Halaman

Sabtu, 29 Juli 2017

Roti Sobek Isi Tongkol Kemangi

Assalamu'alaykum


Salah satu snack favorit jika belanja ke pasar adalah Panada. Snack dari Manado yang tergolong roti goreng ini beneran deh, bikin saya ketagihan.

Rabu, 26 Juli 2017

Puding Tape Panggang

Assalamu'alaykum


Lama bener saya gak makan tape singkong. Hampir setahun kali (kok kuat ya hihi 😁😁😁). Kangen deh.

Minggu, 23 Juli 2017

Selasa, 18 Juli 2017

Glutinous Flour Bread

Assalamu'alaykum


Masih dalam rangka bikin roti ya hihi..... Baru beberapa hari absen  udah ditanyain kapan bikin roti lagi.
Ok lah kalo begitu, emak mau kok disuruh bikin roti. Kan pake bread maker hehe 😁😁😁 Kali ini resepnya beda dikit. Roti pake tepung ketan. Iya. Ketan putih. Mau tau perbedaan teksturnya aja. Ternyata setelah matang teksturnya lentur, lembut dan fluffy. Ketika dicicip rada kenyal, eh maaf bukan kenyal ding. Legit maksudnya. Ya iyalah kan pake tepung ketan. Jadinya ya rada legit. Enak juga ternyata. Komposisi tepung ketannya dikit aja. Dari 250 gr terigu, diberi 50 gr tepung ketan. Tapi ya gitu deh, saya belum puas dengan hasilnya. Coba lihat fotonya, belum terlihat halus dan lembut. Resep di bawah ini saya tulis pembuatan secara manual aja ya, tanpa breadmaker, biar keliatan panjang gitu step by stepnya wakakakak 😂😂😂

Bahan A:
250 gr terigu pro tinggi
50 gr tepung ketan putih
70 gr gula pasir
5 gr ragi instan
15 gr susu bubuk
1 butir telur utuh
160 ml air es
50 gr mentega tawar
½ sdt garam

Cara Membuat:
1. Campur dan aduk rata bahan kering, terigu, tepung ketan, gula pasir, ragi instant dan susu bubuk. Masukkan telur dan air es, uleni sampai menggumpal.
2. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis
3. Setelah kalis,diamkan adonan selama 30-45 menit sampai mengembang 2 kali lipat atau lebih. Siapkan loyang loaf ukuran 7x21x8cm, alasi kertas roti dan olesi minyak semua bagiannya.
4. Kempiskan adonan. Bagi menjadi 5 bagian. Gilas setiap bagian berbentuk oval kemudian gulung sambil dipadatkan. Letakkan dalam loyang berderet.
5. Diamkan lagi sampai mengembang, naik lebih dari tinggi loyang +- 1cm.
6. Oles dengan telur. Panggang di oven suhu 180' C selama 20-25 menit (atau sesuaikan suhu oven masing2)


Allah SWT berfirman:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًا
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil."
(QS. Al-Isra': Ayat 24)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Kamis, 13 Juli 2017

Risoles Nasi Keju

Assalamu'alaykum


Pernah bingung dalam menyiapkan bekal sekolah si kecil ? Pernah dong ya. Ibu ibu kayak kita pasti pernah mengalaminya.

Selasa, 11 Juli 2017

Roti Sosis

Assalamu'alaykum


Bikin roti sosis nih permintaan anak dan bapaknya anak anak. Lama gak bikin roti sosis, mereka kangen katanya.

Selasa, 04 Juli 2017

Roti Manis Bantal

Assalamu'alaykum


Beberapa hari yang lalu ketika buka IG saya mendadak ngiler melihat pic di akun @keju_prochiz. Roti Manis Bantal.

Minggu, 02 Juli 2017

Martabak Kentang Kuah Cuko

Assalamu'alaykum


Dalam rangka menghabiskan kentang sisa masak sambel goreng untuk idul fitri kemarin, akhirnya saya membuat martabak kentang yang sudah direncanakan sekian lama.