Pages

Friday, July 29, 2016

Sempol Ayam

بسم الله الرّ حمن الرّ حيم
Assalamu'alaykum


Jumu'ah Mubarakah !!
Karena kebanyakan kepo di Instagram, saya kok kecantol dengan makanan asal Malang ini ya.

Thursday, July 28, 2016

Bubur Kacang Hijau, Ketan Putih dan Pisang

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Assalamu'alaykum


Setelah terakhir bikin Bubur Sumsum dan Sagu Mutiara, sekarang bikin bubur kacang hijau. Nggak ada bosennya makan bubur kacang hijau ini.

Wednesday, July 20, 2016

Oseng Terong Tahu Teri

بسم الله الرّحمن الرّحيم 
 Assalamu'alaykum


Beberapa hari setelah lebaran saya sempat nggak masak sama sekali. Males bo karena ketika belanja harganya masih mahal semua. Bahkan 10 hari setelah lebaran masih juga mahal. Lebaran tahun ini beraasa paling horor untuk urusan bahan makanan. Tapi terlalu lama nggak masak bikin saya kangen juga. Akhirnya pergi ke pasar dan beli terong. Pingin masak yang simpel dan nggak ribet. Kali ini masak oseng terong dan tahu aja. Terus kepikiran dikasih teri biar syedep rasanya. Setelah mateng ih enyak banget deh. Terutama terinya itu yang menyumbang rasa gurih. Dimakan bareng nasi anget ma syaa allaah enaknyaaaa...

Bahan :
3 bh terong ungu, potong bulat bulat
1 kotak (300gr) tahu putih, potong korek api
50 gr ikan teri (ikan teri apa saja boleh, sesuai selera)
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
250 ml air

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
8 bh cabe hijau keriting
5 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Goreng/bakar terong sampai layu, sisihkan. Goreng tahu dan teri secara terpisah, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai layu. Masukkan kecap ikan, saus tiram dan air. Biarkan mendidih. Masukkan tahu goreng, garam, gula dan merica. Masak sampai bumbu meresap.
  3. Koreksi rasanya. Setelah airnya agak susut masukkan terong. Jika terlalu kering tambahkan air panas secukupnya. Matikan api dan masukkan teri goreng. Sajikan bersama nasi hangat.

Tuesday, July 19, 2016

Bubur Sumsum dan Sagu Mutiara

بسم الله الرّحمن الرّحيم
Assalamu'alaykum


Bubur ini saya buat sekitar 4-5 hari setelah lebaran. Kangen gitu karena lama banget nggak bikin bubur manis.

Monday, July 18, 2016

Gudeg Praktis Pressure Cooker

 بسم الله الرّحمن الرّحيم
 Assalamu'alaykum



Beberapa waktu yang lalu saya dimessage teman, mb Joana Pink di Instagram. Beliau menanyakan cara masak gudeg.

Sunday, July 17, 2016

Cireng Nasi

بسم الله الرّحمن الرّحيم
Assalamu'alaykum



Betapa lamanya saya nggak ngeblog. Makin lama malah semakin males rasanya.