Laman

Minggu, 02 Juli 2017

Martabak Kentang Kuah Cuko

Assalamu'alaykum


Dalam rangka menghabiskan kentang sisa masak sambel goreng untuk idul fitri kemarin, akhirnya saya membuat martabak kentang yang sudah direncanakan sekian lama.
Enak pastinya kentang dipake isian untuk martabak telur. Saya juga baru sekali ini makan martabak kentang. Biasanya isi ayam atau daging melulu. Yang pasti, setelah menyantap martabak kentang akan berasa kenyang. Resep diadaptasi dari Martabak Telur yang ada di blog ini juga. Disajikan hangat bersama kuah cuko pedas hmmm  yummyy 😘😘😘

Kuah cuko :
1 liter air
200 gr gula merah, disisir
2-3 sdm gula pasir
2 siung bawang putih
1 sdt garam
10 bh cabe merah keriting
1 sdm asam jawa
* Masukkan semua bahan ke dalam blender, proses sampai halus. Tuang ke dalam panci dan rebus sampai mendidih. Dinginkan kemudian saring

Bahan kulit :
200 gr terigu protein tinggi
1/4 sdt garam halus
130-140 ml air suhu ruang
3 sdm minyak goreng
minyak goreng cukup banyak untuk merendam

Bahan isi :
8 butir bawang merah*
4 siung bawang putih*
1,5 sdt ketumbar*
4 butir kemiri*
1/2 sdt jintan*
1/4 butir biji pala*
300 gr daging ayam rebus,  cincang
2 butir kentang rebus/kukus, kupas, potong dadu
3 sdt bubuk kari
2 batang daun bawang, iris halus
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
100 ml air kaldu

Bahan campuran per bagian :
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 butir bawang bombay
4 sdm tumisan ayam kentang
2 butir telur bebek/ayam
sejumput garam dan merica bubuk (optional)

Cara membuat :
Kulit : Campur terigu, garam dan air sedikit demi sedikit, uleni sampai menggumpal. Masukkan minyak goreng, uleni kembali sampai kalis elastis. Bagi jadi 4 bagian kemudian bulatkan. Letakkan bulatan tadi di dalam mangkuk berisi minyak goreng dan direndam selama 2 jam. Sisihkan.

Isi : haluskan semua bahan bertanda *. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis sampai wangi. Masukkan ayam, kentang dadu, bubuk kari, garam, gula dan merica. Tuangi kaldu dan masak sampai mengering. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan daun bawang dan aduk rata. Matikan api, dinginkan.

Penyelesaian : siapkan wajan datar anti lengket (minimal) diameter 28 cm. Biarkan kering tanpa dioles minyak. Ambil satu buah bulatan kulit. Letakkan di atas wajan. Tipiskan menggunakan telapak tangan supaya melebar. Setelah adonan agak tipis tekan-tekan sambil dilebarkan menggunakan jempol dan jari sehingga adonan jadi tipis dan transparan. Jika lebarnya melebihi wajan tidak mengapa. Sisihkan.

Dalam mangkuk ukuran sedang campur semua bahan campuran, aduk sampai rata. Tuang bahan campuran ini ke atas kulit kemudian lipat bentuk amplop. Nyalakan api kecil-sedang. Setelah panas beri minyak goreng. Goreng martabak sampai bawahnya kuning kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai matang. Angkat dan sajikan hangat bersama kuah cuko, ketimun dan wortel.

Hasil 4 pcs

Note :
* Kulit martabak bisa juga menggunakan adonan kulit risoles/sosis. Buat adonan seperti biasa, kemudian didadar di atas pan diameter 28cm sampai bawahnya matang. Tuang bahan isian, lipat bentuk amplop. Tuangi minyak goreng, dan goreng martabak sampai matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.