.
Dua hari berturut turut masak bersantan nih.

Tuesday, September 20, 2016

Steamed Chocolate Blueberry Cheesecake

Assalamu'alaykum


Memberdayakan cream cheese yang kapan hari dibeli mumpung ada diskon. Segera kepikir bikin cake coklat lapis creamcheese.